Apa itu Angel Investor dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Updated
February 17, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Angel Investor dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?
Reading Time: 4 minutes

Angel investor adalah salah satu jenis pendanaan yang sangat dicari oleh perusahaan kecil dan startup rintisan. Namun, sebenarnya banyak orang yang masih awam dengan metode ini. Simak artikel berikut agar kamu lebih paham dengan apa itu angel investor dan bagaimana cara mendapatkannya!

Baca juga: Keren, Ini 10 Investor Terkaya di Indonesia dan Dunia

Apa itu Angel Investor?

gambar angel investor

Menurut Akhilesh Ganti dari Investopedia, angel investor adalah individu dengan jumlah kekayaan bersih tinggi yang memberikan pendanaan kepada perusahaan rintisan, pengusaha kecil, atau startup yang menjanjikan imbalan berupa ekuitas kepemilikan atau royalti.

Dana yang diberikan investor dapat berupa investasi satu kali di awal bisnis atau suntikan berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Menurut laporan Brian O’Connell dari Forbes, angel investor diketahui telah menggelontorkan dana sekitar $25 miliar untuk membiayai 70.000 perusahaan pada tahun 2017 lalu.

Brian mengatakan bahwa angel investor atau investor malaikat adalah metode pendanaan yang cenderung dipilih di tahap perkembangan kritis perusahaan, setelah dana awal hampir habis. Jenis pendanaan ini biasanya ditemukan di antara keluarga atau jejaring rekan pengusaha. Investor juga hanya mengakuisisi sekitar 25% saham perusahaan.

Kualifikasi Angel Investor

Dilansir dari laman US News, Paulina Likos dan Rebecca Lake menjelaskan bahwa hanya investor terakreditasi yang dapat mengambil peran sebagai angel investor. Beberapa syarat angel investor adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki pendapatan tahunan lebih dari $200.000 selama dua tahun terakhir,
  2. Memiliki total penghasilan bersama pasangan lebih dari $300.000 selama dua tahun terakhir, atau
  3. Memiliki setidaknya $1 juta aset yang dapat diinvestasikan (tidak termasuk aset utama).

Namun, kualifikasi tersebut telah berubah pasca disahkannya Jumpstart Our Business Startups (JOBS) Act pada tahun 2012. Brian O’Connell menerangkan bahwa kualifikasi angel investor tidak lagi terbatas pada investor terakreditasi saja.

Individu dengan pendapatan di bawah batas tersebut dapat berpartisipasi sebagai angel investor melalui platform crowdfunding. Bob Goff, pendiri Sierra Angels mengungkapkan bahwa dengan peraturan baru ini, investor baru dapat menambah wawasan, mengembangkan strategi investasi, dan menganalisis perusahaan yang ingin mereka beri investasi.

Dampak positif lain yang juga dirasakan setelah pengesahan JOBS Act 2012 adalah kemudahan akses terhadap pembiayaan angel investor.

Cara Mendapatkan Angel Investor

Susan Ward dari The Balance mengatakan bahwa proses menarik angel investor tidak selalu berjalan dengan mudah. Namun sebelum sampai ke tahap menemukan investor, Susan menyarankan pebisnis untuk mempertimbangkan apakah pendanaan ini merupakan jenis yang paling tepat untuk bisnis mereka.

Brian O’Connell berbagi beberapa tips cara mendapatkan angel investor, di antaranya adalah:

Lakukan Pendekatan Geografis

Brian merekomendasikan pebisnis untuk memulai pencarian investor dari orang-orang yang dekat dengan mereka secara geografis.

Garett Polanco, investor terakreditasi yang telah mendanai 29 perusahaan, mengatakan bahwa investor lebih suka berinvestasi di bisnis yang dekat dengan lokasi tinggal mereka. Ia menambahkan bahwa mayoritas investasi malaikat dilakukan dalam jarak 50 mil dari rumah atau kantor mereka masing-masing.

Menargetkan Kelompok Investor atau Asosiasi Industri

Brian merekomendasikan pebisnis baru untuk menyasar Angel Capital Association (ACA) untuk mendapatkan dana investasi. Asosiasi ini merupakan kelompok yang didukung lebih dari 14.000 investor dan beroperasi secara global di AS, Canada, Amerika Selatan, dan Timur Tengah.

Perusahaan rintisan juga dapat mengajukan pendanaan ke Angel Messenger Forum (AMF). Kelompok investor malaikat ini bahkan mampu memberikan pembiayaan ekuitas sebesar $100.000 hingga $1 juta.

Memanfaatkan Platform Digital dan Media Sosial

Pengusaha kecil dapat mencari angel investor lewat sosial media. Brian mengatakan bahwa platform seperti LinkedIn merupakan pintu gerbang yang efektif untuk menjaring investor yang beroperasi di area sekitar.

Susan Ward menambahkan bahwa pebisnis juga dapat membentuk grup investasi online dan melakukan crowdfunding. Penggalangan dana investasi di media sosial biasanya meminta sekelompok individu untuk berinvestasi dalam jumlah kecil, misalnya $100.

Perbedaan Angel Investor dan Venture Capital

perbedaan angel investor dan venture capital

Meski sama-sama memberikan pendanaan kepada perusahaan dengan maksud memperoleh imbalan, angel investor dan venture capital (VC) memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut beberapa perbedaan angel investor vs venture capital.

Waktu Pembiayaan

Courtney Lawless, pemodal ventura di MoxeHub yang berbasis di Philadelphia, mengungkapkan bahwa investor malaikat memberikan modal untuk perusahaan yang memiliki ide. Sementara itu, VC cenderung membiayai perusahaan ketika mereka sudah punya bukti konsep atau prototipe produk.

Sumber Dana

Brian mengatakan bahwa investor malaikat biasanya menginvestasikan uangnya sendiri, sedangkan VC cenderung berinvestasi dengan menggunakan uang dari pihak lain.

Jumlah Dana

Besar dana yang diberikan pemodal ventura lebih besar daripada investor malaikat. Menurut Brian, investor malaikat mendanai $10.000-$100.000 secara individu. Sementara itu, VC dapat membiayai hingga $2 juta atau lebih.

Keterlibatan dalam Operasional Perusahaan

Brian mengungkapkan bahwa VC cukup terlibat dalam urusan operasional perusahaan dan pengambilan kursi dewan, sedangkan investor malaikat cenderung lepas tangan dari keduanya.

Nah, demikian informasi seputar apa itu angel investor, kualifikasi, dan perbedaannya dengan modal ventura. Berbicara tentang investasi, beberapa bulan belakangan ini, minat investor terhadap investasi crypto semakin meningkat drastis mengingat jumlah investor per Mei 2021 lalu bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik memulai investasi atau trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja lho!

Untuk kamu yang masih awam, kamu juga bisa mulai belajar investasi kripto secara gratis di Pintu Akademi!

Referensi:

Forbes. What Are Angel Investors? Diakses pada Senin, 14 Februari 2022

Forbes. 8 Steps to Becoming An Angel Investor. Diakses pada Senin, 14 Februari 2022

Investopedia. Angel Investor. Diakses pada Senin, 14 Februari 2022

The Balance. The Pros and Cons of Angel Investors. Diakses pada Senin, 14 Februari 2022

US News. How to Become an Angel Investor. Diakses pada Senin, 14 Februari 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->