5 Proyek Bitcoin Layer 2 Berpotensi Meroket 10x di 2024!

Updated
June 21, 2024
Gambar 5 Proyek Bitcoin Layer 2 Berpotensi Meroket 10x di 2024!

Seiring dengan meningkatnya popularitas Bitcoin, muncul pula tantangan dalam hal skalabilitas dan biaya transaksi. Untuk mengatasi hal ini, lahirlah proyek-proyek Bitcoin Layer 2 yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan transaksi Bitcoin.

Di tahun 2024, beberapa proyek Bitcoin Layer 2 diprediksi akan mengalami peningkatan signifikan, bahkan hingga 10x lipat! Berikut adalah 5 proyek yang patut kamu perhatikan:

Lightning Network: Transaksi Cepat dan Murah

cara kerja lightning network
(bitpay.com)

Diluncurkan pada tahun 2018, Lightning Network adalah solusi Layer 2 yang paling populer di kalangan trader Bitcoin. Jaringan ini memungkinkan transaksi cepat dan murah dengan memindahkan transaksi di luar blockchain utama Bitcoin. Hal ini mempercepat proses dan mengurangi biaya transaksi.

Baca juga: Base Dawgz: Meme Coin Multichain Viral dengan Potensi 10x

MAP Protocol: Keamanan dan Skalabilitas dengan Teknologi ZK

MAP Protocol adalah infrastruktur Layer 2 berbasis teknologi ZK yang dibangun di atas Bitcoin. Protokol ini meningkatkan keamanan dan skalabilitas jaringan Bitcoin, serta memungkinkan interoperabilitas dengan blockchain lain.

Rootstock Infrastructure Framework (RIF): Smart Contract di Bitcoin

Pada Desember 2023, para pengembang Uniswap mengajukan proposal untuk menerapkan pertukaran terdesentralisasi pada jaringan Rootstock dengan likuiditas awal sebesar $400.000, mengungkapkan beberapa kelebihan seperti lingkungan keamanan yang solid, kompatibilitas dengan blockchain Bitcoin, dan EVM.

RIF adalah platform smart contract global yang dibangun di atas jaringan Bitcoin. Platform ini memungkinkan aplikasi Ethereum untuk bermigrasi ke Bitcoin, sehingga meningkatkan kecepatan dan efisiensi transaksi.

Dovi: Platform Kontrak Cerdas yang Inovatif

kelebihan dovi crypto
(dovil2.com)

Dovi adalah platform kontrak cerdas yang terintegrasi dengan EVM dan berbasis komunitas. Platform ini menawarkan skalabilitas, efisiensi, dan keamanan yang tinggi. Dovi juga mendukung berbagai jenis aset, termasuk token ARC20 dan BRC20.

Baca juga: OKX Umumkan Listing LayerZero (ZRO) untuk Spot Trading!

Stacks Network: Keamanan dan Privasi di Bitcoin

Stacks adalah Layer 2 yang dibangun di atas Bitcoin, mirip dengan Lightning Network. Platform ini menggunakan konsensus algoritmanya sendiri yang bernama Proof of Transfer (PoX), yang mana merupakan gabungan dari PoS dan Proof of Burn, serta bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna, serta mengurangi risiko kebocoran data.

Proyek-proyek Bitcoin Layer 2 memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan skalabilitas Bitcoin. Di tahun 2024, beberapa proyek diprediksi akan mengalami peningkatan signifikan, sehingga menjadi peluang investasi yang menarik.

Ikuti kami di聽Google News聽untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar聽crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->