9 Alat Pembayaran yang Berlaku di Indonesia

Updated
September 16, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 9 Alat Pembayaran yang Berlaku di Indonesia
Reading Time: 4 minutes

Alat pembayaran sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan perekonomian mulai dari belanja sehari-hari, membeli aset investasi, dan lain sebagainya.  Lalu, apa saja alat pembayaran sah yang bisa digunakan di Indonesia sekarang ini? Menurut Bank Indonesia, berikut daftar 9 alat pembayaran yang berlaku di Indonesia.

Kartu Kredit

gambar kartu kredit
(freepik.com)

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sah di Indonesia dan termasuk ke dalam Alat Pembayaran Menggunakan Kartu atau disingkat APMK. Kartu kredit biasa digunakan untuk pembayaran sebagai bentuk pemenuhan kewajiban yang muncul dari adanya kegiatan ekonomi seperti pembelanjaan.

Pembayaran kartu kredit bisa dilakukan secara berangsur atau pelunasan langsung tergantung kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya. Beberapa karakteristik kartu kredit adalah terdapat chip, logo penerbit, nomor kartu, nama pemegang kartu, magnetic stripe, dan lainnya.

Baca juga: Apakah Bitcoin Legal di Indonesia?

Kartu ATM

gambar kartu atm
(freepik.com)

Kartu ATM juga termasuk ke dalam APMK yang biasa digunakan untuk menarik uang tunai atau memindahkan dana ke rekening lain demi memenuhi kewajiban pengguna dengan mengurangi nilai tabungan secara langsung. Karakteristik fisik ATM mirip dengan karakteristik kartu kredit.

Kartu Debit

gambar kartu debit
(freepik.com)

Kartu debit adalah APMK yang dimanfaatkan untuk membayar kewajiban yang muncul dari kegiatan ekonomi seperti pembelanjaan. Bedanya dengan kartu kredit yaitu pembayaran kartu debit langsung dipotong dari saldo si pemilik sedangkan kartu kredit menggunakan saldo pinjaman.

Uang Elektronik

gambar uang elektronik

Alat pembayaran yang berlaku di Indonesia berikutnya adalah uang elektronik. Menurut Bank Indonesia, uang elektronik merupakan alat pembayaran yang harus memenuhi kriteria berikut.

  • Diterbitkan setelah nilai uang berhasil disetor kepada penerbit.
  • Nilainya disimpan secara elektronik dalam suatu media chip atau server.
  • Nilai yang dikelola penerbit bukanlah simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang perbankan.

Cek

gambar cek

Cek adalah instrumen pembayaran yang berfungsi sebagai perintah kepada bank untuk membayarkan sejumlah uang kepada penerima cek.

Dalam penggunaannya, cek menerapkan prinsip bisa dipindahtangankan, bisa diterbitkan dalam rupiah, dan sebagai sarana permintaan atau perintah pembayaran.

Berikut adalah contoh penggunaan cek sebagai alat pembayaran.

Anton memberi cek sebesar Rp1.000.000 kepada Budi untuk membayar jasa yang diberikan Budi. Selanjutnya, Budi bisa membawa cek tersebut ke bank untuk dicairkan menjadi uang tunai maupun disimpan ke rekening bank miliknya.

Bilyet Giro

gambar bilyet giro

Alat pembayaran yang berlaku di Indonesia yang keempat yaitu bilyet giro. Bilyet giro adalah surat perintah atau surat permohonan kepada bank untuk memindahkan sejumlah dana dari rekening nasabah satu ke nasabah lainnya.

Berbeda dengan cek, bilyet giro tidak bisa langsung diuangkan ke bentuk tunai.

Uang Kertas

gambar uang kertas

Alat pembayaran yang berlaku di Indonesia selanjutnya adalah uang kertas. Uang kertas termasuk ke dalam Alat Pembayaran dengan Menggunakan Uang atau disingkat APMU. Uang kertas yang berlaku adalah uang kertas rupiah yang diterbitkan dan diedarkan oleh Bank Indonesia.

Uang Logam

gambar uang koin

Uang logam juga termasuk ke dalam APMU. Uang logam adalah uang yang terbuat dari logam seperti emas dan perak. Biasanya nominal dalam uang logam lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas. Ukurannya pun lebih kecil dari uang kertas namun lebih berat jika dibandingkan uang kertas.

Internet Banking atau Mobile Banking

gambar internet banking

Internet banking atau mobile banking adalah alat pembayaran lain yang bisa digunakan nasabah dalam melakukan pemindahan dana selain melalui atm. Untuk menggunakan alat pembayaran ini, biasanya nasabah perlu membuka rekening tabungan dahulu lalu baru bisa membuat akun i-banking dan m-banking untuk transaksi.

Penggunaan alat pembayaran ini sangat praktis karena bisa dibuka menggunakan ponsel dan hanya membutuhkan id pengguna dan kata sandi saja.

Nah, itulah daftar lengkap 9 alat pembayaran yang berlaku di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, alat pembayaran pun ikut semakin berkembang. Per 7 September lalu, El-Salvador telah resmi menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara mereka.

Adopsi bitcoin dan aset crypto lainnya memang sudah semakin luas. Beberapa institusi telah ikut serta dalam investasi bitcoin, sebut saja Microstrategy dan Square Inc. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bank Indonesia. Instrumen. Diakses tanggal:14-09-2021.

Bank Indonesia. Bertransaksi Daring Menggunakan Mobile/Internet Banking. Diakses tanggal:14-09-2021.

Cek Pajak. Arti Kata Uang Logam. Diakses tanggal:14-09-2021.

Investopedia, Check. Diakses tanggal:15-09-2021.

Portal Informasi Indonesia, Cara Mengenali Uang Palsu dan Pelaporannya. Diakses tanggal:14-09-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->