10 Game Metaverse 2023, Paling Ditunggu-Tunggu!

Updated
January 16, 2023
• Waktu baca 5 Menit
Gambar 10 Game Metaverse 2023, Paling Ditunggu-Tunggu!
Reading Time: 5 minutes

Industri game baru-baru ini alami lonjakan permintaan untuk game Metaverse. Dunia virtual ini menawarkan pengalaman imersif dan peluang gameplay yang unik kepada para gamer.

Dengan lebih banyak developer yang berinvestasi di sektor yang sedang berkembang ini, tahun 2023 tampaknya akan menjadi tahun yang penting bagi beberapa proyek Metaverse yang inovatif.

Ini dia 10 game Metaverse 2023 yang perlu kamu ketahui seperti dilansir dari beberapa sumber.

1. Dypius

Dypius
Business News – Crast.net

Salah satu game Metaverse 2023 yang paling ditunggu adalah Dypius (sebelumnya dikenal sebagai DeFi Yield Protocol). Game play-to-earn Dypius penggunanya cara baru untuk mendapatkan dan menyimpan aset digital di NFT. Infrastrukturnya yang terdesentralisasi membuat para pemain dapat memanfaatkan teknologi blockchain dengan friksi minimal.

Baca Juga: Suguhkan 3 Gameplay yang Makin Gokil, PUBG Akan Integrasikan NFT ke Dalam Game!

Versi beta dari game ini telah dirilis pada Desember 2022 lalu dan menampilkan beberapa area, reward, dan item yang dapat dimainkan. Aset game yang terdesentralisasi memungkinkan pemain untuk memperdagangkannya secara bebas dengan pemain lain dalam sistem RPG ini.

2. Metacade

Metacade
Invezz

Metacade adalah salah satu komunitas Web3 terbaru yang berfokus pada game Metaverse dan blockchain. Proyek game Metaverse 2023 ini bertujuan untuk memberikan perubahan terhadap model game tradisional dengan memberdayakan pemain.

Metacade memberi reward kepada para gamer atas kontribusi mereka dengan tokennya dan memungkinkan gamer untuk memberikan suara pada game yang ingin mereka danai. Proyek ini bertujuan untuk menarik para gamer yang ingin berperan dalam pengembangan game dan mendapatkan token.

Model play-to-earn game ini terdiri dari turnamen eksklusif, casual testing gigs, dan sistem reward. Secara khusus, pengguna dapat mengumpulkan reward setelah membagikan konten yang terkait dengan blockchain dan game Metaverse.

3. Decentraland

Decentraland
Lever

Decentraland adalah game Metaverse yang dibuka untuk umum pada tahun 2020. Pemain dapat membuat ruang virtualnya sendiri, berjelajah, dan membangun dunianya sendiri di platform ini. Sebagai seorang pemilik tanah, kamu bisa menyewa ruang virtual milik kamu untuk membangun apapun di atasnya.

Kamu bisa membangun rumah, hotel, taman, bioskop, kasino, galeri seni, dan bangunan lainnya dengan kemungkinan tak terbatas yang bisa kamu wujudkan di sana. Decentraland memungkinkan pemain untuk membeli tanah dan membangun struktur bangunan yang kamu inginkan dan mendapatkan reward dari game tersebut.

Jumlah bidang tanah yang tersedia sangatlah terbatas. Oleh karena itu, para pemain harus dengan cepat membeli tanah maupun real-estate di Decentraland untuk disimpan sebagai investasi.

4. My Neighbor Alice

My Neighbor Alice
Steam

My Neighbor Alice adalah game multi-player yang dibangun di atas jaringan blockchain dan mengadopsi banyak fitur dan fungsi terkait Metaverse. Game ini dirancang sedemikian rupa sehingga pemain harus memiliki tanah untuk mulai menjelajahi gameplay. Game **tersebut bahkan dapat diakses dari ponsel dan avatar-nya dapat disesuaikan.

Seperti game Metaverse pada umumnya, game ini memiliki mata uang virtualnya sendiri bernama ALICE yang dapat digunakan untuk membeli tanah, NFT, dan lainnya. Game terdesentralisasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, membuat NFT, dan memperdagangkan aset sehingga pengguna dapat memperoleh penghasilan.

5. The Sandbox

The Sandbox
TheSandboxGame

Sandbox adalah game yang memungkinkan pemain membuat lanskap dan game voxel 3D mereka sendiri serta memonetisasinya melalui penjualan barang koleksi di pasar game. Sandbox menawarkan berbagai alat dan aset bagi pemain untuk membangun dan berinteraksi dengan orang lain.

