Apakah Crypto Legal di Indonesia?

Bagikan

Crypto Legal dibawah Naungan Bappebti

Di Indonesia, perdagangan crypto diakui sebagai perdagangan aset komoditas yang diregulasi oleh Kementerian Perdagangan melalui Bappebti.

Kementerian Perdagangan mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto dan Permendag No. 119 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Perdagangan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

Peraturan Menteri tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Bappebti yang mengeluarkan 4 (empat) peraturan yang melegalkan perdagangan komoditas digital aset kripto dan emas digital.

Peraturan tersebut adalah:

  • Peraturan Bappebti No. 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka
  • Peraturan Bappebti No. 3 Tahun 2019 tentang Komoditi yang Dapat Dijadikan Subjek Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah dan/atau Kontrak Derivatif Lainnya yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka
  • Peraturan Bappebti No. 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka ; dan
  • Peraturan Bappebti No. 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

Peraturan-peraturan tersebut dibuat untuk memberi ruang untuk pengembangan usaha inovasi komoditas digital, kepastian berbisnis di sektor digital bagi pelaku perdagangan crypto, memberi kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat (termasuk dana nasabah atau pengguna aset kripto maupun emas digital) serta memuat ketentuan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU/PTT).

Pintu adalah Exchange Crypto yang resmi terdaftar di Bappebti

Berdasarkan peraturan di atas, Bappebti mengeluarkan tanda daftar perusahaan-perusahaan yang diseleksi dan dipilih oleh Bappebti untuk menjadi “Pedagang Fisik Aset Kripto” (Exchange). Pintu (PT Pintu Kemana Saja) merupakan salah satu perusahaan yang telah mendapatkan tanda daftar tersebut. Oleh karena itu, jangan kuatir berinvestasi crypto di Pintu!

Topik

Bagikan

Artikel Terkait

Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.