Front Running

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Istilah front running memiliki banyak arti di dalam dunia crypto. Penggunaannya bergantung kepada konteks dan situasi tertentu. Dalam arti awalnya, front running adalah situasi di mana investor mengetahui informasi penting yang belum masuk ke ranah publik dan melakukan pembelian aset berdasarkan hal tersebut. Biasanya, front running akan memberikan keuntungan besar kepada investor yang mengetahui informasi tersebut.

Dalam konteks crypto, front running biasanya dikaitkan dengan menemukan informasi-informasi penting sebelum ia populer dan membeli aset yang berhubungan dengannya. Front running merupakan langkah yang bersifat high risk high return karena informasi yang kita temukan belum tentu menciptakan hype terhadap aset tersebut.

Contoh front running: Kita yakin bahwa teknologi zk dan layer 2 akan populer dalam beberapa bulan ke depan dan kita menemukan informasi bahwa beberapa protokol akan meluncurkan proyek zk dalam waktu dekat. Lalu, kita melakukan front running dan membeli beberapa aset crypto zk yang belum populer.

Penggunaan front running lainnya adalah istilah untuk validator dan node. Front running dalam konteks ini adalah kondisi di mana bot atau validator mendahulukan transaksi dengan biaya gas paling mahal untuk mendapatkan keuntungan lebih besar saat transaksi selanjutnya masuk. Front running merupakan bagian dari MEV (maximal extractable value) yang dilakukan validator untuk mendapatkan keuntungan tambahan dari mengurutkan transaksi. Front running bisa sangat merugikan bagi pengguna, terutama di dalam aplikasi DeFi seperti UniSwap.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí