Crypto & Blockchain: Duo yang Mengubah Dunia Keuangan, Bagaimana Masa Depannya?

Updated
July 10, 2024
Gambar Crypto & Blockchain: Duo yang Mengubah Dunia Keuangan, Bagaimana Masa Depannya?

Jakarta, Pintu News – Istilah “cryptocurrency” dan “blockchain” semakin populer dalam dunia keuangan dan IT (teknologi informasi) selama beberapa tahun terakhir. Tapi apa sebenarnya keduanya, dan bagaimana mereka terhubung? Artikel ini akan menjelaskan konsep-konsep ini dan bagaimana mereka saling berkaitan.

Memahami Cryptocurrency

Cryptocurrency dapat didefinisikan sebagai mata uang digital atau virtual yang memiliki atribut uang dan menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi. Cryptocurrency berbeda dengan mata uang yang didukung pemerintah (dikenal sebagai mata uang fiat) karena mereka didasarkan pada teknologi yang dikenal sebagai blockchain.

Baca Juga: BTC Dapat Mencerminkan Aksi Harga 2023 Menurut Analis – Ini Prediksi Harganya di 2024!

Peran Blockchain

blockchain crypto
Generated by AI

Cryptocurrency dapat digambarkan sebagai teknologi yang didasarkan pada blockchain. Blockchain adalah sistem pencatatan elektronik yang didistribusikan di seluruh jaringan komputer dan menyimpan catatan semua transaksi yang terjadi dalam jaringan.

Hubungan antara Cryptocurrency dan Blockchain

Penting untuk diketahui bahwa semua cryptocurrency bekerja pada teknologi blockchain. Berikut adalah bagaimana mereka saling berhubungan:

Desentralisasi

Cryptocurrency dan blockchain sama-sama terdesentralisasi. Ini berarti tidak ada satu organisasi atau perusahaan pun yang memiliki seluruh jaringan. Desentralisasi ini adalah salah satu faktor yang menjamin keamanan dan kepercayaan dalam sistem.

Keamanan

Cryptocurrency menggunakan kriptografi untuk melindungi operasi dan pembuatan koin baru. Keamanan ini ditingkatkan oleh blockchain yang menawarkan buku besar publik dari seluruh aliran transaksi.

Transparansi

Transparansi adalah alasan mengapa menggunakan blockchain bermanfaat. Semua peserta dapat melihat dan memeriksa catatan, mengurangi kasus penipuan dan manipulasi, meningkatkan kepercayaan terhadap cryptocurrency.

Efisiensi

Teknologi blockchain dapat melakukan transaksi lebih baik dan lebih cepat daripada sistem perbankan. Efisiensi ini adalah salah satu dari beberapa faktor yang telah membuat cryptocurrency diadopsi secara progresif dalam pengiriman uang dan pembayaran lintas batas.

Masa Depan Cryptocurrency dan Blockchain

revolusi teknologi blockchain
Sumber: Fintech Weekly

Crypto dan blockchain mengubah cara kita memandang uang dan transaksi. Sementara cryptocurrency memperkenalkan jenis uang elektronik baru, teknologi blockchain adalah sistem yang aman dan efektif yang dapat digunakan di bidang lain selain keuangan.

Teknologi ini masih berkembang, dan kehadiran mereka pasti akan meningkat di masa depan. Oleh karena itu, mereka akan memengaruhi perkembangan berbagai industri dan membawa pencapaian baru dalam bidang efisiensi. Oleh karena itu, pengetahuan tentang hubungan mereka penting bagi siapa pun yang ingin menguasai masa depan keuangan dan teknologi.

Baca Juga: Token Crypto Selebriti Akan “Pasti” Menarik Perhatian SEC, Kata Pengacara, Benarkah?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->