7 Contoh Aplikasi Kecerdasan Buatan yang Harus Kamu Tahu

Updated
February 27, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 7 Contoh Aplikasi Kecerdasan Buatan yang Harus Kamu Tahu
Reading Time: 4 minutes

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah salah satu revolusi teknologi paling signifikan di abad ini. Banyak sekali inovasi baru dibidang artificial intelligence di luar sana yang belum kita tahu.

Ada banyak situs dan tools AI yang baru-baru ini menjadi topik viral karena kemampuannya yang mengesankan. Beberapa AI dapat menghasilkan gambar dan video hanya berbekal input teks, beberapa dapat memahami perintah dan mengambil keputusan rumit secara mandiri.

Bahkan artificial intelligence kini dapat merevolusi dan menyempurnakan gambar beresolusi rendah menjadi lebih tajam. Namun, hanya sedikit dari situs dan tools AI yang sudah dijelajahi oleh kebanyakan orang. 

Buat kamu yang tertarik dengan AI, cari tahu 7 contoh aplikasi kecerdasan buatan melalui daftar di bawah ini!

Baca juga: Apa itu AI (Artificial Intelligence)?

Chat GPT

Chat GPT adalah natural language processing (NLP) yang mampu menggunakan algoritma  machine learning dan deep learning untuk memahami konteks dari suatu percakapan dan menghasilkan tanggapan yang sesuai.

Chat GPT dapat digunakan untuk tugas-tugas spesifik seperti customer service, menjawab pertanyan konsumen, dan mengaktifkan fitur seperti pengenalan kata kunci, analisis sentimen, dan memberi respons.

Dengan kemampuannya untuk memahami konteks dan menghasilkan percakapan yang menarik, Chat GPT memungkinkan bisnis mengotomatiskan tugas layanan pelanggan dan menciptakan pengalaman personal untuk pelanggan mereka. Chat GPT juga memungkinkan perusahaan untuk memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaan yang lebih penting untuk membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

hotpot.ai

Hotpot.AI adalah contoh aplikasi kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan grafik, gambar, dan teks yang menakjubkan. 

Kamu hanya perlu memberikan perintah teks sebagai input untuk memberikan instruksi tertentu. Hotpot.AI juga mampu memperbaiki foto jadul dan menyempurnakannya menjadi foto beresolusi tinggi. 

Hotpot.AI juga dapat digunakan untuk memberi warna pada foto, menghapus objek tidak diinginkan pada foto, menghapus background, dan masih banyak lagi.

syenthesia.ai

Syenthesia.ai adalah contoh aplikasi kecerdasan buatan yang dapa tmembantu kamu untuk membuat konten video berkualitas tinggi dengan cepat dan mudah. Syenthesia.ai menggunakan teknologi natural language processing (NLP)  untuk menghasilkan ide dan menyarankan gambar yang relevan.

Syenthesia.ai juga menawarkan berbagai alat analitik untuk melacak kinerja konten di berbagai platform seperti instagram, YouTube, dan sebagainya. Dengan antarmuka yang intuitif, Syenthesia.ai mampu memudahkan pembuat konten untuk membuat konten menarik dengan mudah dan cepat.

Sembly.ai

Buat kamu yang malas mencatat materi saat online meeting, kamu bisa gunakan sembly.ai untuk merekam percakapan dan merubahnya menjadi  catatan tertulis. 

Sembly.ai juga dapat menjadi asisten yang dapat merapikan materi menjadi lebih terorganisir sehingga nyaman untuk dibaca. Dengan sembly.ai, kamu bisa fokus mengerjakan hal yang lebih penting dengan hasil berkualitas tinggi dengan cepat dan efisien. 

Dengan sembly.ai, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga serta dapat mengotomatiskan tugas-tugas repetitif seperti riset dan pengeditan.

