Cara Bermain CryptoKitties, Salah Satu Game NFT Pertama di Dunia

Updated
March 11, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Cara Bermain CryptoKitties, Salah Satu Game NFT Pertama di Dunia
Reading Time: 4 minutes

CryptoKitties merupakan salah satu game yang sangat populer sejak awal peluncurannya. Game NFT berbasis teknologi Ethereum ini telah berhasil menarik lebih dari 14.000 pengguna aktif setiap harinya dan membuat banyak orang mengenal teknologi blockchain. Simak artikel berikut untuk mengetahui apa itu CryptoKitties, salah satu game NFT pertama di dunia dan bagaimana cara bermain CryptoKitties!

Baca juga: 20 NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Harga Capai Miliaran?

Apa Itu CryptoKitties?

apa itu cryptokitties
(investopedia.com)

CryptoKitties adalah salah satu game NFT pertama di dunia yang berbasis Ethereum dan memungkinkan penggunanya untuk membesarkan, membeli, menjual dan mengoleksi kucing digital bernama “CryptoKitty”. Permainan ini awalnya dirancang dengan tujuan untuk memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik dengan cara yang lebih mudah, yaitu lewat gamifikasi.

Sejarah CryptoKitties

Menurut Leo Jakobson dari Coinmarketcap, CryptoKitties pertama kali diluncurkan oleh studio Axiom Labs selama hackathon di konvensi ETH Waterloo pada bulan Oktober 2017. Di bulan berikutnya, game ini berada di bawah perusahaan baru,yaitu Dapper Labs.

Tim Cryptopedia mengatakan bahwa CryptoKitties menjadi game NFT yang sangat populer sejak pertama kali diluncurkan. Padahal industri blockchain saat itu sedang mengalami krisis kepercayaan publik akibat maraknya kasus penipuan Initial Coin Offering (ICO).

Meskipun begitu, kemunculan CryptoKitties berhasil mengubah persepsi negatif publik. Game ini dinilai mampu memberikan solusi inovatif bagi pengembangan Ethereum dan menyoroti tantangan skalabilitas Ethereum Layer-2 yang merupakan pilar bagi pertumbuhan ekosistem blockchain selanjutnya.

Salah satu yang membuat CryptoKitties istimewa adalah karena dibangun di atas non-fungible token (NFT). Tim Cryptopedia mengungkapkan bahwa setiap CryptoKitty dikodekan ke dalam standar token ERC-721 yang unik, langka, dan berbeda satu sama lain.

Bagaimana Cara Kerja CryptoKitties?

cara kerja cryptokitties
(cryptokitties.co)

Apa itu CryptoKitties? CryptoKitties didesain dalam bentuk kucing digital dengan dua jenis kelamin, yaitu jantan dan betina. Leo Jakobson menyebutkan bahwa seluruh CryptoKitty tersebut memiliki algoritma gen 256-bit yang dapat menentukan dua belas karakteristik dari setiap karakter NFT tersebut. Gen tersebut bisa mempengaruhi warna mata dan bulu, motif bulu, bentuk mulut, dan karakteristik lainnya dari tiap kucing bersangkutan.

CryptoKitties dibangun di atas lima kontrak pintar: kontrak Inti, kontrak GeneScience, kontrak Penawaran, kontrak SalesAuction, dan kontrak SiringAuction. Berdasarkan kontrak ini, pemain dapat memperjualbelikan atau mentransfer kucing dengan pemain lain, dan membiakkan generasi kucing baru.

Dua ekor CryptoKitties dapat dibiakkan dengan sistem algoritma genetika, di mana suatu keturunan dihasilkan dengan sifat-sifat uniknya sendiri. Penampilan visual atau fenotipenya akan ditentukan oleh genotipe abadi yang juga disimpan dalam kontrak pintar.

