Heboh! Hamster Kombat Picu Lonjakan Penjualan Alat Pijat di Rusia, Kok Bisa?

Updated
July 15, 2024
Gambar Heboh! Hamster Kombat Picu Lonjakan Penjualan Alat Pijat di Rusia, Kok Bisa?

Jakarta, Pintu News – Game crypto viral di Telegram, Hamster Kombat, telah memicu lonjakan penjualan alat pijat di Rusia. Para pemain menggunakan alat ini untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam permainan dengan mempercepat kemampuan mengetuk layar.

Permintaan yang meningkat ini mencerminkan bagaimana permainan digital dapat mempengaruhi pasar produk fisik di dunia nyata.

Ledakan Penjualan Alat Pijat

Menurut laporan dari Vedomosti, pengecer online Wildberries mengalami peningkatan penjualan alat pijat sebesar 179% hanya dalam bulan Juni. Selain itu, situs pesaing Ozon mencatat kenaikan penjualan sebesar 33% dari tahun ke tahun selama Juni hingga awal Juli.

Baca juga: Pendiri Hamster Kombat Ungkap Asal-usul Game dan Rencana Airdrop Kedua!

Para pemain Hamster Kombat menggunakan alat pijat ini untuk memaksimalkan penghasilan koin dalam permainan. Dengan menggunakan getaran cepat dari alat pijat, pemain dapat mencapai kecepatan ketukan layar yang lebih cepat daripada secara manual. Taktik ini dapat dianggap sebagai eksploitasi, tetapi tidak sampai dianggap sebagai kecurangan.

Fenomena Sosial dan Ekonomi

pavel durov telegram
Sumber: Bloomberg

Hamster Kombat telah mengalami pertumbuhan eksplosif dalam beberapa minggu terakhir, melampaui basis pengguna crypto intinya.

CEO Telegram, Pavel Durov, baru-baru ini mengumumkan bahwa permainan ini telah menarik 239 juta pemain dalam waktu kurang dari tiga bulan. Pengaruh permainan ini meluas ke dunia nyata, termasuk lonjakan penjualan alat pijat.

Permainan ini juga menarik perhatian di luar Rusia. Bulan lalu, seorang pejabat Iran mengkritik Hamster Kombat, mengklaim bahwa permainan ini merupakan bagian dari “perang lunak” yang diatur oleh Barat untuk mengalihkan perhatian warga dari pemilihan presiden negara tersebut.

Kritik Terhadap Taktik Tekanan Sosial

Hamster Kombat juga mendapat sorotan karena penggunaan taktik tekanan sosial yang berlebihan.

Baca juga: Hamster Kombat Capai 250 Juta Pemain, Token $HMSTR Siap Meluncur di Bulan Juli?

Meskipun kesuksesan viral permainan ini telah membawanya ke puncak popularitas, mekanisme yang mendorong keterlibatan pengguna tampaknya telah mencapai titik jenuh.

Permainan ini sering memperkenalkan kartu peningkatan pertukaran baru yang menjanjikan penghasilan lebih tinggi. Kartu-kartu ini sering kali terkait dengan “daily combo” permainan yang memberi penghargaan besar sebesar 5 juta koin dalam permainan untuk menggunakan kartu tertentu.

Namun, banyak dari kartu ini hanya bisa dibuka jika pemain berhasil mengajak teman lain untuk mulai bermain melalui tautan referensi mereka.

Meskipun permainan ini adalah permainan sederhana “number-go-up”, pemain yang tidak dapat meningkatkan jumlah mereka karena persyaratan merekrut lebih banyak orang mungkin merasa dirugikan kecuali mereka dapat menemukan peserta tambahan.

Penutup

Secara keseluruhan, fenomena Hamster Kombat tidak hanya menunjukkan dampak budaya dari permainan digital tetapi juga promosi teknologi crypto dan blockchain. Popularitas permainan ini telah mendorong pasar dunia nyata untuk aksesori permainan seperti alat pijat, menunjukkan pengaruh ekonomi dari hiburan digital.

Dengan integrasi Hamster Kombat dengan blockchain TON Telegram dan pertumbuhan Toncoin, penggabungan permainan, media sosial, dan mata uang digital akan terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->