Crypto Crash Hari Ini (4/7): Harga Bitcoin Turun di Bawah $58K untuk Pertama Kalinya dalam 2 Bulan!

Updated
July 4, 2024
Gambar Crypto Crash Hari Ini (4/7): Harga Bitcoin Turun di Bawah $58K untuk Pertama Kalinya dalam 2 Bulan!

Jakarta, Pintu News – Mengutip laporan Cointelegraph, harga Bitcoin turun sementara hingga $57.874 di Coinbase pada 4 Juli 2024, menandai pertama kalinya aset ini jatuh di bawah angka $58.000 dalam lebih dari dua bulan.

Sebenarnya, apa yang terjadi kepada Bitcoin?

Harga BTC Turun 3,90% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: CoinMarketCap

Meskipun sempat jatuh ke $57 ribu, pada saat penulisan, Bitcoin telah stabil dan diperdagangkan pada $58,534.96, masih turun 3,90% dalam waktu 24 jam terakhir, menurut data dari CoinMarketCap.

Selain itu, kapitalisasi pasar Bitcoin berada di sekitar $1,1 triliun, dengan volume perdagangan harian yang melonjak 54,41% menjadi $34,8 miliar dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Akumulasi Whale Bitcoin dengan 10+ Koin Mencapai Rekor Tertinggi Sepanjang Masa!

Likuidasi Posisi Long yang Signifikan

Mengutip laporan Cointelegraph (4/7/24), penurunan harga Bitcoin ini terjadi setelah jutaan dolar dari posisi long leverage dilikuidasi, merugikan para trader yang mengharapkan kenaikan harga Bitcoin.

posisi long bitcoin
Sumber: CoinGlass

Lebih dari $54,9 juta dalam posisi long Bitcoin telah dilikuidasi dalam 24 jam terakhir, menurut data dari CoinGlass.

Serupa dengan itu, para pedagang yang mencari eksposur long pada Ethereum menjelang peluncuran beberapa ETF Ethereum spot, yang diharapkan segera hadir pada pertengahan Juli, juga melihat posisi mereka dilikuidasi.

Secara total, $57,9 juta dalam posisi long ETH dilikuidasi dalam 24 jam terakhir.

Dampak dari Pembayaran Mt. Gox

mt gox pindahkan bitcoin
Sumber: CoinStats

Selain itu, banyak yang menyalahkan penurunan harga Bitcoin yang lebih luas ini pada pertukaran kripto Jepang yang sudah tidak berfungsi, Mt. Gox, yang dijadwalkan untuk memulai pembayaran sekitar $8,5 miliar BTC kepada kreditornya mulai awal Juli.

Baca juga: Analis Crypto Prediksikan 3 Altcoin Teratas yang Berpotensi Meroket di Juli 2024!

Namun, beberapa analis percaya bahwa pembayaran tersebut mungkin tidak berdampak buruk pada Bitcoin seperti yang diyakini orang lain.

Dampak pada Altcoin Lain

Sumber: Pintu Market

Selanjutnya, altcoin utama lainnya juga mengalami penurunan tajam selama penurunan cepat Bitcoin di bawah $58.000. Dilansir dari Pintu Market (4/7/24), harga Ethereum turun 5,19% pada saat penulisan, jatuh sementara hingga Rp52.334.198.

Selain itu, BNB turun 6,27% pada saat penulisan, jatuh menjadi Rp8.742.049. Tidak hanya itu, Solana juga berkurang banyak dari keuntungan terbarunya, turun 8,39% dalam 24 jam terakhir, jatuh dari puncak mingguan Rp2.545.513 menjadi Rp2.209.628 pada saat penulisan.

Di sisi lain, penyebutan “buy the dip” meningkat tajam di media sosial dalam dua hari terakhir, dengan penggunaan frasa tersebut dua kali lipat di Reddit, X, dan 4Chan dalam waktu yang sama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->