Kepemilikan kucing yang sebenarnya hanya berubah ketika:

  • lelang penjualan pada SalesAuction (kontrak Lelang Penjualan) terpenuhi
  • perdagangan melalui kontrak Penawaran terpenuhi
  • kucing dialihkan secara langsung menggunakan fungsi dalam kontrak Inti

Cara Bermain CryptoKitties

cara bermain cryptokitties
(cryptokitties.co)
  1. Untuk memiliki seekor CryptoKitty, kamu perlu menyiapkan komputer atau perangkat seluler serta dompet crypto.
  2. Dompet yang biasa digunakan adalah MetaMask. Kalau kamu sudah memilikinya, kamu bisa langsung masuk ke pasar CryptoKitties, buat akun, dan pilih kucing yang kamu sukai. Klik tombol “Buy Now
  3. Selain itu, kamu juga dapat melakukan penawaran pada CryptoKitty yang tidak dijual. Namun, tergantung pada pemiliknya untuk memutuskan apakah mereka akan menerima penawaran tersebut atau tidak.
  4. Jika kamu sudah memiliki seekor kucing, rawat kucing virtualmu dengan baik hingga tiba masa mengawinkannya.
  5. Untuk membiakkan kucing, kamu cukup menemukan pasangan untuknya. Salah satu dapat bertindak sebagai Sire (pejantan) atau Dame (betina). Setelah memilih kucing yang akan berperan sebagai Sire dan Dame, pemain dapat menekan tombol “Breed untuk memulai proses pembiakan.
  6. Bayi CryptoKitty kemudian akan diinkubasi bersama induknya, sehingga Dame tidak dapat segera dipasangkan dalam breed lainnya. Sementara itu, proses recovery Sire

Cara Mendapatkan Uang dari CryptoKitties

Cara bermain CryptoKitties dan menghasilkan uang darinya adalah sebagai berikut.

Membiakkan dan Menjual Kucingmu

Cara yang pertama adalah dengan menjual kucing peliharaan kamu. Prinsipnya begini, kucing yang kamu beli sekarang adalah kucing yang kamu prediksi akan mengalami kenaikan harga di kemudian hari. Ketika harga telah sesuai, nantinya kamu bisa menjual kucing tersebut untuk memperoleh keuntungan.

Misalnya seperti yang terjadi pada seekor CryptoKitty paling mahal, bernama Genesis. Ia adalah kucing virtual pertama yang lahir dan pernah dihargai senilai $114.481,59. Ada pula kucing Dragon. Dengan nomor identitas CryptoKitty #896775, kucing bermata kastanye ini telah resmi dibeli pada harga $172.000 pada tahun 2018. Nilai tersebut jauh lebih mahal dari kucing ‘nyata’ paling mahal yang pernah tercatat, yaitu sekitar $41.435.

Mengawinkan Kucing dan Melakukan “Breeding

Perkawinan juga menjadi satu cara bermain CryptoKitties yang menguntungkan. Jika kamu berhasil mengawinkan kucingmu dan melakukan “breeding”, maka seekor kucing baru akan lahir dan bisa kamu jual.

Menyewakan Sire

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh keuntungan dengan menjadikan peliharaanmu sebagai Sire. Ketika Dame milik orang lain dikawinkan dengan kucingmu, maka kamu akan mendapatkan biaya pengganti dengan harga tertentu. Namun ingat bahwa nilai kucing akan turun setiap kali ia berkembang biak.

Demikian ulasan seputar apa itu CryptoKitties dan bagaimana cara bermain CryptoKitties. Selain NFT, investasi dan trading crypto juga menjadi aktivitas yang tidak kalah menariknya. Jumlah investor crypto di Indonesia pun telah mencapai 6,5 juta orang per Mei 2021 lalu. Untuk kamu yang tertarik untuk memulai jenis investasi ini namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Di Pintu, kamu bisa melakukan jual beli berbagai aset crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho! Untuk kamu yang ingin berinvestasi layaknya menabung, kamu juga bisa earn crypto dengan bunga tinggi hingga 4% di Pintu Earn.

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Coinmarketcap, What are CryptoKitties? Diakses tanggal: 16-02-2022.

Decrypt, Cryptokitties.  Diakses tanggal: 16-02-2022.

Gemini, CryptoKitties: A Pioneer in Ethereum Gaming and NFTs. Diakses tanggal: 16-02-2022.

NFT Street, Top 3 Most Expensive CryptoKitties. Diakses tanggal: 16-02-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->