Apa itu Devisa? Sumber & Strategi Pengelolaannya

Updated
June 26, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Devisa? Sumber & Strategi Pengelolaannya
Reading Time: 3 minutes

Devisa adalah aset mata uang asing yang dipegang oleh bank sentral suatu negara. Beberapa contoh aset yang termasuk sebagai cadangan devisa adalah mata uang asing, deposito, obligasi, dan sekuritas pemerintah lainnya.

Tujuan utama sebuah negara menyimpan cadangan devisa adalah untuk melakukan pembayaran internasional dan melakukan lindung nilai terhadap risiko nilai tukar.

Penjelasan selengkapnya mengenai apa itu devisa dan strategi dalam mengelola devisa adalah sebagai berikut:

Apa Itu Devisa

Cadangan devisa adalah mata uang asing dan aset lain yang disimpan oleh bank sentral untuk keperluan transaksi antar negara. Devisa adalah alat yang digunakan untuk membayar hutang atau kewajiban moneter internasional seperti perdagangan yang dapat mempengaruhi kebijakan moneter. 

Beberapa aset yang masuk dalam kategori cadangan devisa adalah mata uang asing (dolar Amerika Serikat, euro, yen Jepang, atau poundsterling Inggris), emas, Surat berharga negara (seperti obligasi) serta deposito di bank-bank asing.

Selain aset diatas ada juga SDR atau Special Drawing Rights (hak penarikan khusus) yaitu instrumen keuangan internasional yang dikeluarkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan dapat digunakan sebagai cadangan devisa.

Sumber devisa negara biasa didapat melalui investasi asing, pariwisata, pinjaman luar negeri, penjualan aset negara, hingga remitansi atau gaji yang di transfer dari luar negeri oleh orang-orang yang bekerja di luar negeri. Namun umumnya sumber utama penambahan devisa negara berasal dari perdagangan luar negeri.

Negara dengan cadangan devisa adalah China dengan nilai lebih dari $3 triliun asetnya dalam mata uang asing, sebagian besar bentuk cadangan devisa adalah dolar AS. Disusul oleh Arab Saudi dan Rusia.

Baca juga: Apa itu Future Market dan Contohnya?

Peran Devisa Pada Perekonomian

Devisa adalah mata uang asing yang digunakan negara selain mata uang domestiknya. Meskipun menyimpan devisa adalah hal yang dapat memberikan manfaat besar bagi negara, namun devisa juga dapat menyebabkan risiko jika tidak dikelola dengan baik. Berikut adalah beberapa fungsi dan risiko devisa bagi suatu negara:

Fungsi Devisa

  • Devisa adalah alat pembayaran utang luar negeri yang dapat memberikan rasa aman kepada kreditor.
  • Cadangan devisa adalah alat yang dapat membantu menghindari fluktuasi nilai tukar yang besar dan menjaga nilai mata uang domestik tetap stabil.
  • Keuntungan lain memiliki cadangan devisa adalah meningkatkan investasi asing langsung di negaranya.
  • Fungsi lain cadangan devisa adalah alat untuk mengatasi krisis keuangan atau ekonomi yang tak terduga.

Risiko Devisa

  • Meskipun memberikan manfaat besar, devisa juga dapat menyebabkan ekonomi suatu negara terganggu saat terjadi fluktuasi nilai tukar mata uang. Hal ini dapat berdampak pada perubahan nilai cadangan devisa suatu negara. 
  • Investasi asing yang dilakukan oleh suatu negara dengan menggunakan cadangan devisa juga dapat mengalami kerugian apabila terjadi perubahan nilai tukar atau krisis ekonomi.
  • Jumlah cadangan devisa yang terlalu besar dapat menyebabkan inflasi, hal ini dikarenakan jumlah uang beredar yang tinggi.

Strategi Meningkatkan Devisa

strategi meningkatkan devisa

Negara dapat meningkatkan devisa dan memperkuat posisinya dalam perekonomian global. Namun, untuk mencapai hal ini, negara harus memiliki kebijakan ekonomi yang stabil dan lingkungan investasi yang menarik bagi investor. Strategi yang dapat dilakukan oleh suatu negara untuk meningkatkan devisa adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Ekspor

Salah satu cara untuk meningkatkan devisa adalah dengan meningkatkan ekspor barang dan jasa. Negara dapat mendorong produsen dalam negeri untuk memproduksi barang dan jasa yang dapat diekspor, membangun jaringan perdagangan internasional yang lebih kuat, serta melakukan negosiasi perdagangan bebas dengan negara-negara lain.

Meningkatkan Pariwisata

Pariwisata juga bisa menjadi sumber pendapatan devisa yang signifikan bagi negara. Negara dapat meningkatkan jumlah wisatawan dengan mempromosikan atraksi wisata dan meningkatkan layanan pariwisata. Hal ini akan membantu meningkatkan arus devisa dari sektor pariwisata.

Menarik Investasi Asing

Investasi asing langsung dapat membantu meningkatkan devisa. Negara dapat menarik investasi asing dengan memberikan insentif yang menarik bagi investor, seperti kemudahan perizinan, kestabilan kebijakan, infrastruktur yang memadai, dan tenaga kerja yang terampil.

Mendorong Industri Manufaktur

Negara dapat mempromosikan industri manufaktur dalam negeri untuk meningkatkan produksi barang yang dapat diekspor. Dengan meningkatkan produksi barang manufaktur, negara dapat meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri dan meningkatkan ekspor.

Baca juga: Jam Bursa Saham dan Forex

Kesimpulan

  • Cadangan devisa adalah aset dalam mata uang asing yang dipegang oleh bank sentral suatu negara.
  • Aset yang termasuk cadangan devisa adalah mata uang asing, obligasi, deposito asing, surat berharga negara, dan sekuritas pemerintah lainnya.
  • Sebagian besar bentuk cadangan devisa adalah dolar AS dengan Tiongkok menjadi pemegang cadangan devisa terbesar di dunia.

Selain mata uang asing, mata uang digital atau cryptocurrency juga merupakan aset yang baik untuk dimiliki. Meskipun memiliki resiko volatilitas yang besar, namun cryptocurrency potensi kenaikan nilai seiring dengan berkembangnya teknologi blockchain dan meningkatnya adopsi kripto. Contohnya negara El Salvador yang kini telah mengadopsi penggunaan Bitcoin.

Teknologi blockchain yang digunakan oleh kripto dapat memberikan tingkat privasi dan keamanan yang lebih tinggi sekaligus menjanjikan potensi keuntungan jangka panjang.

Mau investasi crypto secara mudah mulai dari Rp 11.000 saja? Download aplikasi crypto Pintu dan mulai investasi crypto sekarang!

Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.

Referensi:

Marshall Hargrave, Foreign Exchange Reserves: What They Are, Why Countries Hold Them, Diakses tanggal 8 April 2023 

Hiro Ito, The currency composition of foreign exchange reserves, Diakses tanggal 8 April

2023 indiatimes.com, foreign exchange reserves, Diakses tanggal 8 April 2023

Topik
#devisa
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->