Altcoin Season: Pengertian dan Cara Mengetahuinya

November 11, 2021
Combined Shape 2
5 Menit
Bagikan
Gambar Altcoin Season: Pengertian dan Cara Mengetahuinya
Reading Time: 5 minutes

Musim altcoin atau Altcoin season adalah sebuah periode waktu di mana koin-koin crypto alternatif mengalami kenaikan performa pasar karena harga dan volume perdagangannya yang meningkat. Altcoin (alternative coin) adalah sebutan yang digunakan ketika menyebut aset-aset crypto selain Bitcoin seperti Cardano, Polkadot, Polygon, Ethereum, dsb. Istilah ini digunakan untuk membedakan Bitcoin dengan aset crypto lainnya karena kapitalisasi pasar Bitcoin yang menguasai hampir 50% dari pasar dunia crypto.

Tren atau ‘Musim’ altcoin merupakan salah satu siklus yang terjadi dalam pasar cryptocurrency. Selain itu, terdapat juga sebutan Bitcoin season atau musim Bitcoin yang juga menandakan peningkatan performa pasar Bitcoin.

Kedua istilah musim ini digunakan pada periode waktu bull run atau kondisi saat pasar crypto mengalami kenaikan harga. Biasanya, kedua tren ‘musim’ ini terjadi secara bergantian karena secara natural kenaikan harga tidak akan bertahan dalam jangka waktu panjang.

Apa yang menyebabkan terjadinya Altseason?

Setelah terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi, harga Bitcoin akan cenderung menjadi lebih stabil. Akibatnya, investor akan mencari peluang investasi yang lebih menguntungkan. Mereka umumnya memperdagangkan Bitcoin mereka untuk Ethereum dan altcoin potensial lainnya. Hal ini memicu terjadinya Altseason, yang membuat jumlah keseluruhan pangsa pasar Bitcoin menjadi turun.

Mengapa siklus ini penting?

Mengetahui musim cryptocurrency yang sedang berlangsung bisa memberikan banyak kesempatan bagi kamu yang ingin memilih aset crypto yang tepat. Musim ini bisa menjadi penanda penting tentang aset crypto mana yang harganya akan meningkat dan mana yang akan mengalami penurunan atau pun stagnan. Tren siklus ini bisa membantumu menentukan aset yang bisa kamu beli dalam harga rendah dan kamu jual dengan harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Fear dan Greed index, indikator sentimen pasar crypto

Contohnya, dalam sebuah Bitcoin season, harga altcoin pada umumnya akan berada pada level yang stabil atau bahkan menurun. Dalam kondisi ini, kamu bisa mulai meneliti untuk membeli beberapa altcoin yang sedang mengalami penurunan harga atau yang biasa disebut dip. Fase penurunan harga ini bisa menjadi kesempatan kamu mendapatkan altcoin yang memiliki potensi besar dalam jangka panjang atau bahkan dalam jangka menengah saat akhirnya mencapai altseason.

Proses terjadinya altcoin season.
Proses terjadinya altseason. Sumber: Nicolas Matusiak Medium.

Pada musim altcoin, kamu bisa mulai menjual beberapa aset crypto milikmu yang mengalami kenaikan harga. Kamu juga bisa menahan (HODL) untuk menunggu apakah kenaikan harga pada musim altcoin ini akan menjadi harga normal baru bagi koin tersebut.

Pada akhirnya, musim altcoin memberikan banyak potensi dan kesempatan bagi kamu untuk memanfaatkan kenaikan pasar koin-koin alternatif yang memiliki potensi besar. Musim ini juga biasanya merupakan momentum penting bagi banyak proyek baru seperti dalam industri DeFi untuk mendapatkan perhatian dari komunitas crypto.

Kapan terjadi altcoin season dan bagaimana mengetahuinya?

Altcoin season adalah periode saat aliran investasi lebih banyak masuk ke dalam altcoin daripada Bitcoin. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya, Bitcoin baru saja menyelesaikan dominasinya di pasar setelah melalui kenaikan signifikan dan investor mulai menjual aset Bitcoin mereka untuk mendapatkan keuntungan. Dalam waktu yang sama, performa beberapa altcoin yang lain mulai terlihat membaik dengan volume perdagangan dan aliran uang yang meningkat. Pada momen itu, kita bisa melihat bahwa musim ‘altseason‘ akan dimulai.