Fitur sembly.ai meliputi koreksi tata bahasa dan ejaan otomatis, peningkatan kualitas bacaan, dan banyak lagi. Memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada kreativitas daripada tugas pengeditan yang membosankan.

lalal.ai

Lalal.ai adalah salah satu contoh aplikasi kecerdasan buatan yang dapat digunakan untuk pekerjaan berbasis audio dan video. Tools ini dapat membantu memisahkan audio instrumental dan vokal dan mengeditnya sesuai dengan preferensi kamu.

Lalal.ai cocok untuk penggunaan personal dan korporasi yang ingin menghasilkan konten dengan cepat dan mudah. Berbagai fitur yang dimiliki dapat digunakan untuk menghasilkan video promosi yang menarik dan memikat dengan efektif.

Dengan antarmuka penggunanya yang intuitif, kamu dapat dengan mudah membuat template, membuat konten interaktif, menganalisis engagement rate, hanya dengan beberapa klik mouse. Lalal.ai adalah contoh aplikasi kecerdasan buatan yang hebat untuk siapa saja yang ingin meningkatkan produktivitas mereka

Baca juga: Apa itu Reinforcement Learning AI dan Ciri-Cirinya?

Supermeme.ai

Meme telah menjadi salah satu budaya internet terbesar di era digital. Hanya dengan gambar atau video, kamu dapat memasukkan komedi, pesan filosofi, dan sindiran ke dalam konten singkat. Jika kamu bertanya-tanya apakah ada AI untuk membuat meme, Supermeme.ai adalah salah satu contoh kecerdasan buatan yang dapat menjawab rasa penasaran kamu.

Supermeme.ai dapat digunakan untuk menemukan meme yang sesuai untuk situasi apa pun dan mendukung lebih dari 110 bahasa. Supermeme.ai juga cocok buat kamu yang menggunakan meme untuk melakukan digital marketing.

Dall-E 2

DALL-E 2 adalah contoh aplikasi kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar dari teks. DALL-E 2 dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan riset kecerdasan buatan terkemuka milik Elon Musk. Dengan DALL-E 2, pengguna dapat membuat konten berkualitas tinggi dengan cepat dan mudah.

DALL-E 2 memiliki beberapa fitur yang membuatnya menonjol dari AI lainnya, DALL-E 2 dapat menghasilkan gambar menggunakan model deep learning. DALL-E 2 juga menawarkan antarmuka yang intuitif dan dapat digunakan untuk berbagai tugas seperti menghasilkan gambar dari deskripsi teks. Selain itu, DALL-E 2 juga menyediakan berbagai opsi yang dapat digunakan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Ada banyak contoh aplikasi kecerdasan buatan lain dengan segudang fitur mumpuni yang telah tersedia di jagat digital. Meskipun masih dalam tahap pengembangan intensif, kecerdasan buatan sudah menampakkan potensi yang luar biasa di masa depan.

Selain kecerdasan buatan, cryptocurrency juga merupakan inovasi paling revolusioner pada abad ini. Tidak hanya menawarkan infrastruktur finansial yang lebih efisien dan terbuka, cryptocurrency juga diharapkan mampu menjamin privasi finansial penggunanya.

Buat kamu yang tertarik dengan cryptocurrency, kamu bisa mulai investasi berbagai cryptocurrency unggulan dengan menginstall aplikasi Pintu. Hanya dengan modal awal Rp11.000 saja, kamu bisa mulai investasi ke beragam koin unggulan seperti Dogecoin, Cardano, Polkadot, Etehereum, Bitcoin dan sebagainya.

Manfaatkan fitur Pintu Academy dan Pintu Blog untuk update Berita Crypto dan Belajar Crypto

Kamu juga bisa manfaatkan Pintu Earn dan PTU Staking untuk mendapatkan keuntungan pasif setiap jam. Yuk buruan install aplikasi Pintu dan investasi cryptocurrency sekarang juga!

Referensi:

Anirban Dutta Choudhury, 10 Best AI Websites, diakses tanggal 11 Februari 2023 

Towardsai.net, 10 AI Websites That Will Excite You to The Core!, diakses tanggal 11 Februari 2023

Jerry Keszka, 8 Awesome AI websites, diakses tanggal 11 Februari 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->