Apa itu Ekonomi Kreatif? Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya

Updated
November 23, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Ekonomi Kreatif? Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya
Reading Time: 3 minutes

Ekonomi kreatif adalah salah satu konsep dalam dunia perekonomian yang mampu membawa perubahan. Melalui ekonomi kreatif, suatu industri mampu memenuhi berbagai tuntutan pasar di tengah persaingan yang ketat. Lalu, apa itu ekonomi kreatif, contohnya, dan manfaatnya bagi ekonomi nasional? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa itu Pelaku Ekonomi?

Apa Itu Ekonomi Kreatif?

apa itu ekonomi kreatif

Pengertian ekonomi kreatif adalah suatu konsep di bidang perekonomian era baru yang mengutamakan kreativitas. Konsep ekonomi kreatif mengutamakan SDM yang memiliki pengetahuan serta ide kreatif yang tidak biasa untuk digunakan sebagai kunci utama kegiatan produksi dan memajukan perekonomian.

Tujuan Ekonomi Kreatif

Sebagaimana konsep lainnya, ekonomi kreatif juga memiliki tujuan. Beberapa tujuan ekonomi kreatif adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan kontribusi produk, terutama terhadap domestik bruto.
  • Membantu peningkatan nilai ekspor.
  • Menambah lapangan kerja baru karena kebutuhan tenaga kerja meningkat.
  • Jumlah perusahaan kompetitif bertambah, terutama dalam bidang ekonomi kreatif.
  • Memperkuat branding produk lokal di dalam negeri.

Fungsi Ekonomi Kreatif

Berdasarkan definisi dan tujuannya, ekonomi kreatif mampu memunculkan berbagai inovasi baru demi memenuhi kebutuhan pasar. Beberapa fungsi ekonomi kreatif adalah sebagai berikut.

  • Memberi kontribusi ekonomi secara signifikan.
  • Mewujudkan iklim bisnis yang nyaris sempurna.
  • Membangun identitas dan citra bangsa.
  • Membantu mengembangkan berbagai sumber daya terbaru.
  • Memicu hadirnya kreativitas dan inovasi sehingga tercipta keunggulan kompetitif suatu bangsa.
  • Memberi dampak sosial yang positif untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pengertian Prinsip Ekonomi dan Tujuannya

Jenis-Jenis Ekonomi Kreatif

jenis-jenis ekonomi kreatif

John Howkin (2021) dalam bukunya yang berjudul “The Creative Economy: How People Make Money From Ideas” membagi ekonomi kreatif ke dalam 10  bidang ini.

Arsitektur

Bisa dikatakan, peran bidang arsitektur sangatlah penting di Indonesia. Dengan keunikan budaya tiap daerah, Indonesia menjadi salah satu negara dengan arsitektur lokal paling beragam.

Barang Seni

Barang seni seperti lukisan, alat musik, kerajinan hingga seni rupa memiliki nilai estetika yang sangat tinggi dan menggambarkan karakter dan keunikan dari masing-masing pembuatnya. Di Indonesia, tiap daerah memiliki produk khas-nya sendiri-sendiri yang menggambarkan nilai dan budaya tiap daerah.

Desain Produk

Pertumbuhan perusahaan baru di Indonesia, terlebih startup-startup yang bergerak di bidang teknologi dan finansial menyebabkan desain produk menjadi salah satu bidang ekonomi kreatif yang paling penting.

Fesyen

Tak bisa dipungkiri jika tren fesyen masa kini berubah sangat cepat. Hanya dalam hitungan minggu maupun bulan, bisa muncul tren fesyen terbaru yang menggantikan tren sebelumnya. Pertumbuhan fesyen yang sangat cepat membuat industri ini tidak pernah jenuh terlepas dari brandbrand fesyen baru yang selalu muncul tiap harinya.

Film, Fotografi, dan Video

Jenis ekonomi kreatif seperti animasi, film, dan video memiliki potensi tak terbatas untuk ikut memajukan perekonomian nasional. Meskipun demikian, masih ada banyak tantangan di masa yang akan datang, mulai dari jumlah SDM yang terbatas hingga persaingan dengan produk-produk luar.

Kerajinan Kriya

Berdasarkan definisinya, kerajinan kriya meliputi berbagai bentuk kerajinan berbahan dasar logam, kayu, keramik, kaca, kulit, hingga tekstil. Seiring dengan SDA yang melimpah dan kreativitas dari pengrajin lokal, bidang ekonomi kreatif ini juga cukup berkembang di Indonesia.

Layanan Komputer, IT, dan Sejenisnya

Peningkatan penetrasi gadget dan teknologi ke berbagai golongan masyarakat menjadikan hal ini bukan hanya menjadi kebutuhan semata namun juga pemuas keinginan. Tiap perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang lebih mutakhir guna memuaskan konsumen.

Musik

Jenis ekonomi kreatif satu ini memiliki potensi sangat besar, namun sayangnya masalah pembajakan masih cukup marak terjadi sehingga menghambat perkembangan dan kemajuan industri musik Indonesia.

Tindak pembajakan sendiri menjadi penyebab menurunnya kualitas sekaligus kuantitas produksi. Selain itu, pembajakan juga menyebabkan menurunnya tingkat apresiasi masyarakat yang berimbas pada minat investasi secara keseluruhan pada bidang tersebut.

Percetakan dan Penerbitan

Industri penerbitan juga sangat berperan aktif dalam pembangunan kekuatan intelektual negeri ini. Kemunculan penulis, sastrawan hingga cendekiawan sangat berperan besar dalam perkembangan industri ini.

Meski di zaman sekarang profesi penulis kerap dianggap tidak terlalu menjanjikan, masih banyak penulis muda yang cukup antusias untuk melebarkan sayapnya. Terbukti dari banyaknya karya yang silih berganti menghiasi distributor percetakan dan penerbitan Indonesia.

Periklanan

Hingga kini, iklan masih menjadi salah satu medium yang paling efisien untuk mempromosikan berbagai produk maupun jasa. Dengan meningkatnya jumlah iklan yang dikonsumsi tiap masyarakat tiap harinya, perusahaan dan agensi harus memutar otak dan melahirkan kreativitas yang beda dari yang lain.

Nah, itu dia penjelasan tentang apa itu ekonomi kreatif, mulai dari pengertian, jenis-jenis hingga contohnya. Ekonomi kreatif adalah salah satu penentu kemajuan ekonomi suatu negara dan diharapkan bisa semakin berkembang untuk mendukung perekonomian Indonesia.

Pintu, Aplikasi Jual Beli Bitcoin dan Berbagai Aset Crypto Lainnya

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Di Pintu, jual beli crypto bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

British Council. What is the creative economy?. Diakses tanggal: 10-11-2021

The Policy Circle. The Creative Economy. Diakses tanggal: 10-11-2021

Wikipedia. Creative Industries. Diakses tanggal: 10-11-2021

Wikipedia. Creative Economy (Economic System). Diakses tanggal: 10-11-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+