Perbedaan Giro dan Tabungan

Updated
September 7, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Perbedaan Giro dan Tabungan
Reading Time: 4 minutes

Menyimpan uang di bank saat ini merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat luas dalam mengamankan dana.

Bank pun memiliki beberapa fasilitas yang bertujuan untuk memberikan kelancaran dan kemudahan nasabah dalam bertransaksi keuangan.

Tabungan adalah salah satu layanan perbankkan yang banyak digunakan. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada layanan perbankan lainnya yang juga berfungsi untuk menyimpan uang?

Giro merupakan salah satunya. Giro merupakan salah satu layanan perbankan yang bertujuan untuk menyimpan dana masyarakat.

Meskipun sama-sama bertujuan untuk menyimpan dana, ternyata tabungan dan giro ini memiliki beberapa perbedaan.

Lalu apa saja perbedaan tabungan dan giro? Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Pengertian Tabungan dan Giro

Banyak orang awam menilai bahwa tabungan dan giro ini adalah produk yang sama, padahal tabungan dan giro memiliki beberapa perbedaan.

Agar kamu dapat memilih produk perbankan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, ada perlunya untuk mengetahui apa saja perbedaan antara tabungan dan giro.

Berikut adalah penjelasan pengertian tentang apa itu tabungan, apa itu giro dan apa saja perbedaan mendasar antara kedua produk perbankan ini.

Apa Itu Giro?

Giro adalah jenis layanan rekening simpanan yang diberikan oleh bank kepada individu atau lembaga yang berniat untuk melakukan transaksi keuangan dalam jumlah yang lebih banyak.

Giro merupakan salah satu produk simpanan dari perbankan yang dapat diakses oleh perseorangan maupun badan usaha berupa dana rupiah ataupun mata uang asing. Penarikan pada giro disebut juga dengan current account.

Rekening giro merupakan rekening simpanan yang memungkinkan penyetoran dan penarikan yang diadakan oleh lembaga keuangan. Jenis rekening ini sangat likuid dan dapat diakses menggunakan cek dan bilyet giro di jam bank beroperasi.

Rekening giro berbeda dari jenis rekening lainnya karena memungkinkan banyak penarikan dan setoran tidak terbatas, sedangkan rekening tabungan terkadang membatasi keduanya.

Baca juga: Mengenal 5 Prinsip Dasar Investasi

Apa itu Tabungan?

apa itu tabungan

Rekening tabungan adalah jenis rekening yang memungkinkan kamu menyetor uang, dan menarik uang yang sama kapanpun diperlukan, serta mendapatkan bunga dari jumlah yang disetorkan.

Rekening tabungan adalah rekening yang menghasilkan bunga yang disimpan di bank. Bank membayar pemegang rekening dengan suku bunga tetap atas jumlah yang disetorkan.

Jumlah transaksi yang diperbolehkan di rekening tabungan harian/bulanan ini biasanya terbatas.

Rekening tabungan memiliki beberapa batasan seberapa sering nasabah dapat menarik dana, tetapi umumnya tabungan menawarkan fleksibilitas yang sempurna untuk membangun dana darurat atau menabung. Uang yang disimpan dalam rekening ini biasanya menghasilkan bunga, yang tingkat bunganya ditentukan oleh jenis rekening tabungan.

Perbedaan Antara Giro dan Tabungan

Tabungan dan giro sama-sama berfungsi untuk menyimpan uang di bank, namun meski  memiliki beberapa fungsi yang sama keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.

Inilah beberapa poin perbedaan antara giro dan tabungan:

Sasaran Pengguna Produk

Salah satu tabungan dan giro adalah pada sasaran pengguna produk. Giro diperuntukkan pada suatu lembaga perusahaan atau perorangan dengan transaksi dalam jumlah yang besar atau nilai yang tinggi.

Sedangkan tabungan diperuntukkan pada orang maupun perusahaan yang tidak begitu memiliki transaksi tinggi dalam keuangan setiap harinya.

Umumnya nilai transaksi minimum yang dilakukan pada rekening giro lebih tinggi jika dibandingkan dengan rekening tabungan di mana kamu bisa melakukan transfer dalam jumlah kecil.

Transaksi giro juga dapat dilakukan dengan berbagai mata uang asing sebagai pilihan.

