Perpustakaan Vatikan Adopsi Teknologi Web3 dengan Inisiatif NFT!

Updated
June 20, 2024
Gambar Perpustakaan Vatikan Adopsi Teknologi Web3 dengan Inisiatif NFT!

Jakarta, Pintu News – Perpustakaan Vatikan mengumumkan rencana untuk memperluas penggunaan Web3 dengan memberikan NFT yang tidak dapat dipindahtangankan kepada para pendukung koleksi manuskripnya. Proyek ini, yang saat ini berada dalam fase “eksperimental”, hanya tersedia untuk pendukung Italia dari Perpustakaan Apostolik Vatikan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemitraan dengan NTT DATA dan Prospek Masa Depan

Perpustakaan Vatikan bekerja sama dengan NTT DATA, perusahaan teknologi terkemuka asal Jepang, untuk memajukan inisiatif Web3-nya. Bersama-sama, mereka berharap dapat memperluas jangkauan digital perpustakaan dengan memanfaatkan kemajuan Web3 untuk berinteraksi dengan para pendukung.

NTT DATA sebelumnya mengumumkan niatnya untuk menginvestasikan $4 miliar ke dalam infrastruktur Web3. Perusahaan ini sekarang memperluas kehadirannya di dunia cryptocurrency dengan mempersiapkan peluncuran dompet crypto melalui salah satu anak perusahaannya pada akhir 2024.

Terletak di dalam perbatasan Kota Vatikan, dalam bangunan yang berasal dari akhir tahun 1500-an, Perpustakaan Apostolik terus berevolusi sambil menjaga koleksi manuskrip bersejarahnya yang luas.

Di masa depan, Perpustakaan Vatikan mengisyaratkan kemungkinan memungkinkan tur virtual atau augmented reality dari tempatnya.

“Saya percaya bahwa warisan kita memerlukan perhatian dan dedikasi khusus yang diarahkan pada pelestarian dan promosi,” kata Pastor Salesian Mauro Mantovani, prefek Perpustakaan Apostolik Vatikan.

Dia juga menekankan peran penting NTT DATA dalam mendukung misi perpustakaan untuk membuat koleksi uniknya dapat diakses oleh publik, terlepas dari asal, budaya, agama, politik, atau ideologi.

Baca Juga: Catizen: Game Crypto Play-to-Airdrop Telegram di Blockchain TON!

Transformasi Digital Perpustakaan Vatikan

Proyek Web3 baru dari Perpustakaan Vatikan adalah bagian dari misi modernisasi dan jangkauan publiknya yang telah berlangsung selama berabad-abad. Pada tahun 2020, perpustakaan meluncurkan situs web modern dengan fitur pencarian yang ditingkatkan dan akses yang disederhanakan ke harta digital.

Situs web ini menawarkan reproduksi resolusi tinggi dari manuskrip, bahan arsip, koin, medali, dan incunabula – karya cetak Eropa sebelum abad ke-16.

Inisiatif NFT ini menunjukkan komitmen Perpustakaan Vatikan untuk terus berkembang dan memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan akses dan keterlibatan publik dengan koleksi bersejarahnya.

Baca Juga: Game Web3 Pixels Rilis Chapter 2, Seperti Apa Fitur dan Gameplay nya?

Manfaat NFT dalam Akses Manuskrip Bersejarah

vatikan nft
Generated by AI

Para pendukung proyek NFT ini dapat berbagi proyek tersebut di akun media sosial mereka hingga 16 Juli untuk menerima “Silver NFT” dan mengakses pilihan 15 manuskrip dalam gambar resolusi tinggi. Mereka yang mendukung proyek ini secara finansial akan diberikan “Gold NFT” dan dapat mengakses gambar resolusi tinggi dari semua 21 manuskrip dalam koleksi khusus.

Upaya ini mewakili kemajuan baru dalam upaya Perpustakaan Vatikan untuk meningkatkan akses publik ke artefak tak ternilai miliknya. Perpustakaan ini, yang menyimpan sekitar 180.000 manuskrip dan 1,5 juta buku cetak, memiliki sejarah panjang dan mulia, yang dapat ditelusuri kembali ke abad ke-14 dan bahkan lebih jauh lagi ke abad ke-4.

Kesimpulan

Dengan adopsi teknologi Web3 dan inisiatif NFT, Perpustakaan Vatikan menunjukkan komitmennya untuk menjaga dan mempromosikan warisan budaya dunia. Melalui kemitraan dengan NTT DATA dan inovasi teknologi, perpustakaan ini terus memperluas akses publik ke koleksi bersejarahnya, menjadikannya lebih mudah diakses dan dinikmati oleh semua orang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->