Arti Accounting dan Contohnya

Updated
February 23, 2022
‚ÄĘ Waktu baca 4 Menit
Gambar Arti Accounting dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Apa itu accounting? Dalam bahasa Indonesia, accounting adalah akuntansi. Bagian dari ilmu pengetahuan ini pada dasarnya mempelajari bagaimana catatan keuangan diatur dan tercatat dalam buku besar perusahaan. Untuk lebih memahami tentang arti accounting dan contohnya, simak artikel berikut ini.

Baca juga: 12 Konsep Dasar Akuntansi dalam Laporan Keuangan

Apa yang Dimaksud dengan Accounting?

arti accounting dan contohnya

Arti accounting atau akuntansi adalah proses merekam atau mencatat semua transaksi keuangan yang berhubungan dengan sebuah bisnis. Proses akuntansi termasuk merangkum, menganalisis, dan melaporkan semua transaksi keuangan kepada lembaga pengawas, pemegang kekuasaan, dan pihak yang berwenang memungut pajak.

Laporan keuangan yang digunakan dalam akuntansi berupa ringkasan singkat dari transaksi keuangan selama periode tertentu, termasuk ringkasan mengenai kegiatan perusahaan, posisi finansial perusahaan, serta arus kas. Karena itu, akuntansi merupakan salah satu kunci terpenting dalam bisnis di sektor apa pun.

Akuntansi bisa dibuat oleh pihak ketiga seperti akuntan yang berasal dari firma khusus yang terpisah dari perusahaan atau bisa juga ditangani oleh departemen khusus yang terdiri dari beberapa pegawai, yang mana biasanya lebih sering terjadi di perusahaan berskala besar.

Bentuk laporan akuntansi beragam, misalnya akuntansi manajerial dan akuntansi biaya. Laporan ini sangat penting agar perusahaan bisa membuat keputusan yang tepat.

Fungsi Accounting

Semua perusahaan menggunakan akuntansi untuk melaporkan, mengeksekusi dan memprediksi transaksi keuangan. Fungsi utama accounting adalah untuk menyimpan dan menganalisis info finansial dan transaksi keuangan. Akuntansi digunakan untuk mempersiapkan laporan keuangan bagi pemimpin perusahaan, pegawai hingga investor.

Di dalam sebuah bisnis, akuntansi memiliki banyak fungsi. Diantaranya beberapa fungsi accounting adalah:

Menghitung Biaya dan Pendapatan Bisnis

Salah satu fungsi yang paling penting dari accounting adalah untuk melacak biaya dan pengeluaran sebuah usaha dan kaitannya dengan pendapatan usaha tersebut. Fungsi tersebut tidak berbeda jauh dengan catatan keuangan pribadi.

Sebuah bisnis harus tercatat dengan baik pengeluaran maupun pemasukannya. Dari sini, bisa diketahui apakah ada pengeluaran yang terlalu besar, kurang penting, dan lain sebagainya.

Mengetahui Piutang Usaha

Sebuah bisnis pasti memiliki piutang usaha. Untuk perusahaan kecil, melacak piutang mungkin bukan masalah besar. Namun beda halnya dengan perusahaan besar. Bagaimanapun, perusahaan harus menerima pembayaran di waktu jatuh tempo agar aktivitas perusahaan tidak terganggu.

Akuntan akan melacak piutang usaha dan keuntungan bisnis. Tujuannya adalah untuk menjaga agar perusahaan bisa menjaga aliran arus kas yang lancar tanpa kendala. Seberapa besar pun skala sebuah bisnis, piutang usaha yang tercatat dalam akuntansi sangatlah diperlukan.

Mengetahui Utang Usaha

Bukan hanya piutang, utang usaha juga penting untuk dicatat. Sebuah perusahaan harus membayar utang pada waktunya. Jika tercatat dengan baik dalam akuntansi, utang bisa dibayarkan secara teratur. Jadi tidak akan terjadi terlambat bayar atau penunggakan selama kondisi finansial baik.

Akuntan akan memastikan perusahaan membayar apa yang sudah menjadi kewajiban mereka. Tak hanya itu, akuntan juga bertugas memastikan apakah utang tersebut sah atau tidak. Akuntan juga bertugas mengatur waktu pembayaran agar keuangan perusahaan tetap terjaga baik.

