8 Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ekonomi

Updated
April 30, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 8 Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ekonomi
Reading Time: 4 minutes

Ancaman di bidang ekonomi tak hanya berlaku bagi negara miskin atau berkembang saja, negara maju pun juga mengalami hal yang sama. Hanya saja, yang menjadi faktor pembedanya adalah tingkat keparahan ancaman ekonomi tersebut. Agar kamu lebih paham lagi, simak penjelasan lebih detail terkait ancaman di bidang ekonomi di bawah ini.

Jenis Ancaman Ekonomi Suatu Negara

Setiap negara, pasti pernah merasakan adanya ancaman ekonomi yang terus menghantui setiap saat jika tak segera dicarikan solusi terbaiknya. Di bawah ini terdapat beberapa jenis ancaman ekonomi suatu negara yang paling umum terjadi, antara lain :

  • Subsidi di berbagai sektor untuk rakyat kian berkurang.
  • Banyaknya pihak asing yang menguasai perekonomian suatu negara.
  • Melakukan impor besar-besaran tanpa melakukan analisa lebih lanjut sehingga membuat stok berlebih.
  • Harga ekspor berbagai komoditi yang kian menurun untuk pasar dunia.
  • Pengangguran dan kemiskinan yang semakin meningkat.

Ketika beberapa ancaman ekonomi terhadap suatu negara di atas tengah terjadi, pihak pemerintah bisa melakukan sejumlah pengukuran terlebih dahulu dengan menganalisanya melalui indikator terhadap pertumbuhan ekonomi. Dari situ, solusi hingga strategi untuk mengatasi ancaman ekonomi bisa tepat sasaran.

Mengatasi Datangnya Ancaman Perekonomian

mengatasi datangnya ancaman di bidang ekonomi

Diperlukan pemahaman lebih lanjut terkait bentuk ancaman ekonomi yang datang pada suatu negara. Dengan mengetahuinya, maka bisa segera ditentukan solusi apa saja yang bisa dilakukan untut mengatasi ancaman ekonomi tersebut. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi datangnya ancaman di bidang ekonomi, antara lain :

Menyediakan Lebih Banyak Lapangan Kerja

Salah satu pemicu perekonomian suatu negara menjadi tidak stabil adalah karena tingkat pengangguran pada negara itu sendiri. Semakin tinggi tingkat pengangguran yang ada, maka akan semakin buruk kondisi perekonomian negara tersebut. Banyaknya pengangguran, juga bisa menghambat laju dari pertumbuhan ekonomi setiap negera. Tidak heran jika pengangguran dianggap sebagai ancaman nyata bagi setiap negara khususnya di bidang ekonomi.

Untuk menekan angka pengangguran, solusinya bisa dengan meningkatkan kualitas pendidikan, menyediakan ruang khusus untuk pelatihan kerja sesuai perkembangan zaman, menyediakan lapangan kerja, mendukung segala aktivitas bisnis informal, menjalin kerjasama dengan pihak asing (mendatangkan investor), mengembangkan bisnis dengan berwirausaha hingga menyelanggarakan program transmigrasi untuk tujuan pemerataan.

Baca juga: Apa itu Pelaku Ekonomi?

Menekan Angka Inflasi

Inflasi memegang perang penting dalam pergerakan ekonomi setiap negara. Untuk itu, inflasi juga dianggap sebagai salah satu ancaman serius dalam menentukan perkembangan kondisi ekonomi. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah inflasi antara lain seperti menekan tingkat upah, proses pendistribusian yang dilakukan oleh pihak pemerintah, meningkatkan produksi di perusahaan-perusahaan, menerapkan berbagai kebijakan penting seperti moneter, non moneter hingga kebijakan fiskal.

profit investasi crypto

Pemerataan Pembangunan Infrastruktur

Infrastruktur memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi setiap negara. Penyediaan infrastruktur yang tidak merata, menjadi faktor pemicu munculnya kesenjangan ekonomi di banyak daerah. Alhasil, ketidakstabilan ekonomi terjadi di mana-mana.

Untuk mengatasi permasalahan infrastruktur, bisa diatasi dengan cara melakukan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah. Lebih lanjut, pemerintah harus mampu menganalisa dengan baik untuk menekan anggaran belanja. Setiap daerah tidak bisa disamaratakan kebutuhan infrastrukturnya. Untuk itu, dalam proses pembangunan infrastruktur pun harus disesuaikan dengan kebutuhan. Infrastruktur di desa dan infrastruktur di perkotaan tentu saja beda kebutuhannya.

