Liquidity Pool

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Liquidity pool adalah kumpulan dana yang disediakan oleh penyedia likuiditas untuk memfasilitasi perdagangan token tertentu di sebuah decentralized exchange (DEX). Liquidity pool diperlukan untuk memastikan selalu terdapat dana yang tersedia bagi para traders yang hendak menjual atau membeli token di DEX tanpa harus mengalami slippage harga dan waktu tunggu yang lama.

Bagi yang ingin menjadi penyedia likuiditas, mereka diharuskan untuk menyimpan dana setara dengan dua token yang berbeda pada liquidity pool. Sebagai imbalan menjadi penyedia likuditas, mereka akan mendapatkan liquidity provider tokens (LP tokens) yang merepresentasikan kepemilikan mereka dalam sebuah pool. Selain itu, para penyedia likuiditas juga akan mendapatkan passive income melalui biaya trading berdasarkan presentasi aset pada kolam likuiditas yang mereka sajikan.

Salah satu DEX pertama yang mengenalkan sistem liquidity pool adalah Bancor, sebuah protokol decentralized exchange pada jaringan Ethereum yang didirikan pada tahun 2016. Namun, liquidity pool semakin populer dan banyak diadopsi ketika diperkenalkan oleh Uniswap.

Pelajari lebih lanjut soal teknologi dan cara kerja Uniswap dalam artikel berikut.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí