Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Apa itu BTC Dominance: Pengertian, Cara Menghitung, dan Sejarahnya

Apa itu BTC Dominance: Pengertian, Cara Menghitung, dan Sejarahnya

August 16, 2021
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu BTC Dominance: Pengertian, Cara Menghitung, dan Sejarahnya
Reading Time: 2 minutes

Salah satu metrik yang sering diperhatikan oleh para trader crypto berpengalaman adalah BTC Dominance. Apa itu BTC Dominance dan bagaimana hubungannya dengan performa Altcoin? Bagaimana cara menggunakan metrik ini untuk melakukan trading? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu BTC Dominance?

Pada dasarnya, BTC Dominance adalah ukuran yang menggambarkan rasio antara kapitalisasi pasar bitcoin dan kapitalisasi pasar aset crypto secara keseluruhan. Sebagai aset crypto pertama, selama bertahun-tahun bitcoin mempertahankan dominasinya dalam kapitalisasi pasar atau market cap aset crypto. Namun, dominasi Bitcoin semakin lama semakin turun menyusul ditemukannya koin-koin baru, terutama dengan meningkatnya popularitas Ethereum dan standar token ERC-20.

Baca juga: Daftar 5 Kursus Bitcoin dan Cryptocurrency di Indonesia, Minat?

Bagaimana Cara Menghitung BTC Dominance?

Cara menghitung BTC Dominance pun sangat mudah, yang mana kamu hanya perlu membagi nilai total kapitalisasi pasar Bitcoin dengan total kapitalisasi pasar dari seluruh aset crypto.

Sebagai contohnya, jika total kapitalisasi pasar dari seluruh aset crypto adalah $100 miliar dan total kapitalisasi pasar Bitcoin adalah $60 miliar, maka nilai dari BTC Dominance adalah sebesar 60%.

Sejarah BTC Dominance Hingga Saat Ini

grafik BTC Dominance Index 2021
(sumber: coinmarketcap.com)

Bagaimana dominansi Bitcoin di pasar crypto selama ini? Dikutip dari coinmarketcap, Bitcoin belum memiliki banyak penantang di tahun 2013. Ketika itu, BTC Dominance mencapai hingga 94%.

BTC Dominance mulai mengalami perubahan yang cukup signifikan di tahun 2017, ketika musim altcoin pertama dimulai. Di bulan Februari pada tahun tersebut, nilai BTC Dominance merosot hingga 85,4% (yang mana 5,7% total kapitalisasi pasar aset crypto diisi oleh ETH)

Setelahnya dalam waktu 4 bulan saja, BTC Dominance merosot tajam hingga ke angka 40%, dengan likuiditas bergerak ke arah token ERC-20.

Ketika itu, beberapa pegiat Ethereum mulai banyak membicarakan tentang “Flippening”, yaitu dugaan bahwa suatu saat nanti nilai kapitalisasi pasar Ethereum akan mengungguli Bitcoin. Hal yang belum terjadi hingga saat ini.

Per 16 Agustus 2021, Bitcoin masih menjadi aset crypto dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar yaitu 43,84%, diikuti oleh Ethereum (19,22%) dan Binance Coin (3,46%).

Hubungan BTC Dominance Terhadap Altcoin

BTC Dominance atau Bitcoin Dominance adalah salah satu metrik yang dapat digunakan untuk menilai performa altcoin terhadap Bitcoin.

  1. Apabila nilai BTC Dominance meningkat, maka nilai aset altcoin secara keseluruhan mengalami penurunan (downtrend) terhadap Bitcoin.
  2. Apabila nilai BTC Dominance menurun, maka nilai aset altcoin secara keseluruhan mengalami peningkatan (uptrend) terhadap Bitcoin.

Nah, sekarang apakah kamu telah memahami apa itu BTC Dominance, cara menghitungnya hingga hubungannya terhadap performa altcoin?

Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli Bitcoin maupun aset crypto lainnya, download aplikasi Pintu sekarang! Cek juga harga Bitcoin terkini secara real-time dan belajar *crypto* secara gratis lewat Pintu Akademi.

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Binance, Bitcoin Dominance. Diakses tanggal: 16-08-21.

Coinmarketcap, What is Bitcoin Dominance? Diakses tanggal: 16-08-21.

Cryptocurrencyfacts, What is Bitcoin Dominance? Diakses tanggal: 16-08-21.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.