5 Cara Mencari Investor untuk Kerjasama, Lewat Online atau Platform?

Updated
August 28, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 5 Cara Mencari Investor untuk Kerjasama, Lewat Online atau Platform?
Reading Time: 3 minutes

Apakah kamu sedang mencari investor untuk mengembangkan bisnis atau UMKM? Kamu berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai cara mencari investor, baik lokal maupun asing, melalui platform dan aplikasi terpercaya di Indonesia. Pastinya cocok banget nih untuk kebutuhan kamu. Tunggu apalagi, yuk simak langsung!

1. Teman atau Keluarga

Teman dan keluarga sering menjadi sumber pendanaan awal bagi banyak pengusaha, terutama bagi mereka yang ingin mencari investor di tahap awal dengan jumlah pendanaan yang tidak terlalu besar. Berikut beberapa tips menggaet keluarga dan teman kamu sebagai investor.

  • Jelaskan Rencana Bisnis: Sampaikan rencana bisnismu dengan jelas dan tunjukkan potensi keuntungannya.
  • Buat Kesepakatan yang Jelas: Pastikan semua pihak memahami risiko dan harapan dari investasi tersebut.
  • Pertimbangkan Hubungan Pribadi: Ingat, mencampurkan bisnis dengan hubungan pribadi bisa menimbulkan masalah. Pertimbangkan dengan matang sebelum melangkah.

2. Angel Investor

Jika kamu ingin mencari investor dengan jumlah pendanaan yang cukup besar tanpa menjadikan hubungan pribadimu sebagai taruhan, angel investor bisa menjadi cara mencari investor yang tepat. Angel Investor adalah individu kaya yang ingin berinvestasi dalam bisnis yang menjanjikan. Berikut cara mencari mereka:

  • Gunakan Jaringan: Ada banyak organisasi yang menghubungkan pengusaha dengan Angel Investor. Beberapa contoh angel investor di Indonesia adalah Venturra, Central Capital Ventura, Danareksa dan ORDO Investor Find.
  • Siapkan Proposal yang Menarik: Angel Investor biasanya mencari bisnis dengan potensi pertumbuhan tinggi.
  • Bersiap untuk Berbagi Kontrol: Beberapa Angel Investor mungkin ingin terlibat dalam pengambilan keputusan bisnis.

Baca juga: Simak Bagaimana Tips dan Cara Mendapatkan Angel Investor!

3. Venture Capital

cara mencari investor asing dan online

Venture Capital bisa menjadi salah satu cara mencari investor lokal dan asing yang bisa kamu coba. Pada dasarnya, venture capital adalah perusahaan yang berinvestasi dalam bisnis dengan potensi pertumbuhan besar. Berikut cara mendekati mereka:

  • Cari VC yang Tepat: Pastikan VC yang kamu dekati sesuai dengan industri dan tahap bisnismu. Beberapa contoh VS paling aktif di Indonesia adalah Sequoia, East Ventures, AC Ventures dan Y Combinator.
  • Siapkan Dokumen Keuangan: VC akan memerlukan detail keuangan yang luas sebelum berinvestasi.
  • Pahami Tujuan VC: Beberapa VC mungkin menginginkan bisnismu untuk dijual atau go public dalam jangka waktu tertentu.

4. Pinjaman/Utang

Tidak memilik koneksi pribadi maupun profesional? Pinjaman bisa menjadi cara untuk mendapatkan modal tanpa melepaskan kepemilikan. Berikut beberapa opsi:

  • Bank Lokal: Bank lokal bisa menjadi sumber pinjaman dengan suku bunga yang wajar.
  • Peer-to-Peer Lending: Platform seperti Lending Club dan Prosper memungkinkan kamu untuk meminjam dari individu lain.
  • Kredit UMKM: Di negara tertentu, ada program pemerintah yang membantu bisnis kecil mendapatkan pinjaman.

Baca juga: Cara Menghitung Utang Usaha Secara Mudah!

5. Platform atau Aplikasi

Buat kamu yang ingin mencari dana secara mudah, menjangkau lebih banyak investor secara online, berikut adalah 5 platform/aplikasi di Indonesia yang bisa membantu kamu mencari investor, tergantung dari kebutuhan kamu.

  • Mekar.id: Menghubungkan pebisnis dengan investor di seluruh Indonesia.
  • Uangme.id: Menawarkan pinjaman jangka pendek tanpa jaminan, biasanya berfokus pada pinjaman antara individu.
  • Modalku.co.id: Fokus pada pemberdayaan UKM lokal.
  • Kitabisa.com: Platform crowdfunding yang bisa digunakan untuk menggalang dana usaha, berfokus pada mereka yang benar-benar tidak mampu.

Sebagai catatan, sebelum memutuskan untuk mencari modal investasi dari aplikasi-aplikasi di atas, pastikan untuk mengecek bagaimana cara kerja, risiko dan besaran bunga yang diberikan dari tiap platform tersebut. Pastikan juga platform telah terdaftar di OJK atau badan resmi sejenis yang mengawasi aktivitas investasi.

Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi, pernah mendengar tentang crypto? Crypto jadi salah satu aset yang kini tengah diminati masyarakat, termasuk di Indonesia. Per April 2023, jumlah investor crypto di Indonesia pun telah mencapai 17,25 juta orang.

Tertarik memulai investasi crypto? Download Pintu sekarang! Di Pintu, kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->