Pintu Blog
/
Berita
/
Wow, Steve Aoki hingga Kings of Leon Jual NFT Senilai Jutaan Dolar

Wow, Steve Aoki hingga Kings of Leon Jual NFT Senilai Jutaan Dolar

August 26, 2021
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Gambar Wow, Steve Aoki hingga Kings of Leon Jual NFT Senilai Jutaan Dolar
Reading Time: 2 minutes

Istilah NFT art dan NFT crypto mulai banyak terdengar di kalangan seniman. Namun bukan hanya itu saja, tren NFT pun sudah mulai masuk ke dunia musik. Mulai dari Steve Aoki hingga Kings of Leons, musisi-musisi ternama dunia berhasil menjual NFT senilai jutaan dolar atau setara dengan belasan miliar rupiah. Mengapa NFT sangat diminati bukan hanya oleh investor crypto namun juga seniman di seluruh dunia? Simak selengkapnya di artikel ini!

Baca juga: Apa itu NFT?

Musisi Mulai Ikut Terjun di Dunia NFT

nft music crypto
(cnbc.com)

Dilansir dari Rolling Store, Kings of Leon sendiri menjadi band pertama yang merilis keseluruhan album mereka sebagai non-fungible token (NFT) dan berhasil meraup lebih dari US$ 2 juta dari hasil penjualannya.

Bukan hanya Kings, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan Avatar 2D dan 3D pun menggaet Shawn Mendes sebagai partner untuk menjual sejumlah aksesoris Avatar dalam bentuk NFT. Koleksi NFT Mendes tersebut ditawarkan dalam 7 jenis berbeda dan 6 di antaranya terjual dalam hitungan menit.

Pada awal Maret lalu, Steve Aoki, DJ dan produser terkenal di Amerika juga merilis koleksi seni terbatas dalam bentuk NFT melalui Nifty Gateway, di mana Aoki berhasil mendapatkan lebih dari US$ 4,2 juta dari penjualan NFT tersebut.

Bukan hanya bintang ternama, musisi-musisi indie pun berhasil memperoleh keuntungan yang tidak main-main dari proyek NFT. Sebut saja musisi Young and Sick yang berhasil menjual NFT senilai US$865.000. Ketika itu, jumlah pengikut Instagram mereka hanya berada di kisaran 27.000an.

NFT Mengubah Dunia Musik

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar musisi, terutama musisi indie dengan jumlah pendengar yang terbatas kerap kali memperoleh penghasilan yang terbatas dari karya-karyanya, terutama dengan adanya COVID-19 yang menyebabkan beberapa pertunjukan live terpaksa dibatalkan.

Salah satu platform streaming musik ternama pun dikabarkan membayar sekitar US$0,003 hingga US$0,005 per tiap pemutaran lagu. Untuk bisa memperoleh $3.000 hingga $5.000, musisi harus mengumpulkan setidaknya 1 juta stream dari lagu-lagu mereka yang telah terdaftar dalam platform tersebut. Jumlah ini tentunya tergolong sangat besar bagi musisi indie.

Dengan melihat kondisi tersebut, NFT tentunya menjadi kesempatan yang menarik bagi artis dan musisi di seluruh dunia.

Steve Aoki Sedang Garap NFT TV Show

steve aoki di dunia nft crypto

Tidak berhenti berinovasi, Steve Aoki pun dikabarkan sedang menggarap TV Show berjudul “Dominion X”. Proyek ini pun berhasil menjual 500 NFT dalam kurun waktu 30 detik saja. Hal ini membuat Aoki dan tim yakin bahwa mereka bisa mengamankan pendanaan untuk perilisan episode pilot.

Selain itu, NFT “Dominion X” juga dirancang sedemikian rupa untuk memberikan 10% pemotongan untuk tiap penjualan NFT tersebut di pasar sekunder, yang tentunya akan memberikan pendapatan tambahan yang cukup besar bagi Aoki dan timnya.

Tentunya masih banyak potensi yang bisa digali dari proyek NFT art dan NFT crypto yang diharapkan akan menjadi gebrakan positif bagi dunia hiburan.

Referensi:

Danny Nelson, Steve Aoki Has Secured Funding to Pilot His NFT TV Show. Diakses tanggal: 25-08-21.

Jay Kila, NFTs are a Game Changer for Independent Artists and Musicians. Diakses tanggal: 25-08-21.

Samantha Hissong, Music NFTs Have Gone Mainstream. Diakses tanggal: 25-08-21.

Author
Cornelia Lyman
Topics
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.