Andrej Karpathy Luncurkan Startup Pendidikan Berbasis AI, Eureka Labs

Updated
July 18, 2024
Gambar Andrej Karpathy Luncurkan Startup Pendidikan Berbasis AI, Eureka Labs

Jakarta, Pintu News – Pada tanggal 16 Juli, Andrej Karpathy, mantan eksekutif Tesla dan salah satu pendiri OpenAI, mengumumkan peluncuran startup baru bernama Eureka Labs. Startup ini bertujuan untuk membangun “sekolah jenis baru yang berbasis AI,” menurut postingan media sosialnya.

Eureka Labs akan menggunakan asisten pengajar virtual yang didukung oleh generative AI untuk membawa kursus terbaik kepada lebih banyak siswa tanpa mengorbankan interaksi personal yang khas dalam pembelajaran tatap muka. Simak berita lengkapnya disini!

Visi dan Misi Eureka Labs

Eureka Labs dibentuk dengan tujuan untuk menghilangkan hambatan geografis dan bahasa dalam pendidikan.

Andrej Karpathy menyatakan bahwa pakar materi pelajaran yang sangat bersemangat, mahir mengajar, sabar tanpa batas, dan fasih dalam semua bahasa dunia sangatlah langka dan tidak bisa secara pribadi mengajar 8 miliar orang di dunia ini sesuai permintaan. Namun, dengan kemajuan terkini dalam generative AI, pengalaman belajar ini menjadi lebih terjangkau.

Karpathy menekankan pentingnya AI dalam memperluas jangkauan pendidikan. Asisten pengajar AI yang dikembangkan oleh Eureka Labs akan mendukung, memanfaatkan, dan mengoptimalkan materi kursus yang dirancang oleh pengajar manusia untuk membantu membimbing siswa melalui proses pembelajaran.

Baca Juga: Google Luncurkan Alat Pembuat Video Bertenaga AI “Google Vids”!

Dengan cara ini, Eureka Labs berharap bisa membawa pendidik dan kursus elit ke siswa di seluruh dunia, mengatasi hambatan seperti geografi dan bahasa.

Produk Pertama Eureka Labs: LLM101n

LLM101n
Sumber: Cointelegraph

Produk pertama dari Eureka Labs adalah kursus tingkat sarjana tentang AI yang disebut LLM101n. Kursus ini akan membimbing siswa melalui proses pelatihan AI yang mirip dengan asisten pengajar AI.

Materi kursus akan tersedia secara online dan juga akan mencakup kohort digital dan fisik, memungkinkan siswa untuk maju melalui kursus dalam kelompok kecil.

Baca Juga: Sam Altman dan Arianna Huffington Luncurkan ‘Thrive AI Health’, Apa Manfaatnya?

Menurut Karpathy, jika Eureka Labs berhasil, akan menjadi mudah bagi siapa pun untuk mempelajari apa pun, memperluas pendidikan dalam jangkauan (jumlah orang yang mempelajari sesuatu) dan lingkup (setiap orang yang mempelajari berbagai mata pelajaran, melampaui apa yang mungkin terjadi hari ini tanpa bantuan).

Pengalaman dan Visi Karpathy

Andrej Karpathy memiliki pengalaman luas dalam pengembangan AI. Sebelum mendirikan Eureka Labs, ia memimpin pengembangan teknologi mengemudi otonom Autopilot Tesla dan menjadi salah satu pendiri OpenAI, di mana ia mengkhususkan diri dalam deep learning dan computer vision. Eureka Labs adalah puncak dari dua dekade gairahnya dalam bidang AI dan pendidikan.

Karpathy, yang memperoleh gelar PhD dari Universitas Stanford, telah lama memposting video tutorial tentang cara menyelesaikan kubus Rubik dan mengeksplorasi konsep-konsep terkait AI secara online.

Dengan peluncuran Eureka Labs, ia berharap dapat membawa pendidikan berbasis AI ke tingkat yang lebih tinggi, membuat pembelajaran lebih mudah diakses oleh semua orang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->