Ada satu komponen menarik dari natural language processing (NLP) yang disebut dengan analisis sentimen atau sentiment analysis. Ini merupakan teknik yang digunakan untuk menentukan apakah sebuah data positif, negatif, atau netral. Analisis ini memiliki kegunaan yang luas, mulai dari bisnis, politik, hingga media sosial. Apa itu analisis sentimen sebagai salah satu pemanfaatan AI? Simak selengkapnya berkut ini!
Analisis sentimen adalah pendekatan terhadap natural language processing (NLP) yang mengidentifikasi nada emosi di balik sebuah teks. Ini adalah cara yang banyak digunakan organisasi untuk menentukan dan mengkategorikan pendapat tentang, produk, layanan, atau ide. Pendekatan ini memanfaatkan data mining, machine learning, dan artificial intelligence (AI) untuk mendapatkan infornasi subjektif dan sentimen dalam teks.
Sistem analisis sentimen membantu organisasi atau perusahaan untuk mengumpulkan informasi dari teks yang tidak terstruktur dan tidak terorganisir yang berasal dari email, postingan blog, obrolan web, hingga media sosial.
Baca juga: Ini Perbedaan Pemasaran dan Penjualan Dalam Dunia Bisnis, Sudah Tau?
Analisis sentimen, juga dikenal sebagai opinion mining, menjadi sebuah alat bisnis yang penting untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan produk dan layanan mereka. Oleh karena itu, fungsi analisis sentimen tidak hanya berkutat pada teknologi saja, namun lebih luas dari itu.
Perusahaan dapat menghindari kesalahpahaman akibat pemahaman personal yang berkaitan dengan review atau testimoni yang ditinggalkan pelanggan. Analisis sentimen akan memberikan pandangan yang lebih objektif untuk membantu perusahaan menganalisis pendapat pada pelanggan mereka.
Misalnya, ada pelanggan yang menuliskan ulasan, “Desainnya bagus, tapi cepat panas saat dipakai.”
Jika dianalisa secara manual, mungkin tulisan ini terdengar negatif. Padahal ada hal positif juga yang ditinggalkan. Oleh karena itu, penggunaan analisis sentimen dapat membantu menangkap emosi pelanggan secara lebih efektif melalui tulisan tersebut.
Salah satu fungsi atau manfaat terbaik yang bisa diberikan oleh analisis sentimen adalah membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk serta layanan mereka. Teknologi AI dalam analisis sentimen ini mengidentifikasi objek atau situasi dalam dunia nyata (disebut entitas) yang dikaitkan pelanggan dengan sentimen negatif. Dari contoh ulasan di poin sebelumnya, maka teknisi dapat mencoba mencari solusi untuk mencegah produk mereka cepat panas saat dipakai.
Data yang tidak terstruktur seperti email, survei, transkrip chatbot, sampai ulasan produk sudah jadi makanan sehari-hari untuk perusahaan atau bisnis. Alat analisis canggih berbasis AI dapat membantu mereka untuk mengukur emosi pelanggan ke dalam data yang tekstual dengan biaya yang terjangkau melalui analisis sentimen.
Tanggapan yang cepat menjadi hal lumrah di masa sekarang ini, termasuk cara bisnis atau perusahaan dalam memperbaiki produk dan layanan mereka juga harus segera dilakukan setelah pelanggan meninggalkan ulasan. Analisis sentimen bertugas untuk memberikan temuan pada perusahaan terkait dengan kata kunci tertentu yang mencerminkan adanya sentimen negatif untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan tanggapan yang cepat.
Analisis sentimen dapat dibuat dengan tujuh langkah yaitu:
Sementara itu, analisis sentimen bisa dilakukan di Excel dan Phyton secara gratis. Banyak juga online tools yang menyediakan analisis sentimen secara berbayar seperti HubSpot.
Analisis sentimen tidak hanya berguna untuk bisnis saja, tetapi keperluan publik lainnya. Berikut ini adalah contoh penggunaan analisis sentimen pada 3 sektor yang berbeda.
Di sosial media, analisis sentimen sangat penting untuk merekam atau mengawasi brand image. Data yang digunakan biasanya adalah komentar pengguna internet, engagement konten, serta jenis konten yang sering dibagikan. Beberapa hal tersebut dapat dijadikan bahan untuk evaluasi mengenai langkah selanjutnya yang harus diambil.
Bagi tokoh atau partai politik, sentimen publik tentunya sangat penting. Analisis sentimen dapat digunakan untuk mengolah data-data yang tidak terorganisir seperti tanggapan atau pendapat masyarakat, berita-berita yang muncul di berbagai media, dan masih banyak lagi.
Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu analisis sentimen, fungsi hingga penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu!
Kamu bisa menemukan informasi lainnya seputar AI di Pintu Blog. AI sendiri sudah semakin banyak diterapkan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya crypto. Ingin tau lebih lanjut soal ini, yuk belajar crypto secara mudah di Pintu Academy!
Referensi: