Bikin Geger! Mt. Gox Pindahkan $2,7 Miliar Bitcoin ke Alamat Dompet Baru

Updated
July 5, 2024
Gambar Bikin Geger! Mt. Gox Pindahkan $2,7 Miliar Bitcoin ke Alamat Dompet Baru

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dilansir dari Cointelegraph, pertukaran kripto Jepang yang runtuh, Mt Gox, telah mentransfer 47.229 Bitcoin ‚Äď senilai $2,71 miliar pada harga saat ini ‚Äď ke alamat dompet baru dalam transaksi besar pertamanya sejak bulan Mei.

Mt. Gox Transfer Bitcoin dari Cold Storage

Menurut platform analitik blockchain Arkham Intelligence, bursa Mt.Gox mentransfer Bitcoin pada pukul 12:30 UTC pada tanggal 5 Juli dari ‚Äúcold storage‚ÄĚ.

Sumber: Arkham Intelligence

Baca juga: Pasar Crypto Tumbang! Pemerintah Jerman Jual 1.300 Bitcoin Lagi, Harga BTC Anjlok 7% Hari Ini

Pergerakan ini terjadi di tengah rencana bursa untuk membayar kreditor pada bulan Juli. Sebanyak $8,5 miliar Bitcoin dijadwalkan akan dibayarkan kembali kepada para kreditor.

Pada pukul 4:15 pagi UTC tanggal 5 Juli, Mt. Gox memindahkan 1.545 BTC ke hot wallet bursa bernama Bitbank, salah satu bursa kripto yang mendukung proses pembayaran.

Mt. Gox menginformasikan kepada para kreditur bahwa mereka telah menyelesaikan semua langkah yang diperlukan untuk mulai melakukan pembayaran pada bulan Juli, menurut pernyataan 24 Juni dari wali amanat Mt. Gox, Nobuaki Kobayashi.

Beberapa komentator pasar menyuarakan kekhawatiran mereka akan banyaknya volume Bitcoin yang dapat menghantam pasar setelah para kreditor Mt. Gox menjual kepemilikan mereka, yang sudah tidak dapat diakses selama lebih dari 10 tahun.

Pergerakan Mt. Gox

Namun, analis lain berusaha meredakan kekhawatiran akan adanya aksi jual besar-besaran, dengan mengatakan bahwa jumlah total Bitcoin yang akan ‚Äúdibuang‚ÄĚ ke pasar mungkin lebih mendekati nilai sekitar $4,5 miliar.

Baca juga: Perusahaan Penambangan Bitcoin Riot Platforms Tingkatkan Hash Rate Hingga 50% dalam Sebulan

Kepala penelitian Galaxy Digital, Alex Thorn, menyarankan bahwa banyak pemegang Bitcoin Mt. Gox mungkin lebih ‚Äúbertangan berlian‚ÄĚ daripada yang diantisipasi.

Dia menyoroti potensi dampak buruk dari pajak capital gain bagi mereka yang ingin menjual semua BTC mereka sekaligus.

Sebelumnya, pada tanggal 28 Mei, Mt. Gox mentransfer Bitcoin senilai hampir $7,3 miliar ke alamat dompet lain yang tidak dikenal, dan harga Bitcoin turun sebanyak 2% setelahnya.

Bitcoin turun 6,9% dalam seminggu terakhir. Sumber: TradingView

Harga Bitcoin turun tajam pada tanggal 4 Juli sebelum jatuh lebih rendah pada jam-jam berikutnya. Saat ini Bitcoin berpindah tangan seharga $57,226, menurut data TradingView.

Harga Bitcoin turun 6,9% dalam seminggu, namun telah membukukan kenaikan 35,6% dari tahun ke tahun.

Secara keseluruhan, langkah besar yang dilakukan Mt. Gox ini menunjukkan perkembangan signifikan dalam rencana pembayaran kepada kreditor mereka. Namun, dampak jangka panjang terhadap pasar masih belum dapat dipastikan.

Perhatian dan spekulasi tentang bagaimana kreditor akan menangani Bitcoin mereka, serta potensi dampak pajak keuntungan modal, akan menjadi fokus utama dalam beberapa bulan mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->