Jenis-Jenis Transfer dan Biayanya, Bisa Gratis?

Updated
March 19, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Jenis-Jenis Transfer dan Biayanya, Bisa Gratis?
Reading Time: 4 minutes

Transfer uang adalah kegiatan yang mungkin hampir setiap hari kita lakukan, baik itu untuk keperluan pribadi maupun aktivitas yang ada hubungannya dengan pekerjaan. Terdapat berbagai jenis aktivitas transfer mulai dari antar bank, antar e-wallet hingga antar dompet crypto. Simak selengkapnya mengenai jenis-jenis transfer dan penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Transfer?

biaya transfer gratis

Menurut KBBI, transfer adalah proses pindah atau beralih tempat. Sementara transfer dalam dunia keuangan adalah kiriman uang yang diterima oleh bank, termasuk hasil inkaso yang ditagih melalui bank, kemudian diteruskan ke bank lain untuk dibayarkan pada nasabah.

Dapat disimpulkan, bahwa transfer merupakan sebuah kegiatan jasa bank untuk memindahkan dana dalam jumlah tertentu sesuai dengan perintah pemberi amanat yang ditujukan kepada penerima transfer.

Berapa Besar Biaya Transfer?

Seperti yang sudah diketahui, saat transfer kita diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya. Biasanya. hal ini berlaku untuk transfer antar bank atau saat kita memindahkan dana ke bank yang berbeda. Biaya transfer pun berbeda-beda, tergantung jenis transfernya.

Berikut ini jenis-jenis transfer yang banyak digunakan:

  • BI Fast adalah sebuah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat.
  • Real-time Online (RTO) adalah layanan transfer yang menghubungkan antar bank sehingga dana bisa masuk ke rekening tujuan saat itu juga. Transfer RTO dapat dilakukan di semua layanan bank termasuk ATM, mobile banking, SMS banking, dan internet banking.
  • Lalu Lintas Giro (LLG). Nama lainnya adalah Sistem Kliring Nasional Indonesia (SKNI), yaitu sebuah mekanisme transfer elektronik yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia untuk bank-bank yang terhubung dengan SKNI.

Baca juga: Biaya Provisi di Bank, Berapa Rumus dan Besarannya?

Biaya Transfer Antar Bank

Berikut ini pembahasan yang lebih detail mengenai biaya transfer dalam beberapa bank terbesar di Indonesia.’

Biaya Tranfer BCA

Biaya Transfer Antar Bank BCA

Buat kamu yang terbiasa melakukan transfer antar rekening bank BCA, kamu pasti tahu bukan kalau tidak ada biaya yang harus dibayarkan. Dana yang ditransfer pun bisa langsung masuk ke rekening tujuan saat itu juga. 

Biaya Transfer Antar Bank BCA ke Bank Lain

Jika transfer antar bank BCA gratis, maka tidak demikian jika kamu ingin memindahkan dana ke rekening bank lain. Berikut ini rincian biaya transfer dari bank BCA ke bank lain:

biaya transfer bank bca ke bank lain

Biaya Transfer BRI

Biaya Transfer Antar Bank BRI

Sama halnya dengan bank BCA, kamu juga bisa melakukan transfer antar rekening bank BRI secara gratis selama 24 jam. Transfer dapat dilakukan dalam berbagai metode, baik itu melalui mesin ATM atau melalui aplikasi m-banking.

Biaya Transfer Antar Bank BRI ke Bank Lain

Sementara itu, ini dia biaya yang harus dibayarkan jika ingin transfer dari rekening bank BRI ke rekening bank lain. 

biaya transfer bank bri ke bank lain

Biaya Transfer Mandiri

Biaya Transfer Antar Bank Mandiri

Pengguna Bank Mandiri boleh bernafas lega karena seluruh proses transfer ke sesama rekening Mandiri bisa dilakukan secara gratis alias tanpa dipungut biaya. Kapan saja kamu mau transfer ke rekening Mandiri lain, kamu bisa melakukannya selama 24 jam penuh!

Biaya Transfer Antar Bank Mandiri ke Bank Lain

Tapi jika kamu ingin transfer ke rekening dari bank lain, kamu harus siap-siap untuk membayar biaya transfer tambahan yaitu:

biaya transfer bank mandiri  ke bank lain

Biaya Transfer Jenius

Biaya Transfer Antar Bank Jenius

Bank yang dikenal punya sistem modern kesukaan anak muda ini juga menggratiskan biaya transfer sesama nasabahnya, lho! 

Biaya Transfer Antar Bank Jenius ke Bank Lain

Untuk transfer antar bank, Jenius ini cukup unik karena biaya untuk transfer yang dibebankan berbeda-beda. Ini dia rinciannya buat kamu!

biaya transfer bank jenius ke bank lain

Biaya Transfer Antar Bank Gratis

Melihat biaya yang harus dibayar saat transfer antar bank membuat banyak orang merasa keberatan. Meski jumlahnya hanya sekitar Rp 2.500 sampai Rp 6.500, namun jika transfer dilakukan secara berulang kali maka total keseluruhan biaya transfer bisa jadi sangat besar.

Belakangan ini, sudah ada banyak bank dan aplikasi finansial yang menggratiskan biaya transfer. Kamu bisa memindahkan dana ke bank lain tanpa harus membayar biaya tambahan. Ini dia beberapa bank yang tidak membebankan biaya transfer antar bank. 

  • Jenius (dibatasi kuota setiap bulan).
  • Dana (dibatasi kuota setiap bulan).
  • Blu by BCA.
  • Seabank (bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee).
  • Neobank. 

Biaya Transfer Crypto 

Bukan hanya uang yang bisa ditransfer, crypto juga menjadi salah satu aset yang bisa ditransfer secara mudah, lho! Pintu sebagai aplikasi jual beli crypto terpercaya bisa mewadahi aktivitas trading, investasi hingga transfer crypto kamu. 

Biaya Transfer Antar Sesama Pengguna Pintu

Tranfer crypto gratis bisa kamu nikmati apabila kamu melakukan transfer dari dompet Pintu satu ke dompet Pintu lainnya. 

Biaya Transfer Ke Luar Pintu

Lalu bagaimana dengan transfer aset crypto ke luar Pintu? Aktivitas ini akan dikenakan gas fee sesuai biaya yang dibutuhkan oleh blockchain. Gas fee yang dikenakan tergantung dari biaya yang berlaku ketika transaksi sedang dilakukan di jaringan blockchain. Sehingga biayanya pun bisa berubah sewaktu-waktu.

Kalau kamu ingin tahu berapa biaya gas fee terbaru, kamu bisa membuka aplikasi Pintu lalu masuk ke menu Wallet > pilih aset crypto yang diinginkan > pilih Kirim, alamat penerima, jumlah penerima > klik “Berikutnya” > lihat Biaya Blockchain di halaman konfirmasi kirim aset. Kamu juga bisa melihat biaya selengkapnya di laman ini

Tidak perlu pusing masalah biaya, kini kamu juga bisa transfer crypto secara gratis ke luar Pintu! Caranya cukup dengan menggunakan fitur PTU Staking. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memperoleh sejumlah keuntungan mulai dari gratis transfer antar blockchain, gratis withdraw crypto ke rupiah hingga berbagai benefit bulanan seperti gratis tiket XXI, voucher Tokopedia, dan banyak lagi.  

Tertarik? Download Pintu sekarang!

Referensi: 

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->