Siap-siap! 5 ETF Ethereum Spot Ini akan Diluncurkan pada 23 Juli 2024

Updated
July 22, 2024
Gambar Siap-siap! 5 ETF Ethereum Spot Ini akan Diluncurkan pada 23 Juli 2024

Jakarta, Pintu News – CBOE (Chicago Board Options Exchange) telah mengumumkan bahwa lima spot Ethereum exchange-traded funds (ETF) akan mulai diperdagangkan pada esok hari, yakni 23 Juli 2024, tergantung pada persetujuan regulasi akhir.

Pengumuman ini mengikuti persetujuan perubahan aturan oleh Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat pada 23 Mei, yang memungkinkan pencatatan spot Ether ETFs.

Lima Spot Ethereum ETFs yang Akan Mulai Diperdagangkan

Menurut laporan, lima ETF Ethereum spot yang akan mulai diperdagangkan adalah:

  • 21Shares Core Ethereum ETF
  • Fidelity Ethereum Fund
  • Invesco Galaxy Ethereum ETF
  • VanEck Ethereum ETF
  • Franklin Ethereum ETF

Baca juga: BlackRock Luncurkan ETF Ethereum dengan Biaya 0,25%, Siap Bersaing di Pasar!

Untuk mendapatkan keuntungan pasar awal, sebagian besar penerbit ETF telah mengumumkan rencana untuk sementara waktu membebaskan atau memberikan diskon biaya, dengan tujuan bersaing untuk pangsa pasar setelah produk tersedia untuk diperdagangkan.

Prediksi Dampak Peluncuran ETF

Analis industri memprediksi bahwa ETF Ether dapat menarik miliaran dolar dalam arus masuk bersih dalam beberapa bulan setelah peluncuran. Permintaan yang meningkat dari investor institusional yang ingin memasukkan Ethereum dalam ETF mereka dapat menyebabkan kekurangan pasokan.

Cadangan Ethereum di bursa, yang melacak jumlah Ethereum yang tersedia untuk pembelian, saat ini berada pada level terendah dalam beberapa tahun.

Sumber: Kaiko

Laporan terbaru dari Kaiko menyoroti kedalaman pasar Ethereum yang hanya 1% dan menyarankan bahwa likuiditas yang lebih rendah dapat menyebabkan volatilitas harga yang meningkat, berpotensi membuat Ethereum mengungguli Bitcoin dalam hal persentase kenaikan.

Lebih lanjut, Tom Dunleavy, seorang analis institusional, percaya bahwa arus masuk ke ETF Ethereum bisa mencapai $10 miliar tahun ini, dengan aliran modal hingga $1 miliar per bulan. Dunleavy optimis tentang dampak harga dan mengantisipasi tertinggi sepanjang masa baru untuk Ether pada awal kuartal keempat.

Matt Hougan, Chief Investment Officer dari Bitwise, mencatat bahwa staker Ethereum cenderung tidak menjual aset mereka dibandingkan dengan pemegang Bitcoin.

Dia menunjukkan bahwa 28% dari pasokan Ethereum sudah diisolasi, dan penarikan yang meningkat dari bursa ke penyimpanan dingin menunjukkan bahwa pemegang Ether mengharapkan apresiasi harga di masa depan.

Baca juga: 5 Best Ethereum ETF di Juli 2024, ProShares Tempati Urutan 1!

ETF Ethereum dan Faktor Politik

Analis ETF Bloomberg, James Seyffart, percaya bahwa persetujuan spot Ethereum ETFs kemungkinan dipengaruhi oleh keputusan politik daripada pertimbangan keuangan semata.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Seyffart menyarankan bahwa iklim politik, termasuk tindakan oleh pemerintahan Biden dan tanggapan dari komunitas crypto, memainkan peran signifikan dalam persetujuan ini.

Di luar Bitcoin dan Ethereum, persetujuan ETF crypto lainnya, termasuk Solana, tidak mungkin tanpa perubahan regulasi yang signifikan. Seyffart mencatat bahwa pasar yang diatur diperlukan untuk memantau aset-aset ini terhadap penipuan dan manipulasi.

Sebaliknya, investor dan trader crypto Brian Kelly telah menyarankan bahwa Solana bisa menjadi cryptocurrency berikutnya yang memiliki spot ETF di Amerika Serikat.

Dalam sebuah episode baru-baru ini dari CNBC’s ‘Fast Money’, Kelly, yang juga pendiri dan CEO BKCM Digital Asset Fund, menyarankan bahwa “Bitcoin, Ethereum, dan Solana mungkin adalah tiga besar untuk siklus ini.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: U Today

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->