Sinyal Crypto 2 Juli 2024: BTC Tak Tentu Arah, Bagaimana dengan Altcoin?

Update 2 Jul 2024 • Waktu Baca 4 Menit
Gambar Sinyal Crypto 2 Juli 2024: BTC Tak Tentu Arah, Bagaimana dengan Altcoin?
Reading Time: 4 minutes

BTC memulai tren kebangkitannya pada awal minggu ini setelah mengalami tren bearish sepanjang pekan kemarin. BTC sempat mencapai titik terendah secara bulanan di $58,555 sebelum memasuki fase konsolidasi. Tekanan pada harga BTC turut membawa dampak negatif pada harga altcoin secara keseluruhan.

Untungnya, BTC mengawali pekan ini secara kuat dengan menembus level resistance terdekat di $62.650. Saat artikel ini ditulis, BTC berada di level $62.873 atau naik 7,37% dari titik terendahnya. Sementara itu kinerja altcoin terpantau belum sepenuhnya pulih seiring masih banyak altcoin yang berada di zona merah dalam sepekan terakhir.

Kendati begitu, kenaikan harga BTC berhasil mengangkat kapitalisasi pasar crypto pun naik dari US$ 2,11 triliun menjadi US$ 2,26 triliun.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Market Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

ZKsync (ZK) ➡️ Bullish 🚀

Token yang berpotensi berada di zona bullish pada pekan ini adalah Zksync. Faktor yang berpotensi mendorong kenaikan harganya adalah pengumuman detail lebih lanjut mengenai Elastic Chain pada minggu ini.

Elastic Chain merupakan pembaruan utama di roadmap ZKsync 3.0 yang punya tujuan besar membuat ekosistem mereka saling terhubung. Elastic Chain merupakan bagian terpenting yang mempunyai kemiripan dengan AggLayer milik Polygon. Ia berisikan berbagai rantai yang ada di ekosistem ZKsync, namun pengguna akan merasakan seperti menngunakan satu rantai.

“Elastic Chain memastikan rantai ZK dapat berinteraksi dan bertransaksi dengan rantai lain secara efisien. Selain itu, ia juga mewarisi keamanan Ethereum dan membentuk jaringan yang scalable tanpa mengorbankan properti utama lainnya,” jelas Matter Labs terkait Elastic Chain.

Harga ZK sedang berada dalam uptrend dalam tujuh hari terakhir. Ia saat ini berada di level Rp 2.944 dengan level terendahnya di Rp 2.480.

EtherFi (ETHFI) ➡️ Bearish 📉

Etherfi akan menjadi token yang berpotensi mengalami tren bearish pada pekan ini. Ia akan membagikan airdrop season 2 mereka pada 8 Juli 2024. Sebelum melakukan klaim token ETHFI, Etherfi akan membuka portal untuk mengecek eligibilitas pada 5 Juli 2024. Pada season kali ini, airdrop yang dibagikan setara dengan $150 juta.

Agenda airdrop tersebut berpotensi menjadi katalis negatif bagi token ETHFI. Pasalnya, penerima airdrop cenderung menjual token mereka sehingga menambah jumlah pasokan yang ada. Di saat bersamaan, permintaan terhadap token cenderung minim pada momen tersebut. Alhasil, harga token ETHFI berpotensi turun dalam jangka pendek.

Selain itu, Etherfi juga telah mengumumkan dibukanya airdrop season 3 dengan jumlah distribusi sebanyak 25 juta token ETHFI. Proses pengumpulan poin akan dimulai pada 1 Juli dan berakhir pada awal September. Pembagian airdrop season 3 akan dilakukan setelah season 3 selesai.

Dalam seminggu terakhir, harga ETHFI sudah berada dalam tekanan. Ia mengalami penurunan dari level Rp 55.474 menjadi Rp 44.874 pada rentang waktu tersebut.

Bitcoin (BTC) ➡️ Tidak Menentu⚖️

BTC pada pekan ini diprediksi akan berada di zona tidak menentu. Katalis utama akan datang dari rilis FOMC minutes The FED dan rilis data non-farm payroll Juni.

Pelaku pasar mengekspektasikan tingkat pengangguran akan di level 4%, tertinggi sejak Februari 2022. Sementara itu, data klaim pengangguran terbaru mencapai 1,84 juta, tertinggi sehak November 2021. Kedua data tersebut memicu kekhawatiran pertumbuhan ekonomi AS akan berada di bawah ekspektasi.

Secara teknikal, BTC akan tetap mengalami reli jika mampu bertahan di atas level $62,650 dan garis tren. Penutupan di atas garis tren ini dapat mendorong harga menuju zona resistensi $65,000.

Namun, jika BTC berbalik arah, support terdekat ada di sekitar $60,150, dengan support besar pertama di dekat $58,500. Penembusan di bawah zona support tersebut dapat memicu aktivitas bearish tambahan yang berpotensi mendorong harga turun ke level support $56,500.

Io.net (IO) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Io.net (IO) akan melakukan token unlock sekitar 8,27 juta token untuk komunitas mereka pada pekan ini. Protokol AI terdesentralisasi ini akan membuka 7,89% dari volume sirkulasi saat ini atau setara dengan $27,2 juta.

Adanya tambahan pasokan token bisa memicu volatilitas pada harga IO dalam jangka pendek. Apalagi, token ulock ini ditujukan kepada komunitas yang berpotensi langsung menjual token mereka. Jika bertambahnya pasokan token tidak diiringi dengan permintaan yang sebanding, harga IO bisa terkoreksi.

Saat ini, IO berada di harga Rp49,139. Dalam sepekan terakhir, IO sempat diperdagangkan paling rendah di harga Rp 48.869 dan paling tinggi Rp 62.320.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Popcat (POPCAT): 🔼49,72% (Rp 10.165)
  • Zignaly (ZIG): 🔼43,79% (Rp 1.945)
  • Ethereum Name Service (ENS): 🔼526.376% (Rp 525.540)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Inspect (INSP): 🔽35,47% (Rp 389)
  • RSS3 (RSS3): 🔽34,02% (Rp 3.057)
  • TENET(TENET): 🔽30,63% (Rp 253)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan