Platform Penyimpanan Data Permanen, Apa itu Arweave (AR)?

Update 4 Apr 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Platform Penyimpanan Data Permanen, Apa itu Arweave (AR)?
Reading Time: 6 minutes

Layanan cloud seperti AWS dan Google Cloud telah menjadi pilihan utama dalam menyimpan data secara online. Namun, dalam dunia blockchain, konsep Decentralized Cloud Storage (DCS) telah muncul sebagai alternatif yang lebih terdesentralisasi dan terjangkau. Arweave adalah salah satu proyek DCS yang unik. Ia menawarkan penyimpanan data permanen dengan model pembayaran sekali di awal. Artikel ini akan membahas secara detail apa itu Arweave, bagaimana cara kerjanya, dan potensi token AR yang digunakannya.

Ringkasan Artikel

  • ☁️ Arweave adalah platform penyimpanan data terdesentralisasi yang menawarkan layanan penyimpanan data permanen dengan model “bayar sekali, simpan selamanya”.
  • 🚒 Arweave menggunakan teknologi utama seperti Blockweave, SPoRA, Wildfire, dan Blockshadows untuk menyediakan penyimpanan data yang cepat, efisien, dan permanen.
  • 👨‍💻 Arweave meluncurkan AO Testnet sebuah jaringan blockchain yang dapat diskalakan dan dibangun di atas platform penyimpanan data Arweave. Arweave AO disebut-sebut sebagai hyperparallel computer.
  • 🪙 AR adalah native token dari platform Arweave. Token AR mengalami lonjakan harga hingga 140% ketika pengumuman Arweave AO dilakukan pada 27 Februari 2024.

Apa itu Arweave (AR)?

Decentralized physical infrastructure network (DePin) menjadi salah satu narasi yang menjadi sorotan belakangan ini. Salah satu proyek DePin yang menarik perhatian komunitas crypto adalah Arweave. Apa itu Arweave? Arweave adalah sebuah platform penyedia penyimpanan data terdesentralisasi. Arweave dapat diibaratkan seperti hard drive besar yang menyimpan banyak data di dalamnya. Platform ini seperti layanan cloud AWS dan Google Drive, namun bersifat terdesentral.

Pelajari lebih lengkap tentang DePin di artikel Apa itu DePIN (Decentralized Physical Infrastructure Network)?

Arweave diciptakan untuk memecahkan masalah penyimpanan data jangka panjang. Secara teknis, Arweave dapat menyimpan data secara permanen hingga 200 tahun. Oleh karena itu, banyak proyek infrastruktur besar menggunakan protokol Arweave untuk membuat aplikasi dengan data permanen. Dikutip dari Zerocap, Solana, Avalanche, Polkadot, dan Cosmos menggunakan Arweave untuk menyimpan data blockchain-nya dengan aman.

Keunggulan Arweave adalah ia menggunakan model “bayar sekali, simpan selamanya”. Pengguna hanya perlu melakukan satu kali pembayaran yang mencakup biaya penyimpanan data untuk selamanya, tanpa biaya tambahan untuk mengambil data tersebut.

Biaya penyimpanan di Arweave saat ini berfluktuatif sekitar $33/GB yang terlihat mahal dibandingkan dengan biaya Amazon (AWS) sebesar $0,276/GB. Namun, biaya Amazon adalah biaya tahunan sedangkan biaya Arweave adalah biaya penyimpanan permanen hingga 200 tahun.
Sumber: Arweave

Baca juga: Apa itu Decentralized Cloud Storage?

Siapa pendiri Arweave?

Arweave didirikan pada tahun 2017 oleh Sam Williams dan William Jones di University of Kent ketika mereka menempuh pendidikan doktoral dalam bidang sistem komputer terdistribusi dan jaringan. Melihat kurangnya alat untuk memverifikasi berita, Sam mengusulkan pembuatan jaringan penyimpanan permanen terdesentralisasi kepada William.

Mereka keluar dari perguruan tinggi dan mendirikan Minimum Spanning Technologies Ltd. untuk menciptakan Archain (sekarang Arweave). Archain diubah namanya menjadi Arweave pada bulan Februari 2018 dan mainnet Arweave diluncurkan pada bulan Juni 2018.

Cara Kerja Arweave (AR)

Arweave memiiki empat teknologi utama yang membantunya memberikan throughput tinggi, biaya rendah, dan penyimpanan data permanen.