Membayar Gaji Karyawan

Akuntan akan menghitung gaji karyawan dari dana perusahaan. Akuntan juga akan menghitung jumlah tunjangan untuk karyawan. Untuk perusahaan yang memberikan bonus pada karyawan berdasarkan performa masing-masing, akuntan juga bisa menghitungnya. Penghitungannya ini didasari oleh bagaimana upah karyawan mempengaruhi keuangan perusahaan.

Membuat Laporan Keuangan

Akuntan saat ini menggunakan sistem digital untuk menyimpan dan memperhitungkan data. Tiap periode tertentu, sebuah perusahaan harus membuat laporan keuangan. Untuk perusahaan terbuka, biasanya harus mempersiapkan laporan tiap 4 bulan sekali dan tetap ada laporan tahunan juga. Perusahaan tertutup juga tetap harus membuat laporan agar bisa menjadi patokan mereka untuk bisa lebih berkembang lagi.

Baca juga: Apa itu Konsep Biaya dalam Akuntansi?

Contoh Accounting

contoh accounting dalam bisnis

Untuk memahami secara mendalam tentang arti accounting dan contohnya, simak beberapa contoh accounting dalam sebuah bisnis.

Catatan Besaran Modal

Merupakan catatan modal yang akan dialokasikan untuk berbagai aktivitas bisnis, fungsi catatan besar modal adalah untuk mengetahui untuk apa saja modal usaha diperuntukkan. Kedepannya, catatan ini bisa menjadi bahan evaluasi, apakah krusial untuk mengalokasikan modal ke sektor A, B, C dan sebagainya.

Pembukuan Inventaris

Inventaris atau aset perusahaan wajib tercatat dalam sebuah sistem yang rapi. Dengan begitu, tiap aset bisa ditemukan dengan mudah. Risiko kehilangan aset pun bisa diperkecil. Biasanya pembukuan inventaris juga berisi pengeluaran untuk hal yang tak terduga seperti sumbangan, dana hibah, hingga belanja perusahaan.

Catatan Kas Masuk

Jenis laporan akuntansi ini berisi semua dana yang masuk dalam sebuah bisnis. Asalnya bisa dari penjualan atau bisa juga dari piutang usaha. Catatan kas masuk biasanya dibuat dalam bentuk tabel dengan info yang lengkap dan jelas. Misalnya untuk penjualan ada nama pembeli, jumlah produk yang dibeli, tanggal, sampai nominal pembayaran.

Catatan Kas Keluar

Sama halnya dengan kas masuk, kas keluar juga harus tercatat dengan jelas jika kamu ingin mempunyai bisnis yang lancar. Catatan ini harus jelas dan jangan sampai ada yang tertinggal agar nantinya bisa membuat laporan yang akurat. Karena itu, sebaiknya pencatatan arus keluar dilakukan secara real-time.

Laporan Stok Barang

Untuk membuat laporan ini, akuntan diharuskan untuk bekerja sama dengan staf logistik agar tahu betul bagaimana pengelolaan barang di perusahaan bersangkutan. Laporan ini berisi jumlah dan transaksi barang, hingga deskripsinya, serta berapa barang yang tersisa.

Accounting adalah catatan keuangan sebuah perusahaan yang dibuat terperinci dengan banyak manfaat. Jika kamu memiliki sebuah bisnis, baik itu kecil atau besar, membuat accounting atau akuntansi sederhana akan sangatlah berguna.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa arti accounting dan contohnya. Cukup mudah dipahami, bukan?

Pintu, Aplikasi Investasi Bitcoin dan Crypto

Beberapa tahun belakangan ini, minat masyarakat terhadap investasi crypto semakin meningkat. Berdasarkan data dari Kemendag, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang. Bagi kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto secara mudah, download Pintu sekarang!

Kamu juga bisa secara mudah belajar crypto untuk pemula melalui Pintu Akademi. Selain itu, Pintu juga menyediakan fitur Earn, di mana kamu bisa melakukan investasi crypto layaknya menabung dengan bunga hingga 4% per tahun.

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Jason Fernando. What Is Accounting? Diakses tanggal: 20-02-2022.

Joe Cortez. Accounting. Diakses tanggal: 20-02-2022.

Indeed Editorial Team. What Are the Functions of Accounting? Diakses tanggal: 20-02-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->