MACD

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Moving Average Convergence Divergence (MACD) merupakan indikator teknikal yang mengukur momentum aset berdasarkan dua EMA yaitu EMA 12 dan 26. Perhitungan tersebut menciptakan sebuah garis MACD yang dimulai dari angka negatif sampai positif. Layaknya RSI, MACD merupakan indikator momentum yang dapat membantu menemukan perubahan tren, sinyal untuk membeli dan menjual, dan tren pergerakan harga. Indikator MACD sendiri terdiri dari garis MACD, garis sinyal, dan grafik Histogram.

Salah satu cara menggunakan indikator MACD adalah melihat adanya pelintasan (crossover), divergensi, dan kenaikan/penurunan yang cepat. Investor dapat membeli saat garis MACD naik ke atas garis sinyal dan menjual ketika garis MACD melintasi di bawah saluran sinyal. Ini adalah prinsip umum menggunakan MACD karena pelintasan ke atas dan ke bawah merupakan indikator kekuatan tren aset. Namun, layaknya indikator teknikal lain, MACD tidak 100% akurat, terutama untuk aset yang fluktuatif seperti crypto.

Jadi, MACD lebih baik digunakan dengan berbagai elemen analisis teknikal lain seperti garis tren serta support dan resistance. Kamu bisa belajar lebih lanjut tentang apa itu analisis teknikal di Pintu Academy.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí