Apa itu Perplexity AI? Google Bertenaga Chat GPT

Updated
April 15, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Perplexity AI? Google Bertenaga Chat GPT
Reading Time: 3 minutes

Perkembangan teknologi AI saat ini begitu cepat sehingga semakin banyak model atau sistem AI baru yang mengejutkan. Salah satu yang sedang menyita perhatian adalah Perplexity AI. Apa itu Perplexity AI, kelebihan, kekurangan dan cara menggunakannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Perplexity AI?

Perplexity AI adalah alat obrolan atau chat tool AI baru yang bekerja sebagai mesin pencari informasi yang bisa diandalkan. Saat pengguna memasukkan pertanyaan, alat ini akan menjelajahi internet untuk memberikan jawaban. Hebatnya lagi, alat ini mampu menampilkan sumber informasi dari mana jawaban tersebut didapatkan.

Dilansir dari laman LinkedIn resminya, Perplexity AI dideskripsikan secara sederhana sebagai mesin jawaban yang bertujuan memberikan jawaban akurat atas pertanyaan yang diberikan dengan menggunakan model bahasa. 

Situs web ini memiliki tampilan yang mirip dengan Google, dengan kolom pencarian di bagian tengah. Keunggulan yang dimiliki oleh Perplexity AI adalah kemampuannya untuk memberikan informasi secara real-time.

Baca juga: Mengenal Perusahaan Di Balik Chat GPT, Besutan Elon Musk?

Fungsi Perplexity AI

Fungsi utama Perplexity AI bagi penggunanya adalah sebagai mesin pencari yang bisa memberikan jawaban dengan akurasi tinggi dan menyuguhkan informasi secara real-time. Selain itu, alat yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengevaluasi performa sebuah model AI dalam memprediksi kata atau kalimat lanjutan dalam suatu teks.

Kelebihan dan Kekurangan Perplexity AI

Perplexity AI punya sejumlah kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa diabaikan oleh para penggunanya, yaitu:

Kelebihan Perplexity AI

  • Menyajikan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan dibandingkan mesin pencari tradisional
  • Menyajikan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna seperti rekomendasi terpersonalisasi, pengisian kueri otomatis, serta pemosresan bahasa alami (natural language processing)
  • Hasil percakapan menunjukan referensi yang digunakan oleh Perplexity AI dalam menemukan informasi tersebut. 

Kekurangan Perplexity AI

  • Penyajian informasi belum menggunakan bahasa yang mengalir dan alami seperti manusia pada umumnya. 

Bagaimana Cara Menggunakan Perplexity AI?

Perplexity AI bisa diakses secara khusus melalui laman resminya. Berikut ini langkah yang mudah dan simpel untuk menggunakan Perplexity AI.

cara menggunakan perplexity ai
  • Tuliskan pertanyaan yang ingin kamu ketahui jawabannya di kolom pencarian, lalu klik tanda panah biru.
tampilan perplexity ai
  • Tinjau kembali jawaban yang diberikan Perplexity AI dan sumbernya.
contoh penggunaan perplexity ai
  • Ajukan pertanyaan lain dengan menu “Ask a follow up”.
perplexity ai vs chat gpt

Contoh Aplikasi Perplexity AI dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan atau aplikasi mesin pencari Perplexity AI:

  • Menemukan instruksi untuk melakukan suatu pekerjaan, langkah demi langkah.
  • Mencari arti atau makna dari sebuah istilah.
  • Mencari tahu jam buka atau jam operasional sebuah tempat.
  • Mencari ramalan cuaca.

Baca juga: Mengenal GPT-2 dan Perbedaannya dengan GPT-3, Lebih Canggih Mana?

Perplexity AI vs Chat GPT

Sama-sama menggunakan AI sebagai kekuatan utama di balik kemampuan intelegensinya, maka perbandingan antara Perplexity AI dan Chat GPT tidak bisa dihindari. Meskipun mirip, kedua tools ini memiliki beberapa perbedaan. 

Chat GPT merupakan model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini menggunakan deep learning untuk menghasilkan teks seperti yang dilakukan manusia. Ini adalah sebuah model machine learning yang kompleks dan mampu melakukan tugas NLG (Natural Language Generation) dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Sedangkan, Perplexity AI adalah sebuah mesin yang memungkinkan kamu untuk mengajukan berbagai pertanyaan untuk memenuhi rasa ingin tahumu. Alat ini merupakan metrik yang digunakan untuk mengevaluasi model bahasa.

Dari definisi singkat tersebut, terlihat bahwa kedua tools ini cukup berbeda. Dalam hal ini, perbedaan Perplexity AI dan Chat GPT adalah Chat GPT merupakan model bahasa, sementara Perplexity AI merupakan gabungan dari Chat GPT dan mesin pencari Google. Dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, Perplexity melakukan penjelajahan internet dan mengambil jawaban dari sumber-sumber tertentu.

Itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu Perplexity AI, kelebihan hingga manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kamu bisa menemukan informasi lain seputar AI dan teknologi di Pintu Blog. Sementara itu, kamu bisa belajar crypto, aset yang tengah menarik minat masyarakat dan investor terkenal di berbagai belahan dunia, di Pintu Academy. Siap memulai investasi crypto pertama kamu? Download aplikasi crypto Pintu sekarang!

Referensi: 

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->