Cara Pembuatan Rekening

Pada nasabah pemilik rekening giro, mereka wajib mendatangi kantor cabang bank secara langsung, sedangkan pemilik rekening tabungan saat ini selain juga dapat mengunjungi kantor cabang terdekat, juga dapat membuka tabungan secara online dengan menggunakan M-Banking atau dilakukan secara online.

Cara Penarikan Dana

Penarikan dana pada pemilik rekening tabungan dapat dilakukan dengan melakukan penarikan di mesin-mesin ATM terdekat, atau juga dapat melakukan penarikan langsung di bank terdekat dengan bantuan teller.

Sedangkan pada pemilik rekening giro, alat pembayaran dilakukan dengan layanan cek dan bilyet giro.

Cek yaitu alat transaksi pembayaran berupa surat berharga yang diterbitkan oleh bank sebagai pengganti uang tunai dan bisa dicairkan secara tunai.

Sedangkan bilyet giro yaitu surat berharga yang diterbitkan bank sebagai pengganti uang tunai namun tidak bisa dicairkan secara langsung melainkan dengan pemindahbukuan ke rekening yang bersangkutan dengan tanggal dan waktu yang tercantum pada bilyet giro.

Besaran Transaksi

Besaran transaksi pemilik rekening tabungan pada umumnya terdapat batasan jumlah transaksi yang dapat dilakukan per hari, baik itu berupa transfer maupun penarikan dana tunai.

Jika ingin melakukan transaksi yang lebih besar, nasabah harus pergi ke teller bank terlebih dahulu.

Sedangkan pemilik rekening giro, transaksi dalam jumlah besar tidak perlu memikirkan batasan atau limit transaksi karena nasabah giro dapat melakukan transaksi dalam jumlah yang besar setiap harinya hingga Rp500 juta.

Besaran transaksi ini umumnya yang menjadi pertimbangan untuk menentukan jenis rekening simpanan apa yang akan digunakan.

Baca juga: Pengertian Manajemen Investasi, Tujuan dan Contohnya

Laporan pada Nasabah

Pada nasabah rekening giro, laporan diterima dalam bentuk rekening koran yang berisi laporan dana yang masuk dan keluar. Laporan ini setiap bulannya akan dikirimkan oleh pihak bank pada alamat nasabah yang bersangkutan.

Sedangkan pada pemilik rekening tabungan, laporan transaksi keuangan dapat dilihat pada masing-masing buku rekening tabungan atau dapat mencetak sendiri  transaksi-transaksi yang dilakukan secara online jika memiliki fitur internet atau mobile banking.

Tanggal Terbit dan Efektifnya

Transaksi pada rekening tabungan dapat dilakukan kapan saja karena lebih fleksibel, sedangkan transaksi pada tabungan giro hanya dapat dilakukan pada aturan tanggal terbit dan tanggal efektif supaya dapat digunakan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas kini kita telah mengetahui perbedaan antara tabungan dan giro. Pada dasarnya tabungan dan giro sama-sama merupakan media penyimpanan dana atau uang di bank. Namun kedua produk ini memiliki sejumlah perbedaan. Perbedaan-perbedaan  mendasar kedua produk ini diantaranya  terletak pada Sasaran Pengguna Produk, Cara Pembuatan Rekening, Cara Penarikan Dana, Besaran Transaksi, Laporan pada Nasabah, serta Tanggal Terbit dan Efektifnya.

Dengan mengetahui perbedaan di atas, kamu dapat memilih produk penyimpanan dana perbankan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga akan memberikan keefektifan dan kemudahan bagi kamu dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

Yuk investasi Kripto di Pintu dan dapatkan pasif income dengan fitur Pintu Earn dan PTU Stake. Kamu bisa memperdagangkan berbagai cryptocurrency andalan hanya dengan Rp11.000 saja. Segera install aplikasi Pintu di Hapemu!

Referensi:

Paytm, 6 Differences Between Savings Account and Current Account, diakses tanggal 10 Agustus 2022

Ubagroup, Savings Account Vs Current Account: Which is Right for You?, diakses tanggal 10 Agustus 2022

Investopedia, Current vs. Capital Accounts: What’s the Difference?, diakses tanggal 10 Agustus 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->