Indeks altcoin season yang dibuat oleh blockchain center.
Indeks musim altcoin season dari Blockchain center

Selain memperhatikan pasar dan melihat analisis dari komunitas crypto, terdapat sebuah situs intuitif yang bisa membantu kamu menentukan kapan altseason dimulai. Situs Blockchain Center memiliki sebuah halaman berisi indeks *altcoin season* yang bisa mempermudah kamu melihat apakah altcoin season sudah terjadi. Situs Blockchain Center juga memiliki indeks altcoin month dan altcoin year yang sama-sama menampilkan situasi dominasi altcoin dalam bulan dan tahun ini. Selain itu, halaman tersebut juga memberikan statistik performa aset-aset crypto.

Pergerakan kapitalisasi pasar dari Bitcoin kepada altcoin yang menandakan terjadinya altseason juga bisa dilihat dari berita dan tren yang terjadi dalam komunitas crypto. Berita tentang rencana perkembangan beberapa altcoin yang terjadi berdekatan bisa menjadi sinyal akan terjadinya altcoin season. Pengumuman tentang investor-investor besar yang berinvestasi pada altcoin biasanya juga menunjukkan tren kemana pergerakan uang mengalir. Selain itu, altseason biasanya dimulai dengan salah satu altcoin yang tiba-tiba disukai seperti Shiba Inu (SHIB) atau pun industri dalam altcoin yang popularitasnya meningkat seperti NFT.

Bagaimana kamu bisa memanfaatkan siklus altseason dalam cryptocurrency?

Membeli aset altcoin sebagai investasi

Musim altcoin bisa menjadi kesempatan bagimu untuk memiliki beberapa altcoin yang memiliki potensi besar dalam jangka menengah dan panjang. Seperti yang sudah dijelaskan, musim ini membuka banyak potensi bagi cryptocurrency yang memiliki masa depan yang menjanjikan. Hal paling penting yang bisa kamu lakukan adalah melakukan riset dan analisis sebelum memasuki altcoin season. Analisis ini dapat membantu kamu untuk membeli aset crypto tepat sebelum memasukin musim altcoin sehingga ketika performanya meningkat saat altseason, kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Beberapa teknik analisis untuk aset crypto

Kamu juga perlu memikirkan bahwa meskipun altcoin memberikan banyak potensi keuntungan, ia juga memberikan resiko yang lebih tinggi daripada Bitcoin. Kasus altcoin yang kehilangan nilainya dalam waktu singkat sudah terjadi beberapa kali terutama dalam kasus altcoin yang tiba-tiba mengalami kenaikan popularitas yang drastis seperti Dogecoin dan Shiba Inu. Maka dari itu, kamu perlu melakukan riset cukup mendalam terhadap altcoin yang ingin dibeli.

Selain itu, altcoin memberikan potensi diversifikasi portfolio dari aset crypto yang kamu miliki. Strategi diversifikasi ini sangat penting untuk dilakukan karena volatilitas pasar cryptocurrency bisa membuatmu kehilangan uangmu terutama kalau kamu mengumpulkan semua investasimu dalam satu aset crypto saja. Apabila kamu memilih aset yang tepat, diversifikasi ini juga bisa membawa keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Melakukan trading untuk mendapatkan keuntungan

Strategi kedua dalam memanfaatkan altcoin season adalah melakukan trading pada musim ini. Pada musim ini, banyak altcoin akan mengalami kenaikan harga yang drastis dalam waktu singkat dan apabila kamu ingin mengambil resiko, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan tersebut. Hal ini bergantung kepada analisis dan riset tentang altcoin yang kamu lakukan terutama melihat volume perdagangan, kepercayaan publik terhadap altcoin, dan popularitasnya.

Baca juga: Perbedaan antara trading aktif vs pasif

Selain itu, banyak proyek-proyek altcoin diluncurkan pada musim ini yang memiliki potensi besar. Ketika mencari potensi keuntungan, kamu bisa mencari altcoin yang memiliki tim developer yang kuat, produk dengan utilitas yang jelas, dan komunitas loyal yang terus bertumbuh.

Bagaimana cara membeli altcoin?

Kamu bisa mulai berinvestasi pada berbagai jenis altcoin yang ada di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli altcoin dengan cara yang aman dan mudah. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kesimpulan

Altcoin season adalah salah satu dari dua musim dalam siklus pasar cryptocurrency. Ini adalah waktu penting di mana aset altcoin menunjukkan kinerja dan keunggulannya atas Bitcoin. Bagi kamu sebagai investor, musim ini adalah kesempatan penting untuk mendiversifikasi portofolio aset dan mendapatkan keuntungan dari altcoin dengan masa depan yang menjanjikan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih altcoin karena aset ini memiliki risiko yang lebih besar daripada berinvestasi di Bitcoin.

Sumber:

  1. Alt winds of change – Coin Telegraph
  2. What is an alt season? – Escape Artist
  3. Exploring altcoin season – Moralis Academy
  4. What is an Altseason – Bitcourier
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait

Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+