ZKSync Perkenalkan Sistem Tata Kelola Terdesentralisasi ZK Nation, Apa Saja Tugasnya?

Updated
June 11, 2024
Gambar ZKSync Perkenalkan Sistem Tata Kelola Terdesentralisasi ZK Nation, Apa Saja Tugasnya?

Jakarta, Pintu News – Jaringan Ethereum Layer 2, ZKSync, yang dikembangkan oleh Matter Labs, telah memperkenalkan sistem tata kelola baru yang dipimpin oleh komunitas yang disebut ZK Nation.

Pengumuman ini datang bersamaan dengan rencana proyek untuk mengadakan acara token generation dan airdrop bulan ini, yang diharapkan dapat lebih mendesentralisasi jaringan.

Struktur Tata Kelola ZK Nation

Menurut posting blog dari ZK Nation, komunitas ini “didorong oleh tujuan bersama untuk mengelola, mempertahankan, dan mengembangkan protokol ZKSync.”

Baca juga: zkSync Era Rilis Upgrade v24 ke Mainnet: Inovasi untuk Pengalaman Pengguna dan Pengembang!

Sistem tata kelola baru ini akan memungkinkan pemegang token ZKSync untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan protokol dengan memperkenalkan proposal, memberikan suara pada pembaruan protokol, dan berunding tentang perubahan parameter jaringan.

Sistem tata kelola ZK Nation akan dioperasikan melalui tiga badan tata kelola on-chain: Token Assembly, Security Council, dan Guardians.

Badan-badan ini akan beroperasi dalam struktur hukum yang berbeda untuk memastikan perlindungan maksimum bagi Token Assembly dan akan berinteraksi dengan kontrak pintar serta saluran koordinasi ZKSync, seperti portal delegasi dan pemungutan suara awal di Tally.

Tugas Badan Tata Kelola Onchain ZK Nation

Pertama terdapat Token Assembly, yang mana badan ini terdiri dari pemegang token yang mendelegasikan kekuatan suara mereka kepada perwakilan. Model demokratis ini memungkinkan pemangku kepentingan untuk mengajukan, berunding, dan meratifikasi inisiatif yang mengatur protokol dan ekosistemnya.

Kedua ada Guardians, badan yang bertugas untuk menjaga nilai-nilai inti dari ZK Credo, para Guardians memiliki otoritas untuk memveto tindakan dan inisiatif darurat, berfungsi sebagai penjaga integritas jaringan.

Baca juga: Polyhedra Network Luncurkan Staking Setelah Penyelesaian Sengketa Merek Dagang ZK

Dan terakhir, Security Council, terdiri dari para ahli teknis top, Security Council bertanggung jawab untuk menjaga keamanan teknis protokol. Mereka memiliki kekuatan untuk mengambil tindakan kritis sebagai respons terhadap ancaman keamanan, memastikan ketahanan ZKSync.

    Impian Desentralisasi dan Inovasi

    upgrade zksync
    Sumber: Blockworks

    Optimisme ZKSync terhadap inovasi terus berlanjut dengan penggunaan zero-knowledge proofs, yang memfasilitasi jaringan blockchain yang terus tumbuh dan dapat diverifikasi, memberikan kedaulatan digital kepada miliaran orang berdasarkan protokol yang berakar pada integritas dan keamanan.

    Dalam kata-kata ZK Nation, masa depan internet bergantung pada tindakan kolektif.

    Bersama-sama, dipandu oleh prinsip-prinsip ZK Credo dan didorong oleh keajaiban bukti tanpa pengetahuan, komunitas ini memulai perjalanan untuk membentuk lanskap digital untuk generasi mendatang.

    Reaksi dan Dampak di Masa Depan

    Pengumuman tata kelola baru ini telah diterima dengan antusias oleh komunitas ZKSync, yang melihatnya sebagai langkah maju penting dalam perjalanan menuju desentralisasi penuh.

    Dengan acara token generation dan airdrop yang diantisipasi, komunitas ini berharap untuk melihat peningkatan partisipasi dan keterlibatan dalam proses tata kelola protokol.

    Secara keseluruhan, langkah ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi ZKSync sebagai pemimpin dalam solusi layer 2 dengan lebih dari 6 juta alamat dompet dan memproses lebih dari 350 juta transaksi sejak peluncuran mainnet pada Maret 2023.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi:

    *Featured Image: LinkedIn

    Bagikan

    Berita Terbaru

    Lihat Semua Berita ->