Jaga Stabilitas Pasar, Justin Sun Siap Beli Bitcoin Senilai $2,3 Miliar dari Pemerintah Jerman

Updated
July 5, 2024
Gambar Jaga Stabilitas Pasar, Justin Sun Siap Beli Bitcoin Senilai $2,3 Miliar dari Pemerintah Jerman

Jakarta, Pintu News – Pendiri Tron, Justin Sun, baru-baru ini telah menawarkan diri untuk membeli Bitcoin yang dimiliki oleh pemerintah Jerman senilai lebih dari $2,3 miliar.

Kira-kira, apa alasan dibalik niat pendiri Tron ini? Simak lebih lanjut!

Upaya Membeli Bitcoin dari Pemerintah Jerman

Menurut laporan, pengumuman ini dilakukan melalui postingan di media sosial pada 4 Juli 2024, di mana Sun menyatakan keinginannya untuk membeli Bitcoin secara off-market guna mengurangi dampak negatif penjualan terhadap harga pasar.

Baca juga: Pasar Crypto Tumbang! Pemerintah Jerman Jual 1.300 Bitcoin Lagi, Harga BTC Anjlok 7% Hari Ini

Dalam postingan tersebut, Sun menyatakan,

“Saya bersedia untuk bernegosiasi dengan pemerintah Jerman untuk membeli semua BTC secara off-market guna meminimalkan dampak pada pasar.”

Latar Belakang Penjualan Bitcoin oleh Pemerintah Jerman

jerman jual bitcoin
Generated by AI

Pada 19 Juni, dompet yang diidentifikasi sebagai milik pemerintah Jerman membuat transfer sebesar 6.500 BTC, senilai lebih dari $425 juta, yang meningkatkan kecurigaan bahwa pemerintah sedang bersiap untuk menjual aset Bitcoin mereka.

Sebelum transfer ini, dompet tersebut telah menyimpan hampir 50.000 BTC sejak Februari 2024. Bitcoin tersebut diyakini telah disita dari operator situs web film bajakan Movie2k.

Menurut Arkham Intelligence, dompet tersebut diidentifikasi sebagai milik Kantor Kriminal Federal Jerman (BKA). Namun, seorang juru bicara BKA mengkonfirmasi bahwa unit kriminal tidak memegang Bitcoin yang disita.

Dalam email kepada Cointelegraph, Kristina Sawazki, juru bicara BKA, menjelaskan bahwa penjualan atau konversi Bitcoin yang disita menjadi Euro adalah tanggung jawab kejaksaan atau pengadilan terkait.

Penjualan Bitcoin yang Berkelanjutan

Pemerintah Jerman telah secara terus-menerus menjual Bitcoin sejak pertengahan Juni. Pada transfer terakhir pada 4 Juli, dompet tersebut memindahkan Bitcoin senilai $172 juta ke beberapa dompet crypto, sebagian di antaranya dikirim ke tiga bursa cryptocurrency terpusat (CEX) populer: Coinbase, Kraken, dan Bitstamp. Total Bitcoin senilai $75 juta ditransfer ke bursa tersebut, menunjukkan bahwa pemerintah kemungkinan berencana untuk menjual BTC tersebut.

Dua hari sebelumnya, pada 2 Juli, dompet yang diberi label pemerintah Jerman mentransfer Bitcoin senilai $52 juta, dengan 100 BTC dikirim ke Coinbase, 150 BTC ke Bitstamp, dan 32,74 BTC ke Kraken.

Baca juga: Bikin Geger! Mt. Gox Pindahkan $2,7 Miliar Bitcoin ke Alamat Dompet Baru

Tindakan Justin Sun

Justin Sun tampaknya siap untuk membeli Bitcoin dari pemerintah Jerman melalui transaksi over-the-counter (OTC) guna “meminimalkan dampak pada pasar.”

Pendiri blockchain TRON ini menggoda kesiapannya untuk melindungi industri crypto saat lebih banyak Bitcoin yang disita mulai masuk ke bursa crypto terpusat. Sun tidak memberikan rincian atau timeline untuk transaksi potensial ini.

Dengan harga Bitcoin yang baru-baru ini turun di bawah $60.000, langkah ini bertepatan dengan transfer Bitcoin yang disita oleh pemerintah Jerman ke bursa terpusat.

Data dari Arkham menunjukkan bahwa pemerintah Jerman masih memegang lebih dari 40.000 BTC yang bernilai lebih dari $2 miliar dengan harga pasar saat ini. BKA pertama kali menyita hampir 50.000 BTC dari operator situs web film bajakan Movie2k.to pada tahun 2013. BKA menerima Bitcoin tersebut pada pertengahan Januari setelah transfer sukarela dari para tersangka.

Secara keseluruhan, tawaran Justin Sun untuk membeli Bitcoin dari pemerintah Jerman merupakan langkah signifikan dalam upaya menjaga stabilitas pasar crypto.

Dengan potensi penjualan Bitcoin dalam jumlah besar yang bisa mempengaruhi harga, tindakan Sun ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap pasar dan menjaga nilai Bitcoin tetap stabil.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->