5 Proyek Crypto Carbon Paling Potensial di 2024, Mana Favoritmu?

Updated
June 21, 2024
Gambar 5 Proyek Crypto Carbon Paling Potensial di 2024, Mana Favoritmu?

Perubahan iklim menjadi isu global yang mendesak, dan berbagai sektor mulai berinovasi untuk mencari solusi. Salah satunya adalah industri crypto, yang mulai mengembangkan proyek-proyek berbasis karbon untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Apa itu Carbon Credits?

Carbon credits adalah sertifikat yang mewakili pengurangan atau penghilangan emisi gas rumah kaca. Perusahaan atau individu dapat membeli carbon credits untuk mengimbangi emisi mereka sendiri.

Perusahaan crypto karbon menggunakan teknologi blockchain untuk memfasilitasi perdagangan carbon credits. Blockchain adalah teknologi yang aman dan transparan, sehingga dapat memastikan bahwa carbon credits yang diperdagangkan adalah asli dan dapat diandalkan.

5 Top Proyek Crypto Karbon Yang Wajib Diperhatikan di 2024

Berikut adalah 5 proyek crypto karbon yang patut diperhatikan di tahun 2024:

1. KlimaDAO

KlimaDAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang bertujuan untuk mempercepat transisi menuju ekonomi rendah karbon. KlimaDAO membeli dan membakar carbon credits untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

grafik harga klimadao terbaru
(sumber:coinmarketcap)

Per penulisan artikel ini, KlimaDAO (KLIMA) memiliki harga $2,49 per token, menurun sebesar 9,29% dalam satu bulan terakhir. Kapitalisasi pasarnya adalah $19.876.628 dengan volume perdagangan dalam 24 jam terakhir mencapai $1.400.429. Pasokan beredar KLIMA adalah 7.997.365 token dari total pasokan 8.841.095 token.

Baca juga: Mengapa Token Fetch.AI dan SingularityNET Melonjak 30%? Inilah Alasan di Baliknya!

2. Toucan Protocol

Toucan Protocol adalah infrastruktur yang memungkinkan proyek-proyek crypto karbon seperti KlimaDAO untuk beroperasi. Toucan Protocol menyediakan standar tokenisasi untuk carbon credits, sehingga carbon credits dapat diperdagangkan dengan mudah dan aman.

(sumber:coinmarketcap)
(sumber:coinmarketcap)

Toucan Protocol: Base Carbon Tonne (BCT) memiliki harga per token $0,5656, mengalami penurunan 2,08% dalam satu hari terakhir (per penulisan artikel ini). Kapitalisasi pasar Toucan Protocol adalah $10.036.349 dengan volume perdagangan yang cukup rendah, sebesar $6.151 dalam 24 jam terakhir. Total pasokan dan pasokan beredar BCT sama, yaitu 17.744.545 token.

3. Moss

Moss adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual carbon credits dalam bentuk token. Moss juga bekerja sama dengan proyek-proyek konservasi hutan untuk menghasilkan carbon credits baru.

harga moss carbon credit hari ini
(sumber:coinmarketcap)

Moss Carbon Credit (MCO2), yang memungkinkan pembelian dan penjualan kredit karbon, diperdagangkan pada $0,626 per token, turun 3,96% dalam satu hari terakhir. Kapitalisasi pasarnya tercatat sebesar $1.784.620 dan volume perdagangan yang cukup aktif sebesar $14.776 dalam 24 jam terakhir. Moss memiliki pasokan beredar sebesar 2.851.014 MCO2 dan tidak memiliki batasan pasokan total.

Baca juga: Pi Network dan Sidra Chain: Alat Transaksi Digital Sehari-hari

4. Nori

Nori adalah pasar karbon yang menghubungkan pembeli carbon credits dengan petani yang menghasilkan carbon credits melalui praktik pertanian berkelanjutan. Nori menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam perdagangan carbon credits.

5. DevvStream

DevvStream adalah perusahaan yang menyediakan modal untuk proyek-proyek carbon credit. DevvStream menerima saham di proyek-proyek carbon credit sebagai imbalan atas modal yang diberikan.

Proyek-proyek crypto karbon masih dalam tahap awal pengembangan, tetapi mereka memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam memerangi perubahan iklim. Di masa depan, kita dapat mengharapkan lebih banyak proyek crypto karbon yang inovatif dan efektif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Topik
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->