Bitcoin

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Bitcoin adalah aset digital atau mata uang kripto pertama yang menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan semua transaksi aman dan tidak dapat diubah. Bitcoin diciptakan pada tahun 2008 oleh seorang developer bernama Satoshi Nakamoto. Tujuan dari penemuan bitcoin adalah untuk memungkinkan transaksi keuangan digital tanpa perlu adanya peran perantara, seperti bank atau lembaga pemerintah.

Ketika orang mengatakan kata ‚ÄúBitcoin‚ÄĚ, sebenarnya ada dua hal berbeda yang mengacu pada kata tersebut: bitcoin sebagai aset digital (BTC), dan Bitcoin sebagai blockchain.

Sebagai aset digital, bitcoin (BTC) sepenuhnya digital tanpa bentuk fisik apa pun. BTC bersifat global karena ia hidup di internet. BTC juga sangat langka, karena hanya akan ada 21.000.000 BTC yang beredar di pasar. Karena kelangkaan dan kerumitan proses penambangannya, bitcoin dijuluki sebagai emas digital. Sama seperti emas, diperlukan proses kerja untuk merilisnya ke peredaran. Dalam konteks bitcoin, dibutuhkan pekerjaan komputasi untuk merilis bitcoin baru.

Sementara itu, Bitcoin sebagai blockchain adalah teknologi yang memungkinkan kamu mengirim bitcoin (BTC) ke siapa pun di dunia tanpa memerlukan bank. Alih-alih memiliki pihak ke-3 yang terpusat untuk memproses transaksi, semua transaksi bitcoin diproses dan diamankan oleh 10.000+ server/node bitcoin yang menjalankan program bitcoin yang didistribusikan di seluruh dunia.

Klik link ini untuk melihat harga bitcoin hari ini.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí