Apa itu Pelaku Ekonomi? Pengertian, Contoh, dan Interaksinya

Updated
September 17, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Pelaku Ekonomi? Pengertian, Contoh, dan Interaksinya
Reading Time: 4 minutes

Aktivitas ekonomi adalah salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Pelaku ekonomi adalah tokoh utama dalam seluruh aktivitas ekonomi yang terjadi. Simak pengertian pelaku ekonomi, contoh-contohnya hingga apa saja interaksi yang terjadi di antara pelaku ekonomi melalui artikel berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Pelaku Ekonomi?

empat pelaku ekonomi terdiri atas

Pada dasarnya, pengertian pelaku ekonomi adalah semua pihak yang terlibat di dalam aktivitas ekonomi atau melakukan kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap pihak biasanya berbeda-beda. Secara umum, peran dari pelaku ekonomi dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu produsen, distributor, atau konsumen.

Siapa Saja Pelaku Ekonomi dan Perannya?

Pada umumnya, pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas rumah tangga keluarga, rumah tangga produsen, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Berikut adalah penjelasan dan peran dari empat pelaku ekonomi tersebut. 

Rumah Tangga Keluarga

Merupakan unit ekonomi terkecil, yang biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Memiliki dua peran penting dalam kegiatan ekonomi yaitu sebagai konsumen dan penyedia jasa faktor produksi.

Bisa disebut sebagai konsumen karena rumah tangga keluarga membeli barang atau menggunakan jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

Bisa disebut penyedia jasa faktor produksi karena rumah tangga keluarga bisa menyediakan tenaga kerja, tanah, hingga modal. Dari peran inilah rumah tangga keluarga bisa mendapatkan penghasilan untuk membeli barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhannya.

Rumah Tangga Produsen

Memiliki sebutan lain yaitu perusahaan. Diartikan sebagai kesatuan dari faktor-faktor produksi yang bertujuan untuk memperoleh laba dengan cara memberikan peran sebagai penyedia layanan bagi masyarakat. Terbagi menjadi 2 yaitu perusahaan milik negara dan perusahaan milik swasta. Contoh perusahaan negara di antaranya adalah PT PLN dan PT Telkom. Sementara contoh perusahaan swasta adalah PT Pintu Kemana Saja. 

Pemerintah

Berdasarkan UUD 1945 pasal 33 ayat 2 dan 3, pemerintah harus bertindak selaku pelaku ekonomi. Pemerintah memiliki banyak kewenangan atas aset negara, seperti menguasai tambang minyak bumi yang pengelolaannya diserahkan kepada Pertamina. Pemerintah juga mendirikan berbagai BUMN.

Peran penting pemerintah sebagai pelaku ekonomi lainnya yaitu dengan membangun sarana prasarana umum untuk mobilitas ekonomi yang lebih baik. Pemerintah juga berusaha untuk menjaga kestabilan harga-harga yang beredar di pasaran.

Masyarakat Luar Negeri

Masyarakat luar negeri juga harus diperhitungkan sebagai pelaku ekonomi. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa kondisi di mana negara Indonesia memerlukan warga luar untuk membantu perekonomian Indonesia.

Misalnya, negara perlu mengimpor barang-barang yang memang belum tersedia di Indonesia. Selain itu, negara juga sering kali mengekspor produk untuk dipasarkan ke luar negeri demi mencapai keuntungan yang lebih tinggi.

Baca juga: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasi Fluktuasi Ekonomi

Bagaimana Diagram Interaksi antar Pelaku Ekonomi?

pelaku ekonomi dan perannya

Setelah informasi lengkap mengenai pengertian pelaku ekonomi hingga informasi pelaku ekonomi terdiri atas pihak apa saja, kini saatnya melihat bagaimana interaksi antar pelaku ekonomi melalui diagram berikut ini. 

Sebagai catatan, 

RTK: Rumah Tangga Keluarga

RTP: Rumah Tangga Produsen

RTN: Rumah Tangga Negara (Pemerintah)

LN: Masyarakat Luar Negeri

Kegiatan Ekonomi Dua Sektor

diagram Kegiatan Ekonomi Dua Sekto
(sumber: Buku Pelaku Kegiatan Ekonomi)

Diagram di atas memperlihatkan interaksi antara rumah tangga keluarga dan rumah tangga produsen. Rumah tangga keluarga menyediakan faktor produksi, sedangkan rumah tangga produsen memakai faktor produksi tersebut.

Setelahnya, RTK mendapatkan penghasilan dari RTP berupa upah. RTP yang sudah menyelesaikan proses produksinya akan menghasilkan produk yang akan dijual melalui pasar output dan mendapat laba dari hasil penjualannya tersebut kepada RTK.

Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor

 

diagram Kegiatan Ekonomi Tiga Sekto
(sumber: Buku Pelaku Kegiatan Ekonomi)

Diagram ini sebenarnya merupakan lanjutan dari diagram pertama tadi. RTK dan RTP yang telah mendapatkan penghasilan dan upah diharuskan membayar pajak ke RTN. RTN kemudian akan memberikan subsidi kepada keduanya. Selanjutnya RTK menabung ke lembaga keuangan dan berinvestasi ke RTP.

Kegiatan Ekonomi Empat Sektor

diagram Kegiatan Ekonomi empat Sekto
(sumber: Buku Pelaku Kegiatan Ekonomi)

Merupakan lanjutan dari diagram-diagram sebelumnya. Setelah RTK menabung ke lembaga keuangan dan berinvestasi ke RTP. Selanjutnya, LN akan melakukan impor dan ekspor barang atau jasa ke negaranya melalui pasar output dan input. 

Itulah pembahasan mengenai pengertian pelaku ekonomi hingga diagram interaksinya. Investasi merupakan kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pelaku ekonomi rumah tangga keluarga. 

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi, crypto bisa jadi salah satu aset yang cukup menarik, nih! Per Mei 2021 lalu, jumlah investor aset crypto pun telah mencapai hingga 6,5 juta orang, lebih tinggi jumlahnya dibandingkan investor pasar modal. 

Bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan market cap terbesar pun telah mengalami peningkatan nilai hingga 315% per 13 September lalu dibandingkan tahun sebelumnya. 

Buat kamu yang tertarik investasi di bidang crypto, download aplikasi Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi: 

Alam S, Ekonomi untuk SMA dan MA kelas X. Diakses tanggal: 10-09-2021.

Dyana Sandra, CCM Cara Cepat Menguasai Ekonomi SMA/MA. Diakses tanggal: 10-09-2021.

Rahayu TP, Pelaku Kegiatan Ekonomi. Diakses tanggal: 10-09-

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+