XRP Terancam Turun Lagi: Memahami Faktor Pendorong Utama

Updated
June 27, 2024
Gambar XRP Terancam Turun Lagi: Memahami Faktor Pendorong Utama

Jakarta, Pintu News – Harga XRP memulai gelombang pemulihan dari level support $0,4620. Namun, harga saat ini kesulitan menembus level $0,4780 dan mungkin akan kembali turun.

Harga XRP Menghadapi Resistensi

Harga XRP mengalami penurunan di bawah level $0,480 seperti Bitcoin dan Ethereum. Harga bahkan sempat melonjak di bawah $0,4650 dan menguji zona $0,4620. Titik terendah terbentuk di $0,4619, dan harga baru-baru ini memulai gelombang pemulihan. Terjadi pergerakan naik di atas level resistance $0,4700 dan $0,4720.

Harga bahkan melampaui level retracement Fib 50% dari penurunan dari swing high $0,4885 ke titik terendah $0,4620. Namun, tampaknya penjual masih aktif di dekat zona $0,4780. Mereka melindungi level retracement Fib 61,8% dari penurunan dari swing high $0,4885 ke titik terendah $0,4620. Ada juga garis tren bearish utama yang terbentuk dengan resistance di $0,4770 pada grafik per jam pasangan XRP/USD.

Saat ini, harga diperdagangkan di bawah $0,4800 dan Simple Moving Average 100 jam. Di sisi atas, harga menghadapi resistance di dekat level $0,4770. Resistance utama pertama berada di dekat level $0,4800. Penembusan yang jelas di atas resistance $0,4800 dapat mendorong harga menuju resistance $0,4885.

Resistance utama berikutnya berada di dekat level $0,5050. Penutupan di atas zona resistance $0,5050 dapat mendorong harga lebih tinggi. Resistance utama berikutnya berada di dekat $0,5250. Kenaikan lebih lanjut dapat mendorong harga menuju resistance $0,5500.

Baca Juga: Mark Cuban, Pengusaha & Miliarder Terkemuka, Jual NFT, Sinyal Bahaya untuk Pasar NFT?

Penurunan Lagi?

Jika XRP gagal menembus zona resistance $0,4800, harga dapat memulai penurunan lagi. Support awal di sisi bawah berada di dekat level $0,4685. Support utama berikutnya berada di $0,4620. Jika terjadi penembusan ke bawah dan penutupan di bawah level $0,4620, harga dapat memperoleh momentum bearish. Dalam kasus tersebut, harga bahkan dapat diperdagangkan di bawah support $0,450 dalam waktu dekat.

John Deaton, pendukung XRP, sekali lagi menyuarakan kritiknya terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan ketuanya Gary Gensler, menuduh mereka merugikan sejumlah besar investor crypto kecil, termasuk mereka yang mempertaruhkan uang mereka pada XRP.

Kritik Deaton terhadap SEC dan Gensler

John Deaton menulis bahwa dia memiliki “keyakinan 100%” bahwa Gary Gensler dan SEC telah membawa lebih banyak kerugian kepada investor kecil “daripada orang atau entitas lain selama beberapa tahun terakhir.” Selain itu, ia menyatakan bahwa Gensler tidak terburu-buru untuk mengungkapkan bahwa ia memiliki dua pertemuan pribadi dengan “Bernie Madoff crypto” – pendiri dan mantan CEO bursa crypto FTX yang runtuh, Sam Bankman-Fried.

Deaton mengikuti dengan cermat kasus hukum yang dimulai oleh SEC terhadap Ripple pada bulan Desember 2020 dan secara teratur membagikan berita tentang perkembangannya. Pada bulan Juli 2023, hakim federal Analisa Torres mengumumkan keputusan bahwa penjualan XRP yang dilakukan oleh Ripple Labs di pasar sekunder tidak memenuhi syarat sebagai penjualan sekuritas.

SEC Melabel Altcoin sebagai Sekuritas yang Tidak Terdaftar

Namun, pertempuran hukum terus berlanjut. Bos Ripple Brad Garlinghouse baru-baru ini, mungkin sedikit bercanda, berbagi bahwa ia mengharapkan hakim untuk membuat keputusan akhir pada bulan September dan melihat kasus hukum yang sudah berlangsung lama ini berakhir dengan kemenangan bagi Ripple.

Secara keseluruhan, SEC telah mengumumkan perburuan terhadap platform crypto yang berbasis di AS dan altcoin yang diperdagangkan atau dipinjamkan di platform tersebut. SEC telah menyatakan altcoin, kecuali XRP sampai batas tertentu sekarang, sebagai sekuritas yang tidak terdaftar, di mana banyak pengguna crypto berinvestasi. Gensler mengklaim bahwa ada banyak ketidakpatuhan di ruang crypto, oleh karena itu aktivitas SEC baru-baru ini terhadap altcoin dan bursa crypto.

Penutup

Harga XRP menghadapi resistensi di dekat level $0,4780 dan mungkin akan kembali turun jika gagal menembus level tersebut. Di sisi lain, John Deaton, pendukung XRP, terus mengkritik SEC dan Gensler atas tindakan mereka terhadap investor crypto kecil.

Baca Juga: Harga BNB Berjuang Saat Momentum Bullish Menurun: Bisakah Mengatasi Rintangan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->