Blockweave

Arweave menyimpan data pada Blockweave yang merupakan struktur data terdesentralisasi yang memungkinkan penyimpanan permanen dan terdistribusi. Blockweave memanfaatkan jaringan node yang tersebar secara global untuk menyimpan salinan data yang telah diverifikasi. Setiap data yang dimasukkan ke dalam Arweave akan didistribusikan ke beberapa node dalam jaringan, memastikan redundansi dan keandalan.

Blockweave adalah terobosan utama pertama Arweave dalam teknologi blockchain. Berbeda dengan blockchain yang mengkonfirmasi data secara berurutan, blockweave memungkinkan verifikasi data yang lebih efisien dengan hanya memerlukan satu potongan data yang acak. Blockweave mengubah struktur data dari rantai linier menjadi seperti jaring laba-laba tiga dimensi.

Succinct Random Proof of Access

SPoRA (Succinct Proofs of Random Access) adalah jenis konsensus baru yang diperkenalkan dalam Arweave pada Februari 2021. Ia menggantikan mekanisme sebelumnya, Proof of Access (PoA), yang menggunakan referensi data jaringan masa lalu. Dua perubahan utama yang dibawa oleh SPoRA adalah:

  1. Insentif Penambangan: SPoRA memastikan bahwa penambang (node) memiliki insentif untuk mereplikasi data lebih cepat sehingga mengurangi dominasi CPU dalam jaringan.
  2. Pengurangan Konsumsi Energi: SPoRA secara signifikan mengurangi konsumsi energi dalam menjaga jaringan, sementara masih menyumbang pada penyimpanan dan pengambilan data. Ini menciptakan sistem yang lebih efisien dan seimbang antara penggunaan sumber daya dan utilitas blockchain.

Wildfire

Wildfire adalah sistem insentif Arweave untuk node yang mendorong penyediaan akses data yang cepat. Ini berupa sistem peringkat yang memfasilitasi penciptaan blok cepat dan distribusi data. Node-node dengan kinerja baik mendapat peringkat tinggi, sementara yang kurang baik akan dihapus dari jaringan. Wildfire menciptakan sistem yang adil dan efisien untuk penyimpanan dan pengambilan data.

Blockshadows

Blockshadows adalah sistem komunikasi data yang diciptakan oleh Arweave. Ia memungkinkan jaringan untuk mengurangi sebagian data yang dikirim dengan setiap blok, tetapi tetap memungkinkan node-node untuk mencapai konsensus dan validasi. Dengan demikian, Arweave dapat mencapai batas teoritis hingga 5.000 transaksi per detik.

Kegunaan dan Keunggulan Arweave

Penyimpanan data permanen

Layanan utama Arweave adalah penyimpanan data permanen. Pengguna dapat menyimpan berbagai jenis file ke jaringan Arweave (dokumen, mp3, pdf, film, seni digital, dan lainnya).

Untuk mulai menyimpan data, kamu dapat membuat Akord wallet, membuat permanent vault, dan mengunggah data. Semuanya dapat kamu lakukan di https://akord.com/use-arweave.

Permaweb

Permaweb adalah koleksi aplikasi dan dokumen yang terhubung secara permanen, serupa dengan World Wide Web (WWW) yang biasa digunakan. Namun, berbeda dengan WWW tradisional, semua konten di Permaweb bersifat permanen.

Ia diletakkan di atas lapisan penyimpanan data inti Arweave dan dapat diakses menggunakan web biasa. Setelah data disimpan di Permaweb, data tidak dapat diubah dan tetap dapat diakses dari mana saja di dunia.

Ekosistem Permaweb Arweave menyediakan segalanya untuk membangun aplikasi web terdesentralisasi. Ini termasuk hosting UI, kueri basis data, dan layanan nama domain – semuanya sepenuhnya terdesentralisasi. Dengan ini, kamu dapat membangun aplikasi web dengan sifat blockchain: permanen, netral, dan transparan.

Arweave Endowment

Sistem pembayaran Arweave dirancang sehingga sebagian dari biaya yang dibayarkan untuk menyimpan data masuk ke dalam endowment. Endowment Arweave adalah dana yang dibentuk dari sebagian biaya yang dibayarkan untuk menyimpan data di jaringan Arweave. Dana ini digunakan untuk membayar biaya penyimpanan data berdasarkan bunga yang dihasilkannya.

