Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Neraca Saldo

Updated
October 22, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Neraca Saldo
Reading Time: 3 minutes

Neraca saldo adalah daftar penting dalam pencatatan keuangan, untuk memeriksa keseimbangan jumlah debit dan kredit pada semua akun yang ada di dalam buku besar. Simak penjelasan lengkap tentang pengertian, fungsi, dan cara membuat neraca saldo dalam artikel berikut.

Baca juga: Cara Mudah Membuat dan Contoh Analisis Laporan Keuangan

Pengertian Neraca Saldo

pengertian neraca saldo

Dikutip dari Investopedia, pengertian neraca saldo adalah sebuah lembar kerja pembukuan di mana semua saldo yang ada di buku besar dikompilasikan ke dalam akun debit dan kredit dengan jumlah akhir yang sama.

Sebuah perusahaan biasanya menyiapkan neraca saldo secara berkala dalam periode waktu tertentu, biasanya setiap akhir periode pelaporan. Tujuan neraca saldo adalah untuk memastikan berbagai data yang dimasukkan ke dalam sistem pembukuan perusahaan secara matematis adalah benar.

Fungsi Neraca Saldo

Beberapa fungsi neraca saldo adalah sebagai berikut.

Persiapan Laporan Keuangan

Dalam bahasa Inggris, neraca saldo disebut dengan trial balance. Seperti namanya, neraca saldo dibuat untuk memastikan bahwa posting jurnal dan buku besar dilakukan dengan benar sehingga saldo akhir yang didapatkan bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan lainnya. Ini artinya salah satu fungsi dari neraca saldo adalah sebagai akun pemeriksa sebelum menyiapkan laporan keuangan lainnya.

Memastikan Akurasi Buku Besar

Neraca saldo adalah ringkasan dari semua akun yang ada di buku besar, sehingga salah satu fungsi utamanya adalah membantu menentukan keakuratan jurnal dan data pada buku besar. Neraca saldo hanya bisa dianggap akurat jika jumlah total debit sama dengan total kredit.

Membantu Menemukan Kesalahan pada Pencatatan Keuangan

Neraca saldo juga bisa digunakan untuk menemukan kesalahan pada pencatatan keuangan. Apabila ada perbedaan jumlah neraca saldo, maka tandanya pembukuan jurnal atau buku besar tidak dilakukan dengan benar.

Jika kesalahan penghitungan ditemukan lebih awal, maka kesalahan pencatatan laporan keuangan atau buku besar dapat dihindari.

Membantu Persiapan Laporan Keuangan

Neraca saldo adalah penghubung antara catatan akuntansi dan laporan keuangan. Sehingga dapat dikatakan bahwa penyiapan neraca saldo merupakan salah satu tahap penting untuk menyiapkan laporan keuangan seperti Laporan Laba Rugi dan laporan yang lainnya.

Cara Membuat Neraca Saldo

cara membuat neraca saldo

Secara umum, cara membuat neraca saldo dibagi menjadi dua metode sebagai berikut.

Total Method

Merupakan metode yang menambahkan semua akun dalam sisi debit dan sisi kredit yang ada di buku besar. Total sisi debit ditempatkan pada kolom debit, sementara total sisi kredit ditempatkan pada kolom kredit di neraca saldo. Jumlah antara kedua kolom tersebut harus sama.

Balance Method

Balance method dalam pembuatan neraca saldo hanya menampilkan total saldo dari semua akun transaksi buku besar yang ada tanpa memisahkan sisi kredit dan debit.

Neraca saldo memiliki peran penting dalam penyusunan buku besar dan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan yang rinci dan benar merupakan salah satu bentuk transparansi yang penting untuk meyakinkan investor agar mau berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu neraca saldo mulai dari pengertian, fungsi hingga cara membuat neraca saldo. Cukup mudah dipahami, bukan?

Bicara soal investasi, kini investasi dan trading crypto sedang menarik masyarakat Indonesia. Data dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), bahkan mengungkapkan bahwa jumlah investor crypto per Mei 2021 lalu telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui jumlah investor pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi maupun trading crypto, download Pintu sekarang! Telah terdaftar resmi di Bappebti, Pintu adalah aplikasi crypto indonesia yang memungkinkan kamu untuk melakukan jual beli crypto mulai dari Rp11.000 saja. Yuk, berinvestasi sekarang juga!

Referensi:

Cleartax, Trial Balance – Concept, Preparation, Advantages & Purpose. Diakses tanggal: 15-10-2021.

Corporate Finance Institute, Trial Balance. Diakses tanggal: 15-10-2021.

Tally Solutions, What is Trial Balance? Diakses tanggal: 15-10-2021.

Wll Kenton, Trial Balance. Diakses tanggal: 15-10-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+