Wow, El Salvador Mengadakan Bitcoin Airdrop Besar-Besaran

Updated
July 9, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Wow, El Salvador Mengadakan Bitcoin Airdrop Besar-Besaran
Reading Time: 3 minutes

Popularitas airdrop membuat banyak institusi dan negara mengadopsi proyek ini untuk memperkenalkan aset kripto baru. Simak artikel selengkapnya mengenai bitcoin airdrop di bawah ini!

Apa Itu Airdrop Crypto?

Bitcoin merupakan bagian dari aset kripto. Sebelum masuk ke penjelasan mengenai bitcoin airdrop, kamu harus terlebih dahulu memahami mengenai airdrop crypto.

Airdrop crypto adalah taktik pemasaran yang dilakukan dengan membagikan cryptocurrency secara gratis dengan tujuan menumbuhkan kesadaran, membangun komunitas dengan cepat dan memberikan nilai awal pada token karena penerima dapat memperdagangkan token airdrop mereka.

Berbeda dengan Initial Coin Offerings (ICO) yang digunakan untuk mengumpulkan pendanaan, tujuan utama airdrop adalah untuk meningkatkan kesadaran (awareness). Pengguna biasanya diminta untuk membagikan tentang proyek airdrop di media sosial mereka.

Baca juga : 6 Pengalaman Investasi Bitcoin Sukses, Inspiratif!

Apa Itu Bitcoin Airdrop?

Sejak popularitasnya meledak pada 2017, metode airdrop telah banyak digunakan untuk mempercepat adopsi cryptocurrency baru dan menargetkan pengguna platform blockchain tertentu.

Misalnya, startup crypto baru dapat mengirimkan koin ke pemegang dompet di jaringan seperti ethereum dan bitcoin.

Bitcoin airdrop adalah teknik pemasaran dengan membagikan bitcoin gratis ke pengguna platform atau dompet cryptocurrency tertentu.

Bitcoin Airdrop di El Salvador

cara dapat bitcoin gratis
(cripto-valuta.net)

Pada konferensi pers Jumat 2 Juli 2021 lalu, Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan akan mengadakan bitcoin airdrop.

Pemerintah berencana mengirimkan bitcoin senilai $30 secara gratis kepada setiap penduduk El Salvador yang sudah dewasa. Cara dapat bitcoin gratis ini adalah dengan mengunduh aplikasi dompet cryptocurrency yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Pembawa acara Yahoo Finance, Zack Guzman, memperkirakan pemerintah menghabiskan dana sekitar $195 juta untuk menyediakan bitcoin bagi 4,72 penduduk dewasa di El Salvador.

Proyek ini mungkin menjadi salah satu distribusi bitcoin gratis terbesar sejak airdrop bitcoin cash pada tahun 2017 silam. Analis On-Chain, Willy Woo memprediksi basis pengguna global bitcoin akan tumbuh sebesar 2,5%.

Sementara itu, undang-undang bitcoin di El-Salvador sudah resmi disahkan sejak awal Juni lalu. Sebagai tahap berikutnya, pemerintah mengatakan bahwa pemberlakuan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah akan dimulai pada 7 September 2021.

Airdrop Crypto Lainnya yang Pernah Terjadi

Sebelum bitcoin airdrop di El Salvador, Uniswap pernah meluncurkan proyek airdrop dari cryptocurrency-nya yaitu UNI pada tahun 2020 lalu.

Uniswap mengirimkan 400 UNI, kepada setiap pengguna dompet yang memakai platformnya dan telah melakukan minimal transaksi satu kali sebelum 1 September 2020.

Meski ketika itu, nilai UNI hanya berkisar di angka $2-$4, Coinmarketcap melaporkan nilai koin UniSwap kini telah mencapai $19,66 per 5 Juli 2021.

Mengapa Diadakan Airdrop Crypto?

Program airdrop biasanya dilakukan oleh startup crypto baru. Berikut beberapa tujuan yang ingin diperoleh dari pelaksanaan program airdrop, diantaranya:

Membangun Kesadaran (Awareness)

Salah satu alasan utama startup crypto melakukan proyek airdrop adalah untuk membangun kesadaran investor terhadap cryptocurrency baru yang mereka jual.  Demi mendapatkan airdrop, penerima akan berlomba-lomba mempromosikan proyek lewat sosial media.

Werner Vermaak dari Coinmarketcap mengungkapkan bahwa metode airdrop berbanding lurus dengan popularitasnya karena terbukti efektif untuk startup cryptocurrency.

Mereka dapat membangun komunitas dan memperkenalkan crypto hanya dengan membagikan beberapa token mereka secara gratis.

Mengapresiasi Pengguna

Dalam ekosistem cryptocurrency, mayoritas investor hanya mempedulikan keuntungan sehingga mereka cenderung berpindah dari aset crypto satu ke aset crypto lainnya.

Perilaku tersebut cenderung mengganggu keberlanjutan jangka panjang proyek dan merusak platform cryptocurrency. Maka dari itu, beberapa startup melakukan airdrop dengan mendistribusikan koin gratis sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia.

Desentralisasi Distribusi Token

Salah satu tujuan startup melakukan airdrop adalah untuk menyeimbangkan distribusi token. Hal ini dikarenakan beberapa investor kaya melakukan pembelian besar-besaran di hari-hari awal ketika harga koin masih rendah. Beberapa tahun kemudian, ditakutkan mereka akan memonopoli pasar.

Mempelajari Komunitas Crypto

Pelaksanaan airdrop memungkinkan startup crypto untuk mengumpulkan data dari komunitas crypto, seperti email pribadi dan sosial media. Mereka akan menganalisis  pandangan komunitas mengenai crypto untuk membuat strategi pemasaran yang tepat dan sesuai target.

Menarik Investor

Proyek airdrop memang tidak ditujukan untuk investasi, tetapi dalam beberapa kasus, airdrop crypto akan diikuti oleh penawaran token seperti ICO, IEO atau IDO. Rangkaian metode ini dianggap cerdas untuk meningkatkan dana yang terkumpul tanpa menghabiskan banyak uang untuk pemasaran.

Werner Vermaak mengatakan bahwa keberhasilan proyek airdrop mampu menciptakan komunitas yang besar dan menarik sejumlah investor. Sehingga ketika ICO dilakukan, dana investasi akan terkumpul lebih banyak karena harga token crypto telah mengalami kenaikan.

Di Mana Beli Aset Crypto?

Bagi kamu yang tertarik menjual atau membeli aset crypto, segera download Pintu, aplikasi jual beli aset crypto  yang telah terdaftar di BAPPEBTI.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->