Sinyal Crypto Hari Ini, 16 Juli 2024: Kebangkitan BTC dan Altcoin!

Update 16 Jul 2024 • Waktu Baca 3 Menit
Gambar Sinyal Crypto Hari Ini, 16 Juli 2024: Kebangkitan BTC dan Altcoin!
Reading Time: 3 minutes

Tak disangka, pasar crypto pada awal pekan ini mengalami rebound dan berada di zona hijau. Padahal, pasar crypto berada dalam tekanan hebat pada beberapa pekan terakhir. Insiden penembakan Donald Trump ketika melakukan kampanye pemilihan presiden AS menjadi katalis yang mengangkat harga BTC dan pasar crypto secara keseluruhan.

Kejadian tersebut diyakini justru meningkatkan elektabilitas Trump untuk memenangkan pemilihan presiden. Trump belakangan telah menunjukkan dukungannya terhadap industri crypto. Tak pelak, dengan semakin besarnya kemungkinan ia terpilih sebagai presiden baru, harga BTC pun ikut mengalami kenaikan.

Berkat katalis positif tersebut, BTC akhirnya mengalami breakout. Setelah delapan hari diperdagangkan di bawah EMA 200-hari atau level $58.000, Saat artikel ini ditulis, BTC berhasil melewati level fibonacci 0.50 ($62.762) dan sedang berada di level $62.955.

Terlewatinya level fibonacci retracement 0.50 dianggap menjadi sinyal positif karena menandakan BTC bisa mengalami pembalikan tren. Namun, terdapat kemungkinan bahwa rally kali ini berujung pada bull trap. Oleh sebab itu, perlu konfirmasi lebih lanjut bagi BTC untuk mengubah level resistance utama tersebut menjadi level support untuk rally yang lebih kuat.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Ethereum (ETH) ➡️ Bullish 🚀

Akhirnya perkembangan ETF Ethereum spot menemukan titik terangnya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Securities Exchange Commission (SEC) telah memberikan “persetujuan awal” ETF Ethereum spot kepada setidaknya tiga manajer investasi. Informasi tersebut menguatkan spekulasi ETF Ethereum spot bisa mulai diperdagangkan pada selasa pekan depan.

Untuk mendapatkan persetujuan resmi dari SEC, para manajer investasi diharuskan mengirimkan dokumen final kepada SEC sebelum akhir pekan ini. Ketiga manajer investasi yang telah mendapat “persetujuan awal” SEC adalah Blackrock, Franklin Templeton, dan VanEck.

Walaupun hanya tiga manajer investasi yang telah mendapatkan persetujuan awal, diyakini lima manajer investasi lainnya juga akan segera mendapatkan persetujuan. Kedelepan produk ETF Ethereum Spot diekspektasikan akan diluncurkan bersamaan pada waktu yang sama.

Sementara menurut analis ETF Bloomberg Eric Balchunas, SEC telah menginstruksikan kepada para manajer investasi untuk mengumpulkan S-1 final mereka pada 16 Juli. Ia menyebut bahwa para manajer investasi harus mencantumkan biaya transaksi di produk ETF ETH spot mereka.

SEC akan memberikan persetujuan mereka pada Senin (22/7) setelah jam perdagangan ditutup. Oleh sebab itu, ETF ETH spot sudah bisa diperdagangkan pada Selasa (23/7)!

Kejelasan terkait ETF ETH spot bisa menjadi katalis positif yang mengangkat harga ETH karena adanya aliran dana yang masuk. Namun di satu sisi, perlu diwaspadai adanya momen “sell the news” yang bisa memberikan tekanan jual ETH.

Trader Joe (JOE) ➡️ Bullish 🚀

Trader Joe, protokol DEX yang ada di jaringan Avalanche dikabarkan akan segera meluncurkan Trader Joe V3. Pada versi terbarunya, Joe Trader dikabarkan akan menghadirkan banyak pembaruan besar pada DEX-nya untuk meningkatkan layanan mereka.

Kabar tersebut menarik untuk dinanti mengingat Trader Joe merupakan salah satu protokol DEX terbesar di Avalanche. Sejauh ini, Trader Joe masih berfokus pada “Boost Pools” sebuah insentif bagi penyedia likuiditas untuk mendapatkan AVAX sebagai imbalannya.

Pembaruan jaringan besar secara historis menjadi katalis positif untuk jangka pendek bagi harga token. Oleh sebab itu, JOE menjadi salah satu token yang berpotensi berada dalam tren bullish pada pekan ini.

Dalam tujuh hari terakhir JOE telah mengalami kenaikan lebih dari 10%. Saat ini ia diperdagangkan di area Rp 5.389

Arbitrum (ARB) ➡️ Tidak Menentu⚖️

ARB menjadi token yang berpotensi mengalami tren bearish pada minggu ini seiring dengan adanya agenda token unlock yang akan dilakukan Arbitrum. Protokol layer-2 dengan TVL terbesar ini akan membuka sebanyak 92,65 juta token ARB atau 2,87% dari total pasokannya untuk tim, investor, dan ekosistem.

Dengan harga ARB saat ini yang di level $0,77, maka token unlock tersebut setara dengan $85.41 juta. Dengan jumlah tersebut, bertambahnya pasokan ARB yang ada di pasar bisa menjadi katalis negatif untuk harga ARB. Terlebih jika para investor dan tim memutuskan untuk menjual kepemilikannya dan tak ada permintaan yang menyerap pasokan baru tersebut.

Saat ini, ARB berada di level Rp 12.254 atau naik 3,08 dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, ARB sempat berada di level tertinggi Rp 12.589 dan terendah di Rp 11.837

Sanctum (CLOUD) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Ekosistem Solana akan kehadiran token baru pekan ini melalui Token Generation Event (TGE) CLOUD pada 18 Juli 2024. Ia merupakan native token dari Sanctum, platform Liquid Staking Derivative di jaringan Solana.

Bagi kamu yang mengikuti kampanye Sanctum, maka kamu berpotensi mendapatkan airdrop token CLOUD. Untuk mengecek eligibilitas, website baru akan dibuka pada 18 Juli 2024. Sementara bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan, bisa langsung melakukan jual beli token CLOUD pada hari yang sama.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • MDEX (MDX): 🔼160,05% (Rp 993)
  • Heroes of Mavia (MAVIA): 🔼78,54% (Rp 41.144)
  • Popcat (POPCAT): 🔼67,60% (Rp 13.371)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Zeta (ZEX): 🔽19,06% (Rp 960)
  • Entangle (NGL): 🔽16,87% (Rp 3.089)
  • Drift Protocol (DRIFT): 🔽10,39% (Rp 7.242)

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan