Mau Beli Emas Bertokenisasi? Swarm Markets Menggebrak Dunia dengan NFT Emas!

Updated
June 26, 2024
Gambar Mau Beli Emas Bertokenisasi? Swarm Markets Menggebrak Dunia dengan NFT Emas!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Hanya beberapa hari menjelang penerapan peraturan stablecoin MiCA Uni Eropa, Swarm Markets, sebuah platform Real-World Assets (RWA), membuat langkah strategis.

Sesuai laporan, Swarm Markets berencana untuk mengizinkan pengguna membeli NFT yang mewakili kepemilikan emas batangan asli yang disimpan dengan aman di brankas Brink yang berlokasi di London.

Pengguna yang telah lulus prosedur verifikasi know-your-customer (KYC) dan anti pencucian uang (AML) akan dapat menukar NFT di platform over-the-counter (dOTC) terdesentralisasi milik Swarm dengan metode peer-to-peer.

Swarm Markets Bertaruh pada NFT yang Didukung Emas

swarm markets
Sumber: Zone Bitcoin

Tidak seperti mata uang kripto yang dapat dipertukarkan, setiap NFT bersifat unik dan tidak dapat langsung digantikan oleh mata uang kripto lainnya. Ini berarti bahwa penawaran yang diusulkan secara teknis dapat dikecualikan dari aturan stablecoin MiCA yang akan datang, sesuai dengan pernyataan resmi MiCA.

Baca juga: Taurus Ekspansi ke Jaringan Stellar, Tawarkan Peluang Tokenisasi yang Lebih Baik!

Namun, yang menarik, tidak begitu jelas apakah rencana Swarm untuk menawarkan NFT emas adalah untuk mem-bypass aturan stablecoin MiCA. Namun, salah satu pendiri Swarm, Timo Lehes, telah mencoba membagikan alasan di balik keputusan perusahaan.

Lehes mencatat bahwa NFT memiliki potensi yang lebih dari sekadar karya seni digital seperti yang dilihat kebanyakan orang. Sebaliknya, mereka memiliki kapasitas untuk menggabungkan sistem keuangan tradisional (TradFi) dan Keuangan Terdesentralisasi

DEFI

->
dengan cara yang tak terhitung jumlahnya, tambahnya.

Dia mengatakan kepada The Block:

‚ÄúKami pikir inovasi NFT telah terabaikan berkat siklus hype yang disaksikan dalam kenaikan kripto terakhir.‚ÄĚ

Lehes percaya bahwa NFT, meskipun sebagian besar diremehkan, dapat menawarkan transparansi dan likuiditas DeFi dan juga membawa nilai yang mapan dan dapat diperdagangkan dari aset tradisional seperti emas.

Rencana Ekspansi

Selain penawaran emas, tampaknya Swarm mungkin memiliki rencana lebih lanjut. Menurut Lehes, platform ini secara aktif mempertimbangkan untuk memperluas ke komoditas lain seperti logam dasar.

Baca juga: Tingkatkan Portofolio Kamu dengan Dana NFT: Investasi Masa Depan Digital!

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa mencari pasar yang tidak diatur seperti kredit karbon juga merupakan kemungkinan besar.

Pada saat publikasi, Swarm menawarkan lebih dari $ 4,6 juta yang terkunci dalam protokol DeFi dan menawarkan versi token dari saham perusahaan publik dan obligasi Treasury AS di samping produk emas yang inovatif ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->