Game Metaverse ini menjalin kemitraan dengan berbagai brand dan selebriti ternama yang telah menggunakan Sandbox untuk memberikan pengalaman khusus kepada pelanggan dan penggemarnya seperti Adidas, The Walking Dead, Snoop Dogg, Deadmau5, dan masih banyak lagi.

6. CryptoVoxels

CryptoVoxels
Bitnovo Blog

Cryptovoxels diciptakan oleh Ben Nolan pada tahun 2018. Game Metaverse ini merupakan sebuah dunia virtual peer-to-peer bagi para pemain untuk membangun dan menjelajahi ruang 3D interaktif.

Pemain dapat membeli sebidang tanah dan membangunnya sesuka mereka. CryptoVexel telah menjadi salah satu game Metaverse 2023 paling populer dalam sektor art blockchain dan real estate virtual.

7. Otherside

Otherside
TechCrunch

Otherside merupakan game multiplayer online yang dikembangkan sebagai dunia virtual ekosistem Bored Ape Yacht Club. Pemain dapat menjelajahi dunia virtual, mengambil bagian dalam sebuah misi, dan berinteraksi dengan pemain lain sambil mengumpulkan aset crypto sebagai reward.

Game ini sendiri masih dalam pengembangan, tetapi demo awal game ini telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat global. Pengguna juga diberi opsi untuk membeli tanah di Metaverse Otherside melalui NFT yang disebut Otherdeeds. Game ini juga akan menampilkan makhluk misterius yang disebut “Koda”, yang terletak di Otherdeeds tertentu.

Selain sistem play-to-earn, Otherside juga akan menghadirkan mode battle royale yang memberi kesempatan bagi pemain untuk memenangkan hadiah utama. Akankah Otherside mengalahkan kepopuleran game Metaverse terdahulu di tahun 2023 ini dengan fiturnya yang inovatif?

8. Fortnite

Fortnite
Pemmzchannel

CEO Epic Games Inc., Tim Sweeney, yang merupakan pencipta game Fortnite adalah salah satu pendukung Metaverse dan penggila Metaverse. Ia sempat mengatakan bahwa Metaverse adalah peluang bernilai triliunan dolar. Dengan jutaan pengguna aktif setiap bulan, Fortnite berkembang menjadi salah satu game Metaverse terbaik di ruang digital.

Fortnite akan menghadirkan peluang besar di ruang digital di tahun-tahun mendatang tak terkecuali tahun 2023 ini sekaligus berpotensi memainkan peran penting utama dalam membawa jutaan pengguna ke platform game Metaverse.

9. Alien Worlds

Alien Worlds
crypto.news

Alien Worlds adalah game play-to-earn yang diproyeksikan menjadi game Metaverse 2023. Platform game ini berfokus pada penggunaan aset NFT yang terdesentralisasi dan dapat diatur oleh pengguna.

Alien Worlds merupakan game play-to-earn di mana lo bisa mendapatkan token crypto dengan menambang, bertarung, dan menyelesaikan misi. Aset gameplay Alien Worlds didukung NFT yang membuat pengguna dapat menukar NFT seabgai salah satu gameplay mereka.

10. Alóki

Alóki
NFTMagazine.com

Alóki adalah proyek Metaverse lainnya yang mencoba membuat gebrakan di ruang blockchain melalui game Metaverse. Proyek ini berfokus untuk menghubungkan kembali manusia dengan alam dan lingkungan sambil memperkenalkan mekanisme game berdasarkan teknologi blockchain.

Game Metaverse ini juga mencoba untuk menawarkan konsep play-to-own yang inovatif. Melalui ekosistem ini, Alóki memungkinkan pengguna menjelajahi alam liar Costa Rica sekaligus memberi komunitasnya akses ke versi digital dari alam Costa Rica.

Tujuan utama Alóki adalah untuk memanfaatkan teknologi blockchain ke sesuatu yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas. Pada saat yang sama, tim Alóki ingin memberi penggunanya peluang investasi. Konsep play-to-own Alóki juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan keuntungan sambil berkontribusi memelihara lingkungan.

Di tahun 2023 ini banyak studio game mulai bergairah berinvestasi ke dalam pengembangan game Metaverse. Salah satunya adalah Animoca Brands. Animoca Brands Corp, studio game blockchain dan pemodal ventura berbasis di Hong Kong. Mereka dilaporkan telah menyiapkan dana sebesar Rp15,6 triliun untuk kembangkan Metaverse.

Kira-kira apa ide besar yang sedang direncanakan Animoca dengan dana fantastis tersebut? Simak informasi selengkapnya mengenai Animoca Siapkan Investasi Rp15,6 Triliun untuk Metaverse di sini.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->