Pintu Blog
/
Investasi 101
/
5 Contoh Portofolio Investasi Kripto dari Investor Sukses Dunia

5 Contoh Portofolio Investasi Kripto dari Investor Sukses Dunia

June 25, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar 5 Contoh Portofolio Investasi Kripto dari Investor Sukses Dunia
Reading Time: 3 minutes

Tahukah kamu bahwa 12 orang dengan kepemilikan kripto terbanyak di dunia, seluruhnya masuk dalam jajaran Forbes Billionaire 2021? Simak pengertian portofolio investasi, bagaimana portofolio investasi yang baik serta beberapa contoh portofolio investasi kripto milik mereka dalam artikel berikut ini!

Pengertian Portofolio Investasi

Pengertian investasi menurut para ahli berbeda satu sama lain. Namun yang paling terkenal berasal dari pakar keuangan saham Ellen May. Ia mengungkapkan bahwa portofolio investasi adalah kumpulan aset investasi baik itu berupa properti, deposito, saham, emas, obligasi maupun instrumen lainnya.

Baca juga : Strategi Trading Bitcoin dari Investor Sillicon Valley

Tujuan Portofolio Investasi

pengertian portofolio investasi

Tujuan portofolio investasi secara umum adalah untuk bisa menentukan imbal hasil (return) yang diinginkan agar lebih optimal. Dalam penyusunan portofolio investasi ini, terdapat 3 faktor utama yang sangat menentukan, yaitu modal, tujuan, dan risiko. Dengan melakukan manajemen portofolio investasi, diharapkan tujuan investasi kamu bisa tercapai sesuai dengan profil investasi kamu masing-masing.

Bagaimana Portofolio Investasi yang Baik?

Berikut beberapa portofolio investasi yang baik menurut pendapat para ahli.

Dan Herron, CPA Elemental Wealth Advisors

Menurut Herron, portofolio investasi yang baik bagi pemula adalah menaruh 1% aset dalam cryptocurrency, dan 99% ke dalam aset tradisional. Ketika mereka lebih akrab dengan kripto, alokasi bisa dilakukan hingga 5%.

Ryan Sterling, pendiri Future You Wealth

Contoh portofolio investasi yang baik adalah menaruh alokasi di bawah 3% untuk aset kripto. Ia menambahkan, eksposur kripto tidak boleh lebih dari 3% dibandingkan dengan total aset likuid.

Michael Kelly, CFA Switchback Financial

Bagi Kelly, volatilitas dan karakteristik unik kripto justru berpotensi menjadi kesempatan yang berharga. Tergantung pada profil risiko dari investor bersangkutan, 1-2% aset kripto dinilai bisa memberikan kesempatan yang cukup bagus.

Theresa Morrison, CFP Beckett Collective

Menurut Morrison, besarnya investasi kripto bergantung pada tingkat ketertarikan dan pemahaman seorang investor akan pasar. Salah satu contoh portofolio investasi yang bisa dicoba pemula adalah alokasi 1% untuk aset kripto. Sementara bagi kelompok yang paham, alokasi kripto direkomendasikan di bawah 5%.

Vrishin Subramaniam, perencana keuangan CapitalWe

Contoh portofolio aset kripto yang disarankan Vrishin adalah kepemilikan kripto sebesar 2-5% dari kekayaan bersih klien. Hal tersebut dipilih lantaran risiko volatilitas kripto yang cukup tinggi.

5 Contoh Portofolio Investasi

contoh portofolio aset kripto

Berikut merupakan contoh portofolio investasi dari beberapa investor sukses dunia, antara lain:

Winklevoss Brothers

Dikutip dari laman Nasdaq, Winklevoss bersaudara meletakkan investasi kriptonya pada bitcoin dan beberapa aset kripto lainnya. Untuk bitcoin, investasi mereka mencapai lebih dari $11 juta.

Mark Cuban

Dalam episode terbaru Delphi Podcast, Cuban menjabarkan portofolio kripto miliknya terdiri dari 60% bitcoin, 30% ethereum dan 10% koin lainnya. Baru-baru ini, Cuban dikabarkan telah melakukan investasi di salah satu startup kripto India, Polygon.

Michael Saylor

Dikutip dari laman CNBC, CEO MicroStrategy, Saylor, kini memiliki lebih dari seratus ribu bitcoin senilai $3 miliar per 7 Juni 2021. Karena loyalitasnya pada bitcoin dan kebiasaannya membagikan saran investasi mengenai bitcoin, ia disebut sebagai bitcoin evangelist.

Tim Draper

Selama ini, Draper dikenal loyal berinvestasi hanya pada aset bitcoin saja. Namun baru-baru ini, pada 22 Mei 2021, Draper dikabarkan berinvestasi di mata uang digital baru yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan startup teknologi.

Matthew Roszak

Roszak merupakan salah satu generasi awal investor kripto yang memulai investasinya pada bitcoin di tahun 2012. Kini jumlah kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai $1,5 miliar per Juni 2021. Ia aktif sebagai investor kripto dan ketua Bloq, startup teknologi blockchain.

Di mana Tempat Investasi Bitcoin Terpercaya?

Pintu merupakan salah satu tempat investasi bitcoin terpercaya serta investasi aset kripto lainnya di Indonesia karena sudah terdaftar di BAPPEBTI. Nikmati kemudahan dan keamanan investasi kripto melalui Pintu sekarang juga!

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.