Akumulasi ‘Whale’ Bitcoin Sentuh Level Pra-Bull Run 2020: Apakah BTC Akan Melewati $70.000?

Updated
June 17, 2024
Gambar Akumulasi ‘Whale’ Bitcoin Sentuh Level Pra-Bull Run 2020: Apakah BTC Akan Melewati $70.000?

Jakarta, Pintu News – Akumulasi Bitcoin oleh paus, entitas yang memiliki setidaknya 1.000 BTC, mencapai tingkat yang belum pernah terlihat sejak sebelum pasar bull tahun 2020.

Menurut laporan penelitian Bitfinex yang dibagikan dengan Cointelegraph, akumulasi ini sekarang berada pada titik tertinggi dalam empat tahun terakhir. Analis Bitfinex menulis, “Menambah lapisan lain pada sentimen bullish ini, ‘paus’ Bitcoin juga mengakumulasi Bitcoin pada tingkat yang mengingatkan pada pra-bull run 2020.”

total kepemilikan whale
Total Kepemilikan Paus Bitcoin dan Persen Perubahan Bulanan Sumber: CryptoQuant

Faktor-faktor seperti perkiraan penurunan suku bunga dan peningkatan pembelian institusional dapat menyebabkan momentum naik lebih lanjut untuk Bitcoin.

Menurut para analis Bitfinex, “Melihat ke depan, beberapa faktor dapat berpotensi menyalakan kembali lintasan naik Bitcoin. Ini termasuk peningkatan aktivitas pembelian ETF harian rata-rata, pengurangan tekanan jual dari pemegang jangka panjang, dan peningkatan likuiditas yang dapat dipicu oleh penurunan suku bunga yang diantisipasi.”

Penurunan Aliran Keluar ETF Bitcoin

Pada tanggal 10 Juni, dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) di Amerika Serikat mencatat hari pertama aliran keluar bersih dalam lebih dari 19 hari perdagangan berturut-turut.

Sepuluh ETF AS melihat aliran keluar sebesar $64.900.000, menurut Farside Investors. Pada tanggal 11 Juni, ETF Bitcoin AS melihat aliran keluar bersih negatif lebih dari $200.000.000.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada akumulasi oleh paus, pasar Bitcoin masih mengalami tekanan dari penjualan ETF. Penurunan ini bisa menjadi sinyal bahwa investor jangka pendek mungkin mencari untuk mengambil keuntungan atau mengurangi risiko di tengah volatilitas pasar yang meningkat.

Baca Juga: 3 Kripto yang Berpotensi Bangkit Minggu Depan!

Harga Realisasi Pemegang Jangka Pendek Bitcoin

Bitcoin telah berhasil mengonfirmasi angka $66.000 sebagai dukungan barunya pada grafik mingguan, menurut analis crypto populer, Rekt Capital.

Analis ini menulis dalam postingan X pada tanggal 12 Juni kepada 476.000 pengikutnya, “Bitcoin telah berhasil menguji ulang Mid-Range hitam sebagai dukungan (~$66.000) pada penarikan terbaru. Volatilitas ke bawah di bawah hitam adalah wilayah bonus.”

Sementara itu, harga realisasi pemegang jangka pendek Bitcoin naik menjadi $63.729 pada tanggal 11 Juni, menurut LookIntoBitcoin. Selama siklus bull, harga realisasi pemegang jangka pendek sering bertindak sebagai garis dukungan dinamis untuk harga Bitcoin.

Baca Juga: Ethereum Menggila! Pemegang Tetap Borong 298 Ribu ETH dalam Sehari

Namun, meskipun harga realisasi meningkat, harga Bitcoin tetap terjebak terutama karena distribusi koin-koin lama.

Thomas Fahrer, salah satu pendiri Apollo, menulis dalam postingan X pada tanggal 12 Juni, “Kita hanya perlu menunggu sampai kita menyelesaikan ‘reset’ pasar yang menetapkan lantai baru. Kemudian $65.000–$70.000 menjadi dasar seperti halnya $10.000 menjadi dasar pada tahun 2020.”

Dalam konteks ini, penting bagi kamu untuk memahami bahwa setiap investasi dan langkah perdagangan melibatkan risiko. Artikel ini tidak mengandung saran atau rekomendasi investasi. Pembaca harus melakukan penelitian mereka sendiri saat membuat keputusan.

Kesimpulan

Akumulasi oleh paus Bitcoin dan faktor-faktor pasar lainnya menunjukkan potensi kenaikan lebih lanjut dalam harga Bitcoin. Namun, tekanan dari aliran keluar ETF dan distribusi koin-koin lama menunjukkan bahwa pasar masih menghadapi tantangan. Apakah Bitcoin akan berhasil melewati angka $70.000 masih harus dilihat, tetapi dengan akumulasi yang terus meningkat, harapannya tetap tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->