IRS Mengungkapkan Peraturan Akhir untuk Aturan Broker Crypto, Gimana Isinya?

Updated
June 30, 2024
Gambar IRS Mengungkapkan Peraturan Akhir untuk Aturan Broker Crypto, Gimana Isinya?

Jakarta, Pintu News – United States Internal Revenue Service (IRS) atau Dinas Pendapatan Internal Amerika Serikat baru-baru ini telah merilis pedoman pajak baru untuk pialang aset kripto, yang akan mulai berlaku pada tahun 2025.

Aturan ini menimbulkan kekhawatiran di industri kripto, terutama terkait potensi pelanggaran privasi dan beban kepatuhan.

Aturan Baru untuk Pialang Aset Kripto

Aturan baru IRS mewajibkan pialang aset kripto, seperti platform perdagangan, layanan dompet terkelola, dan kios aset digital, untuk mengungkapkan detail pergerakan aset dan keuntungan pelanggan.

Halaman pertama dari peraturan pialang final Internal Revenue Service – Sumber: IRS

Baca juga: Stablecoin MUSD Berbasis Manta Gunakan Dana BUIDL dari BlackRock untuk Mendukung Nilainya!

Lebih lanjut, aturan yang akan mulai berlaku pada 1 Januari 2025 ini bertujuan untuk mengintegrasikan pialang kripto dengan perusahaan investasi konvensional untuk mengajukan formulir 1099 dan data dasar biaya mulai tahun 2026.

Persyaratan IRS untuk Stablecoin dan NFT

pasar nft meningkat

IRS telah menjelaskan bahwa sebagian besar transaksi stablecoin biasa tidak perlu dilaporkan, dengan pengecualian tertentu untuk transaksi besar dan yang menghasilkan lebih dari $10.000 pendapatan tahunan.

Transaksi stablecoin akan dicatat secara berkelompok daripada transaksi tertentu untuk meringankan pengguna kripto biasa sekaligus membantu IRS melacak aktivitas “whale”.

Untuk non-fungible token (NFT), hanya wajib pajak yang telah memperoleh $600 atau lebih per tahun dari penjualan NFT yang harus mengajukan dan melaporkan total pendapatan mereka.

IRS akan meminta informasi identifikasi wajib pajak, jumlah NFT yang dijual, dan jumlah keuntungan yang diperoleh dalam laporan ini.

Penundaan Keputusan tentang DeFi dan Dompet Tidak Terkelola

Sementara aturan baru memberikan arahan yang jelas untuk bursa terpusat besar seperti Coinbase dan Kraken, aturan ini menunda keputusan mengenai aktivitas DeFi dan penyedia dompet tidak terkelola ke lain waktu.

Baca juga: Sempat Larang Crypto, Kini Bolivia Bergabung dengan Liga Pro-Crypto Amerika Latin!

IRS menambahkan bahwa peserta industri non-kustodian tidak akan dilarang untuk diperlakukan sebagai pialang, tetapi diperlukan analisis lebih lanjut. Aturan akhir untuk entitas ini diharapkan akan dirilis pada akhir tahun.

IRS menyoroti kesulitan dalam mengendalikan perusahaan non-kustodian, mencatat bahwa perusahaan tersebut mungkin tidak memiliki data pelanggan dan kerangka kerja transparansi yang diperlukan.

Keputusan ini memberikan sedikit penangguhan hukuman bagi sektor DeFi dan penyedia dompet tidak terkelola karena lebih banyak waktu yang dibeli dalam perumusan aturan yang lebih baik.

Kekhawatiran Industri dan Beban Kepatuhan

Pengenalan peraturan pajak ini telah menimbulkan kontroversi, dengan penolakan yang signifikan dari industri kripto. Kekhawatiran telah muncul tentang potensi pelanggaran pemerintah AS dan persyaratan yang memberatkan pada entitas yang tidak secara tradisional berfungsi sebagai pialang, seperti penambang dan pengembang perangkat lunak.

Blockchain Association and The Chamber of Digital Commerce telah menandai informasi yang diminta terlalu luas dan beban kepatuhan yang substansial. Mereka berpendapat bahwa aturan yang diusulkan dapat memerlukan pengajuan miliaran formulir, yang menimbulkan biaya dan kendala waktu yang signifikan bagi pialang.

IRS memperkirakan bahwa aturan baru akan memengaruhi sekitar 15 juta orang dan 5.000 perusahaan. Sebagai tanggapan, IRS menyatakan bahwa mereka bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan pelaporan yang komprehensif dengan kapasitas industri untuk mematuhi.

Badan tersebut juga mencatat bahwa setiap perubahan undang-undang di masa mendatang mengenai stablecoin dapat menyebabkan penyesuaian dalam aturan pajak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Money Internation

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->