Bitcoin Miner Beralih ke Koin Lain di Tengah Meningkatnya Biaya Operasional

Updated
July 1, 2024
Gambar Bitcoin Miner Beralih ke Koin Lain di Tengah Meningkatnya Biaya Operasional

Jakarta, Pintu News – Penambang Bitcoin dilaporkan melakukan lindung nilai terhadap penurunan harga baru-baru ini dengan menambang mata uang crypto lainnya, menurut CEO CryptoQuant.

Ki Young Ju mengatakan bahwa hashprice Bitcoin sekarang berada pada titik terendah sepanjang masa, yang berpotensi menyebabkan perlambatan investasi untuk perusahaan penambangan dan mendorong mereka untuk mencari koin proof of work (PoW) lain yang lebih murah untuk ditambang untuk saat ini.

Hashprice mengacu pada nilai yang diharapkan dari 1 TH/s daya hash per hari dan bertujuan untuk mengukur berapa banyak yang dapat diharapkan oleh penambang untuk diperoleh dari sejumlah hashrate tertentu.

Hashprice Bitcoin Mencapai Titik Terendah Sepanjang Masa

Kata Ju,

“Hashprice Bitcoin mencapai titik terendah sepanjang masa. Banyak perusahaan penambangan memperlambat investasi rig penambangan, dengan beberapa beralih ke koin PoW lain untuk melakukan lindung nilai terhadap ketidakpastian pasar…

Ini tidak berarti akhir dari siklus. Dan mereka tidak bearish jangka panjang; mereka hanya melakukan lindung nilai dan menunggu likuiditas sisi beli pulih, menurut saya.”

Namun, Ju setuju bahwa tren tersebut menandakan kapitulasi pada penambang, yang umumnya merupakan karakteristik dari pra-bull run Bitcoin.

Baca Juga: 5 Crypto RWA untuk Diperdagangkan di Juli 2024

Penambangan Bitcoin Beralih ke Koin Lain: Apa Artinya?

Penambang Bitcoin menghadapi masa-masa sulit. Harga Bitcoin telah turun dalam beberapa bulan terakhir, dan biaya penambangan telah meningkat. Akibatnya, beberapa penambang telah beralih ke penambangan koin lain.

Ini adalah perkembangan yang signifikan, karena dapat berdampak pada harga Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan. Jika lebih banyak penambang beralih ke koin lain, itu dapat mengurangi permintaan Bitcoin, yang dapat menyebabkan penurunan harga.

Namun, masih terlalu dini untuk mengatakan apa dampak jangka panjang dari tren ini. Mungkin saja penambang akan kembali ke Bitcoin setelah harganya pulih. Atau, mungkin saja koin lain akan mengambil alih Bitcoin sebagai cryptocurrency yang paling populer.

Mengapa Penambang Beralih ke Koin Lain?

curi listrik untuk mining crypto
Sumber: CoinMarketCap

Ada beberapa alasan mengapa penambang beralih ke koin lain. Salah satu alasannya adalah karena biaya penambangan Bitcoin telah meningkat. Biaya listrik dan perangkat keras telah meningkat, sehingga penambangan Bitcoin menjadi kurang menguntungkan.

Alasan lain adalah karena harga Bitcoin telah turun. Ini berarti bahwa penambang tidak menghasilkan uang sebanyak yang mereka lakukan sebelumnya. Akibatnya, beberapa penambang telah memutuskan untuk beralih ke koin lain yang lebih menguntungkan untuk ditambang.

Apa Artinya Ini untuk Masa Depan Bitcoin?

Terlalu dini untuk mengatakan apa dampak jangka panjang dari tren ini terhadap Bitcoin. Mungkin saja penambang akan kembali ke Bitcoin setelah harganya pulih. Atau, mungkin saja koin lain akan mengambil alih Bitcoin sebagai cryptocurrency yang paling populer.

Namun, satu hal yang pasti: pasar cryptocurrency terus berubah. Penambang dan investor harus terus mengikuti tren terbaru untuk membuat keputusan terbaik tentang investasi mereka.

Baca Juga: 10 Token Unlocks Bulan Juli 2024 Beserta Jadwalnya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->