ETF Ethereum Spot Siap Diperdagangkan pada Selasa 23 Juli 2024!

Updated
July 23, 2024
Gambar ETF Ethereum Spot Siap Diperdagangkan pada Selasa 23 Juli 2024!

Jakarta, Pintu News – Beberapa ETF spot Ethereum telah mendapatkan persetujuan akhir dan siap diperdagangkan pada Selasa setelah melalui beberapa minggu perubahan pernyataan pendaftaran.

U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) memberikan izin untuk formulir pendaftaran dari 21Shares, Bitwise, BlackRock, Fidelity, Franklin Templeton, VanEck, dan Invesco Galaxy pada Senin sore. Formulir pendaftaran untuk Grayscale Ethereum Trust dan Grayscale Ethereum Mini Trust juga disetujui pada hari yang sama.

Simak berita lebih lengkap mengenai perdagangan ETF Ethereum pada berita berikut ini!

Peluncuran 21Shares Core Ethereum ETF

“Peluncuran 21Shares Core Ethereum ETF (CETH) menandai tonggak penting bagi 21Shares dan bagi investor AS. Persetujuan hari ini merupakan bukti lebih lanjut bahwa kripto sebagai kelas aset akan terus bertahan,” kata Ophelia Snyder, co-founder dan presiden 21Shares, dalam pernyataan yang dikirim melalui email.

Perusahaan-perusahaan yang ingin meluncurkan ETF spot Ethereum mereka telah menerima persetujuan SEC untuk formulir 19b-4 pada bulan Mei. Namun, mereka masih memerlukan pernyataan pendaftaran mereka untuk efektif sebelum meluncurkan produk. Persetujuan ini tidak terduga karena kurangnya komunikasi antara SEC dan penerbit.

Namun, pada minggu-minggu menjelang tenggat waktu, agensi tersebut tampaknya berubah pikiran dan mulai memberi tahu bursa bahwa mereka akan menyetujui ETF Ethereum minggu itu.

Baca Juga: 5 Crypto Terbaik untuk Dibeli Sebelum ETF Ethereum Meluncur!

Cynthia Lo Bessette, kepala Manajemen Aset Digital di Fidelity, mengatakan bahwa ETF spot Ethereum perusahaan akan memungkinkan investor mendapatkan eksposur ke ether melalui “desain indeks dan produk yang matang didukung oleh tim operasi dan perdagangan yang berdedikasi serta keamanan terkemuka di industri.”

“Ini adalah contoh dari sejarah kaya Fidelity dan komitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang terus berkembang,” tambah Lo Bessette.

Dampak Pasar dan Perbandingan dengan Bitcoin

ETF bitcoin spot disetujui awal tahun ini dan sejak itu telah menarik miliaran dolar. ETF Ethereum mungkin menarik permintaan yang lebih rendah dibandingkan ETF Bitcoin dan mungkin hanya mendapatkan 10 hingga 15% dari aset yang diterima produk Bitcoin, kata analis senior ETF Bloomberg Eric Balchunas dalam wawancara dengan The Block pada bulan Mei.

“Itu akan menempatkan mereka di sekitar $5 hingga $8 miliar, yang, sekali lagi, untuk peluncuran normal dalam beberapa tahun pertama, itu cukup bagus,” katanya.

Baca Juga: Menjelang ETF Ethereum, Ini 3 Alternatif ETH yang Diperdagangkan di Bawah $1!

Nate Geraci, presiden The ETF Store, mengatakan pada acara di X yang diselenggarakan oleh The Block pada hari Senin bahwa pasar spot ether saat ini kurang dari sepertiga ukuran pasar bitcoin.

“Dalam pandangan saya, itu adalah proxy yang masuk akal untuk apa yang diharapkan dari ETF spot ether,” tambah Geraci. “Saya pikir kita akan melihat sekitar sepertiga dari permintaan yang kita lihat dari ETF spot bitcoin.”

Staking dan Masa Depan ETF Ethereum

Setelah persetujuan ETF bitcoin spot, bursa mulai mempertimbangkan opsi perdagangan pada produk tersebut tetapi belum mendapatkan persetujuan regulasi. Opsi adalah kontrak yang mewakili hak bagi investor untuk membeli atau menjual pada harga yang disepakati pada tanggal dan waktu yang ditentukan.

Selanjutnya, perusahaan dapat memutuskan untuk memasukkan staking dalam produk ETF spot Ethereum mereka. ETF Ethereum yang telah disetujui awalnya memiliki komponen staking, tetapi dihapus. SEC telah mempermasalahkan layanan staking di masa lalu.

Jika perusahaan ingin memasukkan staking atau opsi untuk ETF spot Ethereum mereka, mereka harus mendapatkan persetujuan SEC, kata Analis ETF Bloomberg James Seyffart pada hari Senin selama acara X.

“Saya pikir ini masalah kapan, bukan jika,” kata Seyffart. “Ini hanya soal mencari tahu kapan itu.”

Jake Chervinsky, Chief Legal Officer di Variant, mengatakan bahwa ini masalah kapan, bukan jika, untuk kemungkinan staking dalam ETF spot Ethereum dalam sebuah posting di X pada 17 Juli.

“Tidak ada alasan bagus mengapa SEC harus mencegah ETF ETH dari staking,” kata Chervinsky di X. “ETH yang distaking bukanlah sekuritas, dan investor dapat sepenuhnya memahami risiko produk yang distaking + memutuskan sendiri apakah mereka ingin mengambil risiko tersebut. Ini akan memakan waktu, tetapi ini ‘kapan,’ bukan ‘jika,’ menurut saya.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->