Apa itu Future Market dan Contohnya?

Updated
June 26, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Future Market dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Pernah dengar istilah future market? Kalau belum, tenang saja. Kali ini, tim Pintu Blog akan membahas tuntas tentang apa itu future market, pengertian future market, dan bagaimana perbedaannya dengan spot market. Selain itu, akan dibahas juga tentang perbedaan antara future dan option. Mari simak bersama di sini!

Apa Itu Future Market?

Future market adalah pasar lelang di mana para peserta membeli dan menjual kontrak komoditas dan futures untuk pengiriman pada tanggal tertentu di masa depan. Kontrak futures adalah kontrak derivatif yang diperdagangkan di bursa yang mengunci pengiriman komoditas atau sekuritas di masa depan dengan harga yang ditetapkan hari ini. Contoh pasar futures adalah New York Mercantile Exchange (NYMEX), Chicago Mercantile Exchange (CME), dan Chicago Board of Trade (CBoT).

Future market adalah tempat di mana produk keuangan ini dibeli dan dijual untuk pengiriman pada tanggal yang telah disepakati di masa depan dengan harga yang ditetapkan pada saat transaksi.

Baca juga: Apa Perbedaan Trading Forex dan Crypto?

Perbedaan Spot Market dan Future Market

perbedaan spot market dan future market

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu future market, mari kita lihat bagaimana perbedaannya dengan spot market. Spot market adalah pasar keuangan di mana aset diperdagangkan secara langsung. Ini memiliki tiga komponen: penjual, pembeli, dan buku pesanan. Begitu pesanan pembelian/penjualan terpenuhi, transaksi selesai segera. Sementara itu, future market melibatkan pembelian dan penjualan kontrak yang menetapkan harga suatu aset untuk pengiriman di masa depan.

Jadi, perbedaan utama antara spot market dan future market adalah waktu penyelesaian transaksi. Di spot market, transaksi diselesaikan segera setelah pesanan terpenuhi. Di future market, transaksi diselesaikan pada tanggal yang ditentukan di masa depan.

Perbedaan Future dan Option

Selain future market, ada juga istilah option dalam dunia trading. Lalu, apa perbedaan antara future dan option? Singkatnya, kontrak future adalah perjanjian hukum untuk membeli atau menjual sesuatu pada tanggal di masa depan dengan harga yang telah disepakati. Sementara itu, option memberikan hak (tetapi bukan kewajiban) untuk membeli atau menjual aset pada harga tertentu selama periode waktu tertentu.

Baca juga: Cara Mengidentifikasi Uptrend dan Downtrend dalam Trading

Contoh Future Market

Sebagai contoh, pertimbangkan seorang petani jagung dan sebuah perusahaan sereal. Petani jagung dapat menjual kontrak futures jagung untuk pengiriman pada bulan November dengan harga yang ditentukan sekarang. Dengan demikian, petani tersebut dapat mengunci harga penjualan jagungnya di masa depan, tidak peduli bagaimana fluktuasi harga jagung di pasar. Di sisi lain, perusahaan sereal dapat membeli kontrak futures tersebut untuk mengunci harga pembelian jagung di masa depan, membantu mereka dalam merencanakan biaya dan mengurangi risiko fluktuasi harga.

Pasar futures juga ada dalam dunia crypto. Crypto futures memungkinkan trader untuk memperdagangkan cryptocurrency dengan harga yang telah disepakati dan akan diselesaikan pada tanggal tertentu di masa depan. Ini memberikan peluang bagi trader untuk berspekulasi pada pergerakan harga crypto di masa depan, baik itu naik atau turun.

Jadi, jika kamu seorang trader atau investor crypto, memahami future market bisa sangat membantu. Dengan pengetahuan ini, kamu bisa memanfaatkan pasar futures untuk melindungi investasi cryptomu dari fluktuasi harga atau untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga di masa depan.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai ap itu futures market, contoh dan potensinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Buat kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, kamu bisa download Pintu! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa menyimpan aset Bitcoin, USDT serta aset lainnya di Pintu Earn dan mendapatkan bonus tahunan hingga 13%/tahun

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->