Menekan Angka Impor

Kebiasaan ketergantungan pada impor yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, juga sangat berpengaruh pada ancaman ekonomi setiap negara. Untuk mengatasi ancaman ekonomi semacam ini, solusi yang bisa dilakukan seperti membuat kebijakan yang ketat terkait kegiatan impor dan diimbangi dengan peningkatan produksi dalam negeri hingga meningkatkan kegiatan ekspor. Selain itu, untuk mendukung serangkaian kebijakan tersebut, menjalin hubungan yang baik dengan negara lain juga sangat penting.

Menghindari Kebiasaan Ketergantungan Utang Luar Negeri

Sampai saat ini, Indonesia masih menjadi salah satu negara yang mempunyai utang luar negeri dengan nominal fantastis. Yang mana kondisi semacam ini jika terus saja dibiarkan, akan berdampak langsung pada permasalah ekonomi dalam negeri.

Untuk mengatasi masalah utang luar negeri, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti membuka penggalangan dana dari seluruh masyarakat Indonesia, melakukan berbagai penerapan efisiensi di semua bidang, meningkatkan pemungutan pajak hingga menjalin kerjasama dengan banyak pihak dengan tujuan mendapatkan donatur.

Memberikan Penanganan Serius Terhadap Semua Masalah Korupsi

Masalah korupsi menjadi masalah krusial yang tak hanya dialami oleh Indonesia saja. Di dalam negeri sendiri, kasus korupsi sudah menjadi budaya yang sulit untuk diatasi karena sudah menggerogoti seluruh aspek. Padahal, dengan tingginya kasus korupsi, bisa menciptakan ancaman serius pada kondisi ekonomi suatu negara.

Agar masalah korupsi bisa ditangani, pendidikan moral wajib dibangun sedini mungkin. Kemudian diperlukan pembekalan pendidikan religi hingga menjaga keberadaan aktivis secara berkelanjutan.

Meminimalisir Terjadinya Kesenjangan Ekonomi

Salah satunya yang sudah sempat dibahas pada poin sebelumnya di atas, agar tak terjadi kesenjangan ekonomi dengan memastikan pemerataan pembangunan. Selain itu juga ada beberapa cara lain untuk melakukannya, antara lain seperti memperhatikan kualitas pendidikan, membuka lebih banyak lapangan kerja atau bisa juga membuka koperasi.

Baca juga: Apa itu Ekonomi Kreatif?

Mendukung Penuh Perkembangan UMKM

Dalam hal ini, pemerintah mempunyai peran yang sangat besar untuk membantu mengembangkan UMKM. Dengan berbagai kebijakan dan bantuan langsung yang pro pada pelaku UMKM, tentu bisa mendongkrak perputaran roda ekonomi mulai dari bawah sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan bersama. Di Indonesia sendiri, tanpa dukungan dari pelaku UMKM, ancaman di bidang ekonomi pun akan menjadi semakin besar.

Cara dan sederet solusi di atas diharapkan bisa dilakukan dan juga diterapkan dalam kurun waktu tertentu secara bertahap, pelan–pelan, tapi pasti untuk menghindari segala ancaman di bidang ekonomi pada setiap negara. Mengingat bahwa pembangunan ekonomi, merupakan salah tujuan terciptanya dari suatu bangsa yang sejahtera.

Kesimpulan

Ancaman dari bidang ekonomi pasti dirasakan oleh setiap negara. Dengan menerapkan kebijakan yang baik mulai dari pemerataan pembangunan, peningkatan kualitas pendidikan, menekan angka korupsi, mengurangi kebiasaan impor dan utang luar negeri, maka kondisi ekonomi suatu negara bisa menjadi lebih stabil.

Sebagai indvidu, kamu juga harus memiliki solusi untuk terhindar dari ancaman ekonomi yakni dengan berinvestasi. Tujuan investasi adalah melindungi aset dari inflasi dan mendapatkan pendapatan dari aset yang dimiliki. Kamu bisa diversifikasi aset yang kamu miliki dengan investasi kripto di Pintu. Kamu bisa membeli berbagai macam koin kripto unggulan seperti Bitcoin, Ethereum, BNB, Polygon, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan pasif melalui fitur Pintu Earn dan PTU Staking. Pintu juga merupakan aplikasi investasi terbaik buat pemula sekalipun, berkat tampilan antar muka yang sederhana.

Mau investasi crypto secara mudah mulai dari Rp 11.000 saja? Download aplikasi crypto Pintu dan mulai investasi crypto sekarang!

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->