Apa itu Play-to-Earn dalam Game NFT?

Updated
September 22, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Play-to-Earn dalam Game NFT?
Reading Time: 3 minutes

Game NFT yang berkonsep play-to-earn menjadi kian populer karena telah memperkenalkan penggunaan crypto pada sektor yang benar-benar berbeda. Teknologi blockchain memungkinkan pemain melakukan jual beli dan memperdagangkan aset digital dalam game. Agar lebih memahami tentang istilah play-to-earn dalam game NFT, simak artikel berikut.

Apa Itu Play-to-Earn?

pengertian P2E

Play-to-earn adalah konsep yang sering digunakan dalam gaming di mana platform memberi kesempatan kepada pemain untuk memperoleh segala bentuk aset dan item dalam game yang dapat ditransfer ke dunia nyata menjadi uang maupun alat tukar bernilai lainnya.

Sebenarnya, konsep ini sudah lama diimplementasikan dalam beberapa game. Namun, sayangnya terdapat berbagai keterbatasan karena pemain hanya dapat memainkan game lewat mesin arcade yang ada di arena game. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang game dapat dimainkan siapa saja melalui komputer, smartphone, atau game konsol.

Game play-to-earn (P2E) dalam dunia NFT dikenal dengan istilah GameFi, gabungan antara gaming dan decentralized finance (DeFi). Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada September 2020 oleh Andre Cronje, pendiri Yearn Finance, salah satu platform DeFi terkemuka. GameFi berhasil merevolusi game konvensional dengan menawarkan kesempatan kepada pemain untuk memperoleh penghasilan saat bermain.

Persiapan dalam Game P2E

Untuk dapat ikut bermain dalam game P2E, pengguna harus mempersiapkan beberapa hal berikut.

Dompet Crypto

Dompet cryptocurrency digunakan sebagai tempat untuk menyimpan mata uang virtual, kepemilikan NFT dan melakukan jual beli dalam ekosistem game.  Setiap blockchain membutuhkan jenis dompet tertentu. Misalnya, dompet crypto Metamask yang berbasis pada blockchain Ethereum.

Beberapa game mengharuskan pengguna untuk mengisi dompet dengan cryptocurrency tertentu untuk membeli item dan melanjutkan permainan. Misalnya, Cryptoblades yang mengharuskan pemain mengunduh dompet crypto Metamask, mengisinya dengan Binance Coin dan menukarnya dengan mata uang crypto game.

Membeli Item

Seluruh GameFi gratis untuk diunduh dan dimainkan. Namun, beberapa di antaranya merekomendasikan pemain untuk membeli karakter, item dan crypto asli game di awal permainan.

Kemudian, platform akan memberikan misi dan tugas yang berbeda untuk setiap game. Pemain harus memenangkan pertandingan PVP (Player vs Player), menjelajahi dunia permainan, menambang aset, mendesain item, dan banyak cara lainnya untuk dapat memperoleh hadiah berupa koin crypto atau token P2E.

Baca juga: 7 Game NFT Terpopuler, Bisa Dapat Crypto Gratis?

Imbalan Aset Digital dari Game P2E

cara dapat aset digital gratis

Play-to-earn adalah model permainan di dunia blockchain yang memberi kesempatan kepada pemain untuk menghasilkan pendapatan dengan berpartisipasi dalam game. Pemain yang berhasil menyelesaikan tugas dan misi yang diberikan dalam game akan bisa memperoleh hadiah berupa aset digital mulai dari koin crypto, token dan item berharga lainnya.

Beberapa NFT game penghasil crypto yang memberikan hadiah berupa koin crypto dan token P2E antara lain: Axie Infinity dengan token AXS, Gods Unchained dengan token ERC (GODS), Alien Worlds dengan token TLM, dan The Sandbox dengan token SAND

Berapa Penghasilan Pemain Game P2E?

Game dengan konsep play-to-earn telah menjadi sumber penghasilan tambahan dari banyak orang, terlebih di masa pandemi. Berkat permainan ini, banyak orang di beberapa negara seperti Vietnam dan Filipina berhasil memperoleh sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Baca juga: Apa itu Bitcoin?

Perkembangan Pasar Game P2E NFT di Masa Depan

Salah satu alasan dibalik popularitas game P2E adalah tidak adanya otoritas terpusat yang mengontrol ekosistem game. Selain itu, keberadaan teknologi blockchain yang mendasari game memungkinkan transaksi tanpa biaya sehingga pemain dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan aset digital tanpa dikenakan biaya.

Per Juli 2021, tercatat ada sekitar 800 ribu pemain aktif dalam game NFT. Jumlah ini meningkat 121% dari bulan sebelumnya. Kehadiran NFT gaming telah menciptakan tren baru di pasar NFT dan berpotensi meningkatkan revenue di dunia blockchain. Sektor ini diharapkan mampu melampaui sektor industri besar lain dalam beberapa tahun ke depan.

Coinmarketcap melaporkan bahwa penjualan aset NFT di pasar crypto telah mencatat lebih dari $2,5 Miliar sepanjang tahun 2021. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat secara eksponensial seiring dengan banyaknya game NFT yang diluncurkan.

Dari artikel di atas, kamu sudah belajar mengenai konsep P2E dalam game penghasil crypto secara gratis. Kamu juga dapat menghasilkan keuntungan melalui investasi dan trading aset crypto melalui Pintu, aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di BAPPEBTI.

Referensi:

Alexandria, What Is Play2Earn (Play-to-Earn)? Diakses tanggal: 20-09-2021.

Alexandria, What Is GameFi? Diakses tanggal: 20-09-2021.

Annika Feign, GameFi: How to Earn Crypto Playing Games Online. Diakses tanggal: 20-09-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+