Bagaimana Cara Trading dengan Pola Bump and Run Reversal?

Updated
March 11, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Bagaimana Cara Trading dengan Pola Bump and Run Reversal?
Reading Time: 3 minutes

Bump and Run Pattern adalah salah satu pola grafik yang cukup sering digunakan oleh trader. Apa itu pola Bump and Run, bagaimana cara cara trading dengan pola bump and run? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Baca juga: 13 Pola Candlestick Paling Lengkap di Pasar Crypto

Apa itu Pola Bump and Run?

gambar grafik bump and run
(tradingview.com)

Pola Bump and Run Reversal atau biasa disebut Pola Bump and Run adalah pola grafik yang secara biasanya digunakan untuk memprediksi pergerakan harga selanjutnya setelah harga aset naik secara terlalu tinggi dan terlalu cepat.

Bump and Run Pattern ditemukan oleh Thomas Bulkowski pada tahun 1999 dan dibahas dalam bukunya, *Encyclopedia of Chart Patterns.*

Secara visual, pola ini relatif sulit dikenali dibandingkan pola Triple Top atau Head and Shoulders. Strategi yang harus disiapkan trader pasca adanya pola Bump and Run Reversal Bottom Pattern juga cukup rumit. Namun mengenali pola ini akan sangat bermanfaat untuk trading kamu.

Pola ini dirancang untuk mengidentifikasi kenaikan spekulatif yang tidak berkelanjutan dalam jangka waktu lama. Pola ini terbentuk dengan asumsi bahwa harga yang naik dengan sangat cepat akan menyebabkan penurunan yang sama drastisnya setelahnya.

Pola Bump and Run bisa terjadi dalam skala waktu harian atau lebih lama. Untuk bisa menemukan pola ini, diperlukan pengalaman dan latihan yang cukup.

Cara Mengkonfirmasi Pola Bump and Run

apa itu pola bump and run
(tradingview.com)

Lima langkah mengkonfirmasi Bump and Run Pattern adalah sebagai berikut:

  1. Sebagaimana tampak pada grafik, pada awalnya akan terlihat tren bullish pada rentang 30 derajat (hijau) dan membentuk lonjakan S1. Tren bullish yang ditunjukkan dengan garis berwarna hijauh ini biasa dikenal dengan fase lead-in.
  2. Selanjutnya, harga melonjak tinggi hingga membentuk sudut 60 derajat (biru) dan membentuk lonjakan S2. Fase ini dikenal pula sebagai fase bump.
  3. Volume perdagangan akan meningkat selama fase bump untuk membentuk lonjakan harga yang tinggi, lalu menurun selama proses penciptaan tren baru.
  4. Jika diukur, tinggi lonjakan kedua (S2) lebih tinggi sebanyak 2 kali dibandingkan lonjakan pertama (S1).
  5. Kamu mendapatkan konfirmasi pola pada saat aksi harga berbalik dan menembus tren utama, yang mana ditunjukkan oleh lingkaran merah pada grafik. Fase ini dikenal dengan nama fase run. Jika breakout muncul, maka pola tersebut memang merupakan pola Bump and Run Reversal.

Cara Trading dengan Pola Bump and Run

Menurut analisis Al Hill, co-founder Tradingsim.com, strategi yang bisa dilakukan dengan pola Bump and Run adalah sebagai berikut.

Melakukan Entry

Kamu bisa melakukan entry dengan short position ketika kamu sudah memastikan bahwa pola tersebut valid dengan adanya breakout pada akhir tren.

Menempatkan Stop Loss

stop loss di bump and run pattern
(tradingview.com)

Stop loss pada pola Bump and Run Reversal bisa ditempatkan di antara posisi tertinggi fase bump dan breakout. Tujuannya adalah untuk melindungi posisi kamu seandainya harga bergerak ke arah yang berlawanan dengan dugaan kamu.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara trading dengan bump and run reversal. Tentunya, kamu bisa melengkapi indikator ini dengan indikator lainnya sebagai konfirmasi.

Pola ini bisa digunakan untuk trading aset forex maupun crypto. Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap aset crypto, jumlah investor crypto di Indonesia telah mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lalu.

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana, aplikasi Pintu siap membantu! Telah terdaftar resmi di Bappebti, Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang menyediakan berbagai fitur bermanfaat seperti:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari nol hingga mahir meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa menumbuhkan aset crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan nabung crypto di Pintu Earn saja.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!

Referensi:

Stock Charts. Bump and Run Reversal Diakses 21 Februari 2022

The Patternsite. Bulkowski on the Bump-and-Run Reversal Bottom Diakses pada 21 Februari 2022

Tradingsim. 5 Tips for Confirming and Trading the Bump and Run Diakses pada 21 Februari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->