Pembaruan Besar Ethereum: Percepatan Validasi Blok dengan EIP-7732

Updated
July 5, 2024
Gambar Pembaruan Besar Ethereum: Percepatan Validasi Blok dengan EIP-7732

Jakarta, Pintu News ‚Äď Ethereum, salah satu jaringan blockchain terkemuka, sedang bersiap untuk meluncurkan pembaruan besar melalui Ethereum Improvement Proposal (EIP) 7732.

Pembaruan ini bertujuan untuk mempercepat proses validasi blok, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat keamanan jaringan.

Berikut adalah penjelasan rinci tentang perubahan ini dan dampaknya bagi komunitas Ethereum.

Perubahan Teknis yang Signifikan

EIP-7732 memperkenalkan mekanisme baru yang disebut Enshrined Proposer-Builder Separation (EPBS), yang memisahkan proses pembuatan blok menjadi dua bagian: konsensus dan eksekusi.

Baca juga: Bitwise Siap Luncurkan ETF Ethereum, Peluang Investasi Baru di Pasar Kripto!

Dalam skema ini, konsensus proposer memilih eksekusi proposer, yang bertugas menghasilkan blok valid yang mengandung informasi penting seperti pembayaran atau hash blok. Payload Timeliness Committee (PTC) akan memastikan bahwa eksekusi proposer menyerahkan blok yang dijanjikan tepat waktu.

Pemrosesan blok saat ini sering melibatkan peran perantara yang memastikan kelancaran operasi antara proposer dan builder.

EIP-7732 menghilangkan perantara ini, mengusulkan pemisahan proses validasi blok yang memungkinkan validator untuk memeriksa struktur keseluruhan blok sebelum mendalami isinya. Hal ini diharapkan dapat menyederhanakan operasi jaringan dan meningkatkan efisiensi.

Dorongan Vitalik Buterin untuk Transaksi yang Lebih Cepat

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, secara aktif mendorong percepatan konfirmasi transaksi di jaringan Ethereum.

Dalam sebuah posting blog terbaru, Buterin mengusulkan metode baru bernama finalitas satu slot, yang bertujuan untuk mempercepat waktu konfirmasi transaksi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Selama beberapa tahun terakhir, Ethereum telah berupaya mengurangi waktu konfirmasi transaksi. Setelah peluncuran EIP-1559, waktu konfirmasi transaksi di Ethereum telah turun menjadi antara 5 hingga 20 detik. Namun, beberapa aplikasi memerlukan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada mekanisme konsensus Gasper saat ini yang membutuhkan sekitar 12,8 menit untuk finalisasi transaksi.

Dengan EIP-7732, kecepatan transaksi yang lebih cepat mungkin segera terealisasi, meskipun memerlukan perubahan besar pada jaringan.

Buterin juga menyoroti pentingnya solusi layer 2, atau rollups, yang memproses transaksi lebih cepat menggunakan kelompok validator yang lebih kecil. Dengan demikian, lapisan utama Ethereum dapat fokus pada fungsinya yang lebih penting seperti stabilitas, ketahanan terhadap sensor, dan keamanan.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Kekecewaannya terhadap Regulasi Kripto di Amerika Serikat, Kenapa?

Dampak pada Pasar dan Komunitas

Perubahan yang diusulkan oleh EIP-7732 berpotensi besar bagi masa depan Ethereum. Proposal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan jaringan tetapi juga memperkuat keadilan dan keamanan Ethereum.

Namun, implementasi EIP-7732 memerlukan upgrade jaringan secara menyeluruh, yang membutuhkan pertimbangan hati-hati dari komunitas Ethereum.

Pengembang Ethereum juga sedang mempertimbangkan integrasi dari Ethereum Object Format (EOF) dan EIP 7702, yang merupakan pengganti potensial untuk EIP 3074. Perubahan ini, bersama dengan persetujuan ETF spot Ethereum oleh Securities and Exchange Commission (SEC) AS, memiliki potensi untuk mempengaruhi kinerja pasar Ethereum.

Secara keseluruhan, dengan EIP-7732, Ethereum berpotensi mencapai lompatan besar dalam validasi blok dan konfirmasi transaksi.

Pembaruan ini, jika disetujui dan diimplementasikan, dapat memperkuat jaringan dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Namun, karena kompleksitas perubahan ini, diperlukan evaluasi menyeluruh oleh komunitas Ethereum sebelum diimplementasikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->