Endowment Arweave telah dibangun dalam jumlah yang cukup besar (lebih dari 44.000 AR pada Januari 2023) untuk memastikan bahwa penyimpanan data akan dibayar hingga masa depan yang jauh.

Blockchain Layer 1

Arweave adalah blockchain L1 di mana teknologi lain dapat dibangun di atasnya. Arweave menyediakan lapisan dasar data permanen yang dapat memvalidasi dan menyelesaikan transaksi tanpa memerlukan jaringan lain. Ia juga memiliki stack infrastructure dan aplikasi multi-layer yang kokoh di atasnya.

Blockchain modular

Sebagai blockchain modular yang memisahkan lapisan eksekusi dengan lapisan ketersediaan data dan konsensus, Arweave menjadi blockchain yang ideal bagi para developer. Developer dapat membangun dApps yang skalabel (cepat), efisien, dan terdesentral.

Token AR sebagai Investasi

Sumber: Coinmarketcap

Setelah mengetahui tentang apa itu Arweave, selanjutnya kita akan bahas tentang token AR. AR adalah native token Arweave yang berperan penting dalam ekosistem Arweave. Semua biaya transaksi di jaringan Arweave dibayarkan dalam token AR. AR juga dibayarkan kepada nodes Arweave yang membantu menyimpan data jaringan secara permanen.

Arweave bekerja sama dengan Solana, terutama dengan dApp Store milik Solana. Arweave menyimpan transaksi Solana secara permanen. Ini menciptakan korelasi historis antara harga SOL dan AR, sehingga penurunan harga AR terjadi bersamaan dengan Solana ketika FTX mengalami kegagalan tahun 2022 lalu. Begitupun kenaikan harga SOL di akhir tahun 2023 yang juga berpengaruh pada AR.

Baca juga artikel Renaisans Solana: Generasi Baru Ekosistem DeFi Solana.

Sumber: AO

Pada tanggal 27 Februari 2024, Arweave meluncurkan AO Testnet bagi para developer dan pengguna awal untuk mengeksplorasi hyperparallel computer. Hyperparallel computer maksudnya adalah komputer yang dapat menjalankan sejumlah proses secara paralel pada waktu yang sama.

AO adalah sebuah jaringan blockchain yang dapat diskalakan dan dibangun di atas platform penyimpanan data Arweave. AO dirancang dapat mendukung semua jenis smart contracts dan protokol blockchain. Selain memiliki kecepatan tinggi, Arweave AO memiliki keunggulan dari blockchain lainnya dengan mendukung penyimpanan data berskala besar seperti model AI.

Sejak pengumuman tersebut, harga AR melonjak 140% dalam seminggu, dari $16 menuju $39. Selain itu, dari sisi pasokan token, AR memiliki pasokan maksimal sebanyak 66.000.000 AR. Saat ini, sudah 65.454.185 yang telah beredar atau 99%. Jika permintaan token AR terus meningkat seiring dengan kegunaannya dan pasokannya terbatas, ini berpotensi menjadi faktor pendorong kenaikan harga AR di masa depan.

Kesimpulan

Arweave adalah platform penyimpanan data terdesentralisasi yang menawarkan layanan permanen. Dibandingkan dengan layanan cloud tradisional, Arweave lebih terdesentralisasi dan menggunakan model “bayar sekali, simpan selamanya”. Arweave juga menyediakan ekosistem Permaweb yang memungkinkan pengembangan aplikasi web dengan sifat blockchain.

Dengan semakin bertambahnya penggunaan data dalam suatu platform, kebutuhan akan penyimpanan data yang aman juga semakin meningkat. Arweave menjadi salah satu platform yang menarik untuk dipantau tahun ini karena pertumbuhan penggunaannya yang terus berkembang, serta ketersediaan pasokan token AR yang terbatas.

Beli Token AR di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Arweave, kamu bisa mulai berinvestasi dengan membeli token AR dan aset crypto lainnya seperti BTC, ETH, dan SOL tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Arweave, What is Arweave? Arwiki, diakses 26 Februari 2024.
  2. Permanent Data Solutions, What is Arweave? Medium, diakses 26 Februari 2024.
  3. Steve Walters, Arweave Review: Permanent Decentralized Storage, Coin Bureau, diakses 26 Februari 2024.
  4. MWC, Things to Consider Before Entering the Bull Cycle — Part 2: Arweave ($AR), Medium, diakses 26 Februari 2024.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan